Kualitas Ini Wajib Dimiliki Supervisor Andal

Kualitas Ini Wajib Dimiliki Supervisor Andal 2

Pada saat Anda sedang melamar pekerjaan sebagai supervisor, atau Anda sedang ditawari untuk naik jabatan sebagai supervisor di tempat kerja Anda sekarang, Anda perlu memahami peran seorang supervisor dengan jelas. Supervisor bukan hanya seseorang yang melakukan tugas supervisi atau pengawasan, tetapi dia juga adalah edukator, guru, mentor, pengarah, serta memiliki banyak peran penting lainnya dalam mengelola tim dan memastikan kesuksesan departemen atau proyek yang ia pimpin. Artikel ini akan membahas tentang kualitas-kualitas yang wajib dimiliki seorang supervisor andal dan bagaimana Anda bisa menjadi supervisor yang diandalkan oleh perusahaan dan tim kerja Anda.

Supervisor: Tanggung Jawab dan Peran

Seorang supervisor, singkatnya, adalah seseorang yang menjaga orang lain, kegiatan, pekerjaan, program, atau departemen. Tanggung jawabnya meliputi pengawasan langsung terhadap bawahan yang mereka supervisi, aktivitas, pekerjaan, program, atau departemen. Meskipun tanggung jawab seorang supervisor mirip dengan tanggung jawab seorang manajer, dalam banyak kasus, seorang supervisor juga merupakan seorang manajer. Posisi seorang supervisor dapat memiliki banyak nama atau sebutan di berbagai perusahaan, seperti bos, pengawas, mandor, fasilitator, koordinator area, dan sebagainya.

Peran Utama Seorang Supervisor

Ada lima peran utama seorang supervisor:

  1. Guru dan Pengarah: Seorang supervisor tidak hanya melakukan tugas supervisi atau pengawasan, tetapi juga bertindak sebagai edukator, guru, atau pengajar. Dia harus mampu mendidik orang-orang di sekitar mereka, memastikan semua memiliki pemahaman yang sama tentang pekerjaan atau proyek yang akan diselesaikan, serta memastikan semua berada pada halaman yang sama.
  2. Sponsor: Supervisorlah yang menempatkan nama bawahan untuk mendapatkan promosi, atau mendorong mereka memimpin dalam proyek besar, merekomendasikan untuk mendapatkan kenaikan gaji, atau mendapatkan peluang.
  3. Pelatih dan Mentor: Supervisor harus dapat memberikan dukungan dan rekomendasi terhadap karyawan-karyawannya yang berhak mendapatkan dukungan atau rekomendasi itu.
  4. Konselor dan Penasihat: Supervisor membantu karyawan tumbuh sebagai profesional dengan memberikan nasihat, bimbingan, dan arahan yang tepat.
  5. Pengarah: Supervisor memastikan arah dan tujuan kegiatan, program, departemen, atau yang lainnya agar tidak melenceng dari jalur yang telah ditentukan.

Kualitas Seorang Supervisor Andal

Bagaimana kita bisa menilai apakah seseorang telah menjadi supervisor yang sukses, yang diandalkan oleh perusahaan dan tim kerjanya? Berikut adalah kualitas yang harus dimiliki seorang supervisor andal:

  • Memotivasi Bawahan: Sanggup menggelorakan semangat kerja timnya, menginspirasi mereka untuk bekerja, dan mengingatkan terus maksud dan tujuan sebuah proyek atau pekerjaan.
  • Memberikan Masukan atau Umpan Balik yang Konstruktif: Memberdayakan karyawan untuk berbuat lebih baik, bekerja lebih baik dengan memberikan masukan yang membangun.
  • Kemampuan Komunikasi yang Baik: Mampu menyampaikan maksudnya dengan jelas, membagikan gagasan-gagasannya, juga mengungkapkan visinya kepada tim. Kemampuan mendengarkan dengan baik juga sangat penting.
  • Mentor dan Pelatih yang Sadar dan Suportif: Memberikan dukungan dan rekomendasi terhadap karyawan-karyawannya yang memang berhak mendapatkan dukungan atau rekomendasi itu.
  • Keterampilan Problem-solving yang Kuat: Menjadi pemecah masalah yang dicari karyawan ketika mereka menghadapi kesulitan yang menghambat mereka dalam bekerja.
  • Jujur dan Berintegritas: Transparan, terbuka, menepati janji, tepat waktu, serta memiliki keberanian untuk berbicara ketika sudut pandangnya bertentangan dengan perspektif manajernya atau bawahannya.
  • Memiliki Empati: Menunjukkan empati di tempat kerja merupakan bagian penting dari kecerdasan emosional dan efektivitas kepemimpinan.
  • Dekat dengan Karyawan, Dapat Diandalkan, dan Selalu Punya Waktu untuk Karyawan: Memiliki kepercayaan dari bawahannya untuk memimpin mereka, memberikan mereka arahan, serta mampu menavigasi hal yang tidak diketahui dengan baik.
  • Menjadi Penentu Tujuan dan Visioner dengan Penilaian yang Baik: Memiliki pemahaman dan visi yang jelas dalam mengarahkan anak buahnya.

Mengembangkan Kualitas Seorang Supervisor Andal

Semua kualitas yang wajib dimiliki supervisor andal ini bukanlah sesuatu yang bisa tiba-tiba dimiliki. Memang ada sebagian orang yang memiliki bakat sebagai seorang pemimpin, namun untuk mencapai kualitas terbaik, bakat itu harus terus diasah dan dibenturkan dengan situasi nyata di tempat kerja. Presenta menyediakan training yang dapat membantu dan membentuk Anda menjadi supervisor andal. Training untuk supervisor di Presenta Edu dipandu oleh trainer dan praktisi-praktisi kepemimpinan dari perusahaan-perusahaan besar. Dari mereka, peserta akan belajar bagaimana menjadi supervisor andal, yang sanggup memimpin dan mengelola tim dengan efektif.

Apa saja keterampilan utama yang perlu dikuasai seorang manajer baru?

Dapatkan buku Essential Skills for New Manager - Seri 1 yang membahas bagaimana 4 skill utama dalam mengelola tim dengan baik.

131 halaman - PDF format - Gratis untuk Anda




Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top