Era industri 4.0 membawa banyak perubahan, termasuk dalam manajemen supply chain. Perubahan yang dibawa, pada pinsipnya, adalah peningkatan efisiensi yang setinggi-tingginya dalam setiap tahapan rantai nilai proses industri. Di sinilah letak pentingnya mengikuti pelatihan supply chain management agar perusahaan-perusahaan Indonesia mampu bersaing dalam gelombang industri baru ini.

Supply chain adalah sebuah jaringan pasok yang meliputi pemasokan bahan, pabrikan, perakitan, penyaluran, hingga fasilitas logistik. Pada setiap mata rantai inilah efisiensi itu dilakukan. Sayangnya, masih banyak praktisi manajemen, maupun SDM di sektor logistik di Indonesia yang belum memiliki kompetensi mumpuni untuk menjawab tantangan global ini.

Tujuan pelatihan supply chain management di era revolusi industri keempat lebih menekankan pada kemampuan para pemimpin dan manajer, juga SDM di bidang logistik untuk mengolah dan menganalisa big data. Data menjadi penting karena efisiensi mesin dan manusia terhubung dengan Internet of Things (IoT). Segala sesuatunya diotomatisasi dengan data dan internet.

Baiklah, sekarang kita tahu pelatihan supply chain management itu penting. Namun, apa saja sebetulnya manfaat nyata yang bisa diperoleh pemimpin dan manajer perusahaan dengan menguasai manajemen supply chain ini, khususnya di era revolusi 4.0?

Pelatihan supply chain management yang baik akan membantu Anda menyusun sistem yang lebih efisien lagi. Perusahaan juga akan lebih kompetitif dan risiko pun dapat tereduksi. Dengan memahami manajemen supply chain, Anda sebagai pemimpin atau manajer perusahaan akan terbantu untuk melakukan:

1. Efisiensi

efisiensi di revolusi industri 4.0_art

Sebagai pemimpin atau manajer, Anda akan lebih mampu memprediksi permintaan dan juga mengambil keputusan tepat dan lebih cepat dengan big data yang terstruktur dengan baik, serta teranalisa. Semuanya terintegrasi dan terkoneksi dengan internet. Di sinilah efisiensi itu terjadi.

2. Pengurangan biaya

Salah satu manfaat utama manajemen supply chain adalah kemampuannya mengurangi biaya, yakni lewat peningkatan inventaris, adaptasi dengan kebutuhan klien/pelanggan yang terus berubah, serta pemantapan hubungan dengan distributor dan vendor.

3. Kolaborasi

kolaborasi di era revolusi industri 4.0_art

Lewat manajemen supply chain, koordinasi dengan semua entitas bisnis dalam jaringan perusahaan akan semakin kuat. Ujung-ujungnya adalah kepuasan klien/pelanggan yang menikmati produk akhir perusahaan Anda. Kolaborasi memungkinkan komunikasi yang lebih terbuka, sehingga Anda bisa mendapatkan perkiraan, pelaporan, quotation, dan sebagainya lebih cepat, bahkan real-time.

4. Peningkatan hasil akhir

Ketika kolaborasi terjadi dan berjalan baik, seluruh proses produksi dan distribusi dapat dibuat lebih ramping. Otomatis output perusahaan pun akan meningkat secara keseluruhan. Perusahaan akan menikmati keuntungan lebih besar dan tetap unggul dalam persaingan.

5. Klien/pelanggan mendapatkan produk tepat waktu

ciri era revolusi industri 4.0_art

Oleh karena semua orang dalam supply chain tahu apa yang harus dilakukan dan kapan harus dilakukan, didukung pula oleh data dan internet, hambatan pada jalur produksi bisa tereduksi. Demikian pula pada penyaluran dan pengiriman produk ke klien/pelanggan.

6. Respons terhadap konflik

Sesempurna apapun sebuah sistem, pasti ada masalah yang dapat muncul. Misalnya, pemasok utama keluar dari bisnis atau jaringan Anda. Namun dengan manajemen supply chain yang baik, hal-hal seperti ini dapat diperkirakan lebih awal dan membantu Anda mencari solusinya dengan lebih cepat.

Efisiensi harga dan biaya memang menjadi faktor penggerak industri 4.0. Banyak produk dibuat dengan mendasarkan pada value added dan supply chain-nya. Manajemen supply chain sudah pasti akan menghasilkan produktivitas yang lebih besar bagi perusahaan.

Akan semakin baik, jika para pemimpin dan manajer perusahaan mendapat sertifikasi supply chain. Sertifikasi supply chain Indonesia merujuk pada Undang-Undang Logistik dan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional. Mereka yang mendapat sertifikasi dianggap telah memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam manajemen supply chain.

Jadi, bantu perusahaan atau organisasi merampingkan proses dan terus bertumbuh dalam era industri dengan mengikuti pelatihan supply chain.

Jadwal pelatihan supply chain management 2019 dan program sertifikasi supply chain management 2019 dapat Anda cek melalui tautan berikut ini. Ada baiknya Anda juga mengikuti forum supply chain Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru tentang manajemen supply chain, maupun info pelatihan dan program sertifikasi. (*)

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG