(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Menciptakan SDM Andal Lewat Pelatihan Public Speaking Online

Kecakapan berbicara di depan umum atau public speaking menjadi skill yang semakin dicari perusahaan atau organisasi. Kecakapan seperti ini sangat dibutuhkan dalam menyampaikan materi, menyajikan presentasi, memoderasi diskusi, maupun memimpin pertemuan. 

Saat ini pun semakin banyak tempat yang menawarkan pelatihan public speaking secara online.

Pelatihan public speaking mengajarkan kemampuan berbicara di depan banyak orang agar pesan yang disampaikan dapat dipahami dan dipercaya oleh sebanyak mungkin audiens.

Oleh karena itu, sebagai penyampai pesan, seorang public speaker harus mampu menyampaikan informasinya secara terstruktur dan mudah dimengerti. 

Banyaknya pelatihan public speaking online, maupun tatap muka, menunjukkan, bahwa skill public speaking bukan melulu soal bakat, melainkan sesuatu yang bisa diasah dan dilatih. 

Banyak public speaker andal yang berangkat dari nol alias tak punya bakat sama sekali berbicara di depan publik, namun latihan membuatnya mampu menguasai skill ini.

Pelatihan public speaking online adalah salah satu yang bisa kita pilih untuk mengasah dan melatih kemampuan berbicara di depan orang banyak. 

Kita tidak perlu jauh-jauh mendatangi tempat pelatihan, cukup berada di hadapan layar laptop atau gawai kita kita masing-masing.

 

Jadi lebih profesional dengan pelatihan public speaking online

Untuk bicara di depan audiens, dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Seseorang juga harus menguasai materi yang disampaikan, sekaligus berkomunikasi dengan baik dengan audiensnya.

Itu sebabnya orang-orang yang cakap dalam public speaking terlihat lebih profesional dibandingkan mereka yang kurang cakap, meskipun memiliki tingkat pendidikan atau level pekerjaan yang sama.

Hal ini pulalah yang membuat seseorang yang mahir public speaking tampak menonjol, sehingga kesempatan yang dia miliki untuk meraih hati klien atau mendapatkan promosi dari perusahaan lebih besar karena terlihat kompeten.

Perusahaan-perusahaan raksasa seperti Microsoft dan LinkedIn pernah melakukan survei terhadap pimpinan-pimpinan perusahaan dan organisasi tentang skill apa yang mereka cari dari calon-calon pengganti mereka. 

Jawaban rata-rata mereka adalah kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan baik.

Sangat menguntungkan, bukan, punya keahlian berbicara di hadapan publik?

Nah, bagaimana kalau Anda bukan termasuk di antara mereka yang memiliki skill ini, namun tidak ingin kehilangan kesempatan untuk juga dipromosikan atau memenangkan hati klien? Ikuti saja pelatihan public speaking online

 

Untuk Apa Mengikuti Pelatihan Public Speaking Secara Online?

Pelatihan public speaking online memberikan beberapa manfaat, selain kepiawaian bicara. Manfaat itu antara lain:

  1. Melatih meningkatkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri adalah salah satu hal mendasar dalam penguasaan skill public speaking

Bagaimana Anda bisa meyakinkan audiens dengan informasi yang Anda sampaikan, jika Anda sendiri tidak tampak percaya diri? 

Pelatihan public speaking online akan membantu Anda memiliki kepercayaan diri itu.

Itu sebabnya beberapa pelatihan public speaking online melatih kita untuk dapat mengenali diri sendiri dulu. 

Dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan sendiri, kemudian belajar menerima keduanya, kita akan lebih nyaman dengan keberadaan diri kita sendiri. 

Hal itu juga akan tampak dalam pembawaan kita nantinya. 

  1. Menumbuhkan rasa kepemimpinan

Mengapa penting untuk memiliki leadership dalam public speaking

Seorang public speaker harus dapat mengontrol dirinya saat membawakan materi atau menyampaikan informasi. 

Dengan kemampuan ini, dia juga dapat memimpin audiensnya untuk memfokuskan perhatian terhadap materi yang dia bawakan.

  1. Melatih memiliki cara berpikir yang terstruktur

Kadang sebuah gagasan atau opini terasa mantap di benak kita, namun ketika hendak disampaikan ke orang banyak, sulit. 

Pelatihan public speaking online melatih kita untuk menyampaikan itu dengan melatih berpikir secara terstruktur.

Dengan pola pikir yang terstruktur, kita akan lebih rapi dan tertib dalam menyampaikan gagasan atau pendapat, mana bagian yang harus lebih dahulu disampaikan, mana bagian yang bisa memperkuat gagasan atau pendapat, dan seterusnya.

