Anda baru dipromosikan menjadi seorang manajer? Selamat! Ini artinya Anda dianggap punya kompetensi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Artinya juga, Anda dianggap siap untuk mengemban tanggung jawab yang lebih berat.

Dengan menjadi manajer, maka Anda akan memiliki anak buah. Anda akan memimpin sebuah tim kerja. Jadi, dengan menjadi manajer bisa dibilang bahwa Anda juga menjadi seorang pemimpin.

Apakah manajer sama dengan pemimpin?

perbedaan manajer dengan leader perusahaan

Ada perbedaan dan persamaannya. Menurut Warren G. Bennis dalam bukunya, On Becoming a Leader, seorang pemimpin tidak harus orang yang menduduki jabatan tertentu. Pemimpin adalah orang yang mampu menunjukkan sebuah visi kepada orang lain, menyampaikan visi tersebut, dan menggerakkan orang lain untuk terlibat mewujudkannya.

Sedangkan manajer adalah orang yang bertanggung jawab agar sebuah visi dapat berjalan efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya yang ada. Di sini terlihat bahwa seorang manajer memiliki konteks sebuah jabatan. Dengan jabatan itu, seorang manajer punya wewenang untuk mengendalikan atau mengelola sekelompok orang.

Jika manajer itu dapat melakukan tugasnya dengan baik dan dia juga mampu untuk mengayomi orang-orang yang ada di dalam timnya, maka barulah dia bisa disebut pemimpin. Tapi, kalau dia hanya mampu memerintah tanpa memedulikan apa yang dirasakan oleh anak buahnya, maka manajer itu tidak bisa disebut sebagai pemimpin.

Lebih Baik Menjadi Pemimpin atau Manajer?

Harus kedua-duanya. Dengan menjadi manajer, berarti karier Anda meningkat dan kompetensi Anda diakui oleh perusahaan. Sementara itu, sebagai manajer Anda juga sebaiknya mampu untuk memotivasi seluruh anggota tim agar mau mencapai semua target kerja dengan perasaan bahagia.

Menjadi manajer yang juga mampu menjadi seorang pemimpin berarti Anda adalah manajer yang tidak hanya bisa memerintah atau menyuruh anak buah untuk bekerja. Tapi, Anda juga mengayomi dan sepenanggungan dengan semua anak buah Anda.

Beberapa Hal yang Harus Dikuasai Oleh Seorang Manajer

kemampuan yang wajib dimiliki manajer baru

Agar bisa menjadi seorang manajer sekaligus seorang pemimpin, maka ada beberapa skill atau keterampilan yang harus Anda kuasai. Keterampilan-keterampilan tersebut penting untuk dikuasai karena sekarang Anda sudah memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Tanggung jawab Anda bukan hanya kepada diri sendiri dan atasan. Tapi Anda juga bertanggung jawab terhadap anak buah.

Sekarang, tuntutan Anda bukan hanya menunjukkan kinerja yang baik sebagai seorang individu. Tapi Anda juga harus bisa menggerakkan anak buah untuk melakukan hal yang sama. Anda harus bisa menggerakkan diri sendiri dan anggota tim untuk mencapai target yang menjadi tujuan perusahaan.

Artinya, Anda harus bisa mengelola diri sendiri dan orang-orang yang ada di dalam tim kerja Anda, termasuk fasilitas yang dipercayakan kepada tim Anda itu.

Ada empat hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang manajer. Tidak peduli apakah dia harus memimpin tim dengan anggota yang banyak atau sedikit, keempat hal ini harus dikuasai agar kinerja tim efektif dan efisien. Selain itu, juga agar seluruh aggota tim termotivasi untuk melakukan yang terbaik bagi tim, tanpa merasa terpaksa.

Keempat hal itu adalah:

1. Kemampuan untuk berkomunikasi

2. Kemampuan untuk memotivasi

3. Kemampuan untuk mendelegasikan tugas

4. Kemampuan untuk membangun anggota tim agar terus maju

 

Essential Skills for New Manager

download ebook gratis essential skills for new manager

Bisa dibilang, keempat kemampuan itu adalah kemampuan dasar yang sangat penting dan harus Anda kuasai sebagai seorang manajer.

Kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan karena hanya dengan berkomunikasi, Anda bisa melakukan ketiga hal lainnya dengan baik. Anda akan mampu memotivasi, mendelegasikan tugas dengan baik, dan membangun anggota tim dengan baik, jika Anda mampu menjalin komunikasi dengan semua anak buah Anda.

Kemampuan memotivasi penting karena motivasi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan agar seseorang mau bekerja dengan baik. Dengan motivasi yang baik, maka Anda tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan, masalah, atau tekanan.

Sedangkan kemampuan untuk mendelegasikan dengan tepat tentu sangat perlu bagi seorang manajer. Sebagai manajer, Anda kini sudah mempunyai anak buah. Anak-anak buah Anda pasti punya kemampuan yang berbeda-beda. Masing-masing kemampuan itu akan saling melengkapi dan bisa digunakan untuk mencapai tujuan tim.

Manajer yang baik akan dapat melakukan delegasi yang tepat, siapa yang harus mengerjakan apa. Dia juga bisa memperhitungkan dan memahami konsekuensi yang akan terjadi jika pekerjaan tersebut gagal.

Sementara itu, kemampuan membangun anggota tim tentu sangat diperlukan, karena Anda juga punya tanggung jawab untuk melahirkan manajer atau pemimpin baru.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika Anda merasa bahwa Anda belum menguasai keempat keterampilan tersebut?

Yang pertama harus Anda lakukan adalah membaca e-book terbaru Presenta Edu. E-book itu berjudul Essential Skills for New Manager, yang sudah di-launcing pada 3 April 2018 lalu. Dalam buku ini dipaparkan mengenai bagaimana Anda bisa menguasai keempat keterampilan tersebut, agar bisa menjadi seorang manajer yang andal.

Dengan bahasa yang ringkas dan lugas, e-book ini tidak akan membutuhkan waktu lama untuk membacanya.

E-book ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis ketika menjadi seorang manajer di sebuah perusahaan terkemuka. Mempelajari sesuatu yang paling mudah adalah belajar langsung dari orang yang pernah mengalaminya. Jadi, Anda bisa mempelajari apa yang pernah dialami oleh penulis, serta langsung mengaplikasikannya di tempat kerja.

E-book ini juga bisa diperoleh secara gratis. Anda tinggal mengunduhnya di situs Presenta Edu.

Yang pasti, e-book ini akan membantu Anda untuk mempelajari hal-hal penting yang harus dikuasai oleh seorang manajer. Untuk Anda yang saat ini belum menjadi manajer, e-book ini bisa menjadi sarana untuk mempersiapkan diri jika kelak Anda dipromosikan menjadi manajer.

Download Buku "Essential Skills for New Manager"

Buku yang akan membantu Anda menguasai keterampilan penting
dalam mengelola tim buat seorang manajer. GRATIS!



  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •