Apa yang Anda pikirkan ketika sedang menonton video presentasi para tokoh dunia, seperti Barrack Obama, Steve Jobs (almarhum), atau Oprah Winfrey? Apakah Anda membayangkan bisa menjadi seperti mereka? Mereka adalah orang-orang dengan kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum yang andal. Mereka bisa tampil di hadapan umum dengan sangat rileks, penuh percaya diri, dan sangat meyakinkan ketika membawakan materi.

Coba bayangkan jika Anda mampu berbicara di depan umum seperti mereka. Lalu Anda diminta oleh bos untuk menyampaikan presentasi di depan klien. Presentasi Anda berjalan dengan baik dan klien memuji penampilan Anda. Tentu Anda akan mendapatkan penghargaan dari perusahaan.

Sayangnya, kebanyakan orang masih tidak bisa tampil percaya diri dan meyakinkan seperti itu. Saat diminta untuk menyampaikan public speaking, yang ada malah nervous, gelisah, atau malah minder.

Masalah Seputar Public Speaking

cara mengatasi masalah public speaking

Masalah yang selalu muncul ketika seseorang diminta untuk melakukan public speaking adalah berhubungan dengan rasa percaya diri, seperti:

  • gelisah dan bingung
  • takut tiba-tiba nanti blank dan kelihatan bodoh di hadapan para audiens
  • audiens tidak memperhatikan apa yang disampaikan
  • audiens tidak mengerti apa yang disampaikan

Karena merasakan seperti itu, makanya tidak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk menolak kesempatan berbicara di depan umum.

Padahal, public speaking sangat memiliki manfaat. Ketika Anda merasa tidak percaya ketika harus berbicara di depan umum, kemampuan public speaking ternyata justru dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Selain itu, kemampuan public speaking juga dapat meningkatkan kualitas diri Anda. Bayangkan, ketika Anda berhasil menyampaikan presentasi di hadapan klien penting, yang membuat mereka akhirnya sepakat untuk bekerja sama dengan kantor Anda. Hal itu tentu akan meningkatkan nilai Anda di mata perusahaan.

Itu artinya, kemampuan public speaking dapat membantu meningkatkan karier Anda.

Tingatkan Kemampuan Dengan Training Public Speaking

cara agar berhasil ketika public speaking

Memang, tidak semua orang dianugerahi bakat untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi, khususnya untuk berbicara di depan umum. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena semua itu bisa dipelajari.

Agar Anda bisa tampil meyakinkan ketika harus melakukan public speaking, Anda bisa mengikuti pelatihan atau training public speaking. Dengan mengikuti pelatihan ini, maka Anda dapat berbicara di depan umum dengan baik. Anda dapat mengomunikasikan pesan, sehingga meyakinkan para audiens.

Tapi, sebelum memutuskan untuk mengikuti training public speaking yang diadakan oleh sebuah provider training, Anda harus benar-benar mempelajari, public speaking seperti apa yang akan diajarkan kepada Anda.

Hal ini karena ada dua jenis public speaking. Yang pertama adalah public speaking yang bersifat entertainment. Contohnya seperti menjadi MC (Master of Ceremony), menjadi presenter berita di TV, atau menjadi penyiar radio.

Sedangkan yang kedua ada public speaking yang memang berhubungan dengan dunia kerja. Kegunaan public speaking ini antara lain adalah untuk menyampaikan presentasi, yang memberikan informasi atau meyakinkan orang lain.

Contoh public speaking yang sesuai dengan konteks dunia kerja ini adalah:

  • Menyampaikan laporan atau progress report kepada atasan dan rekan kerja
  • Melakukan sosialisasi program kerja atau peraturan baru kepada seluruh karyawan
  • Meyakinkan atasan atau rekan kerja mengenai ide atau gagasan yang Anda miliki
  • Memberikan presentasi company profile atau product knowledge kepada para calon klien
  • Meyakinkan atau mempersuasi calon klien untuk menggunakan produk atau jasa yang dimiliki

Jadi, Anda harus memilih jenis pelatihan atau training public speaking yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda salah memilih, maka hal itu tentu akan sangat merugikan. Uang Anda terbuang untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan.

Training Public Speaking di Jakarta

training public speaking terbaik di jakarta

Di Jakarta, ada beberapa provider yang mengadakan pelatihan atau training public speaking, baik public speaking untuk entertainment maupun untuk dunia kerja.

Jika Anda membutuhkan pelatihan public speaking untuk dunia kerja, Anda bisa memilih training public speaking yang diadakan oleh Presenta Edu, yaitu training Public Speaking in the Workplace.

Dengan mengikuti training public speaking yang diadakan oleh Presenta Edu, maka Anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Selain mendapatkan materi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan public speaking, training juga dilakukan dengan menyenangkan. Jadi, Anda tidak akan merasa bosan mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan atau training public speaking ini diadakan secara praktis, sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Materi pelatihan juga aplikatif, sehingga dapat segera Anda praktekkan dalam kehidupan kerja Anda di kantor, setelah Anda selesai mengikuti pelatihan.

Pelatihan Public Speaking in the Workplace dari Presenta Edu ini adalah training selama dua hari penuh. Dalam pelatihan ini akan dibahas semua tips, trik, dan teknik untuk berbicara di depan umum, yang sesuai dengan konteks dunia kerja.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai training Public Speaking in the Workplace ini, Anda bisa menghubungi nomor 021-2963 6731.

  •  
    5
    Shares
  • 5
  •  
  •  
  •