  1. Melatih berpikir kritis

Setelah memiliki cara berpikir yang lebih rapi dan terstruktur, kita juga ditantang untuk mampu memilih kata atau kalimat ketika menyampaikan materi atau informasi. 

Buat sebagian orang, hal ini bukanlah hal yang mudah, meskipun sudah sering mendengarkan banyak presentasi ataupun membaca buku.

Berbicara di depan banyak orang dalam suasana formal tidak sama dengan ketika kita berbicara di antara teman-teman dalam situasi informal. 

Dalam public speaking, memilih kata atau kalimat yang tepat bukanlah persoalan sederhana dan hal ini akan membuat otak kita bekerja lebih aktif.

Mengikuti pelatihan public speaking online yang mendorong Anda untuk terus-menerus mencari kata atau kalimat yang tepat seperti ini, lama-lama akan merangsang otak Anda untuk lebih kritis. 

 

Pentingnya rekam jejak trainer pelatihan public speaking online

Ketika mencari trainer pelatihan public speaking online, apa yang sebaiknya Anda perhatikan?

Yang pertama, tentu saja pengalaman. Ketika membaca CV trainer pelatihan public speaking online, perhatikan berapa banyak pelatihan public speaking online yang sudah dia tangani, siapa saja klien-kliennya, apakah di antara klien itu ada yang Anda kenal, bekerja di bidang yang sama dengan Anda, lalu bagaimana testimoni klien-klien itu tentang si pelatih.

Lalu, tengoklah pengalaman kerjanya. Pengalaman ini berbeda dengan pengalaman di atas. Maksud pengalaman di sini adalah apakah trainer pelatihan public speaking online yang sedang Anda pertimbangkan ini memiliki pengalaman di luar public speaking

Mengapa ini penting? Trainer pelatihan public speaking online yang punya pengalaman kerja di luar public speaking akan memberikan tambahan warna tersendiri pada pelatihan yang dia berikan. 

Dia juga akan memberikan perspektif beragam. Anda beruntung, jika kebetulan menemukan trainer yang pernah bekerja di bidang yang sama dengan Anda. 

Dengan memilih trainer pelatihan public speaking online yang juga berpengalaman di bidang yang Anda geluti, dia akan memiliki wawasan yang lebih pas tentang skill public speaking yang Anda butuhkan dalam bidang pekerjaan Anda. 

Kemudian, bertanyalah kepada calon trainer pelatihan public speaking online yang hendak Anda gunakan jasanya. 

Tanya sampai Anda benar-benar mengerti bagaimana sifat bisnis mereka, berapa banyak yang akan mengikuti pelatihan public speaking online mereka, dari perusahaan atau organisasi mana saja pesertanya, dan sebagainya. 

Mintalah trainer untuk memberikan proposal pengajuan pelatihan public speaking online-nya kepada Anda.

Intinya, Anda harus benar-benar memahami apa yang trainer Anda tawarkan dalam pelatihannya dan sejauh apa manfaat yang bisa Anda peroleh dari pelatihan itu.

 

Yuk, Cari Vendor Pelatihan Public Speaking Online yang Pas!

Ketika hendak memutuskan mengambil pelatihan public speaking online, hal lain yang juga menjadi pertimbangan banyak orang adalah soal tarif. 

Anda mungkin akan bertanya, apakah tidak membuang-buang anggaran perusahaan atau organisasi ketika mengirimkan beberapa staf perusahaan atau organisasi saya ke pelatihan public speaking online?

Apakah sebaiknya memilih pelatihan public speaking online yang gratis saja di internet? Atau cukup daftarkan saja staf perusahaan/organisasi untuk mengikuti webinar pelatihan public speaking online yang biayanya lebih murah daripada pelatihan penuh?

Ketika Anda sebagai pimpinan perusahaan atau organisasi mengirimkan sejumlah staf Anda ke pelatihan public speaking online yang bagus dan hanya satu atau dua orang saja di antara mereka yang kemudian sanggup menyajikan presentasi dengan keren, efektif, dan sukses menggaet klien, anggaran yang Anda keluarkan sudah kembali sekian kali lipat. 

Tidak hanya keuntungan finansial yang bisa perusahaan atau organisasi Anda raih dari SDM-SDM yang cakap public speaking, melainkan juga citra publik yang baik. SDM-SDM Anda juga berpeluang lebih besar untuk mengembangkan karir.

Jadi tidak ada yang namanya bakar duit untuk sesuatu yang bisa memberikan manfaat secara berkelanjutan. Namun pastikan pelatihan public speaking online yang Anda pilih memiliki kualitas dan rekam jejak sangat baik. (*)



Submit a Comment

Your email address will not be published.