Materi leadership memegang peranan penting dalam sebuah pelatihan kepemimpinan. Materi leadership adalah sekumpulan materi yang dipelajari agar seseorang mampu menguasai seni memotivasi orang lain atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu demi mencapai tujuan bersama. Untuk itu, materi leadership haruslah dirancang sebaik mungkin agar dapat memenuhi kebutuhan penerimanya.

Ketika seorang karyawan atau anggota organisasi diproyeksikan untuk menjadi pemimpin atau leader, entah itu sebagai manajer, supervisor, atau lainnya, saat itulah dia membutuhkan pelatihan yang memberikan materi leadership atau materi kepemimpinan dalam organisasi. Sekarang ini, banyak sekali referensi, baik yang berbentuk digital, maupun nondigital, yang mengupas seputar materi leadership. Namun, manakah yang sebaiknya dipilih sebagai rujukan untuk merancang materi leadership dalam pelatihan di perusahaan atau organisasi Anda?

Satu hal yang mesti diingat sebelum merancang materi leadership adalah hal ini bukanlah sekadar menyediakan konten. Sebagus apapun materi yang Anda siapkan, Anda perlu memastikan cara materi ini disampaikan. Anda juga harus dapat meyakinkan penerimanya, bahwa materi leadership ini bisa diterapkan di tempat yang dibutuhkan di tempat kerja.

Nah, bagaimana kiat memilih materi leadership yang baik? Kita simak, ya.

1. Pilihlah materi leadership yang relevan.

teknik membuat materi leadership yang baik dan benar_art

Maksudnya, saat ini banyak sekali pelatihan kepemimpinan dengan materi bagaimana mengikuti pemimpin. Contoh materi leadership yang diberikan melulu berupa pengalaman para pemimpin perusahaan atau organisasi hebat yang menerapkan gaya kepemimpinan mereka sendiri. Memang, para pemimpin sukses ini berhasil membawa perubahan dramatis dalam perusahaan mereka, namun bisa jadi hal ini malah tidak membantu para calon pemimpin karena tidak sesuai dengan kenyataan atau kondisi saat ini. Anda bisa mencari contoh dari pemimpin-pemimpin muda yang ada di sekitar Anda atau kira-kira dikenal oleh penerima materi leadership ini.

2. Masukkan skenario atau cerita dalam materi leadership Anda.

Skenario atau cerita ini harus dapat menggambarkan macam-macam tantangan yang dihadapi para pemimpin di tempat kerja. Ini berkaitan dengan poin pertama, yakni membuatnya menjadi relevan. Penggunaan narasi yang mencerminkan situasi kehidupan nyata akan menekankan praktik di atas teori kepemimpinan.

3. Buat materi leadership yang mudah diakses.

cara membuat materi leadrship digital_art

Sudah sangat sering kita mendengar, bahkan mengalaminya sendiri, peserta pelatihan jarang sekali membuka materi yang pernah dipelajari. Padahal, kita sama sekali tidak bisa mengandalkan ingatan, maupun pengalaman kita mengikuti pelatihan sekali waktu. Harus sering melakukan penyegaran. Nah, agar konten digital sangat membantu untuk menghindarkan hal ini. Buatlah materi leadership secara digital, dibagi dalam modul-modul kecil dan ringan, sehingga dapat diakses dengan mudah, kapan saja dan di mana saja. Dengan begitu, para manajer, supervisor, atau leader lainnya ini dapat menggunakan materi leadership itu kembali setiap saat dia membutuhkannya.

4. Buatlah materi leadership yang mendorong kolaborasi dan berbagi.

Banyak pengetahuan atau pengalaman kepemimpinan yang bisa didapat justru dari kolega atau teman sejawat. Dalam materi leadership Anda, misalnya, masukkan pertanyaan-pertanyaan yang bisa ditanggapi secara instan kepada para calon leader ini. Dari tanggapannya, arahkan peserta pelatihan atau penerima materi lainnya untuk dapat mengambil pelajaran dan pengalaman dari situ.

5. Tips terakhir ini sering terlewatkan dalam desain dan menyampaikan materi: evaluasi.

tips membuat materi leadership yang baik dan benar_art

Untuk itu, buatlah materi leadership yang memungkinkan seseorang mengevaluasi pemahamannya dari materi itu sendiri, maupun pengalamannya mengaplikasikan materi leadership yang dia terima di tempat kerja. Dengan begitu, penerima materi leadership akan terus aktif dan belajar dari kesalahan atau kekurangannya.

Salah satu sumber yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk merancang materi leadership adalah e-book berjudul “Essential Skills for New Manager”. E-book ini akan menginformasikan kepada Anda materi leadership apa saja yang perlu dikuasai untuk mengelola tim bagi seorang manajer.

“Essential Skills for New Manager” diterbitkan oleh Presenta dan merangkum berbagai materi leadership langsung dari ahlinya. Sang penyusun, Muhammad Noer, adalah mantan manajer di perusahaan-perusahaan terkemuka yang kini memimpin perusahaannya sendiri. Anda dapat mengunduh e-book tersebut secara gratis melalui tautan berikut.

Materi leadership adalah bekal yang Anda butuhkan dan kunci menjadi pemimpin yang efektif. Pastikan untuk selalu memperbarui keterampilan leadership Anda untuk karir yang meroket. (*)

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG