Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Pelatihan PowerPoint – Menjadi seorang presenter yang baik tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang mumpuni. Seorang presenter yang memukau juga harus bisa membuat materi presentasi yang juga memukau.

Materi presentasi yang mudah untuk dibuat dan digunakan adalah dengan menggunakan PowerPoint (PPt). Oleh karena itu, untk bisa menjadi presenter yang baik, sebaiknya juga menguasai aplikasi program tersebut.

Jika merasa masih kurang mantap dengan kemampuan operasional PPt selama ini, ada baiknya untuk mengikuti pelatihan PowerPoint yang diadakan oleh beberapa lembaga pelatihan. Pilihlah lembaga pelatihan PowerPoint terbaik di Indonesia yang terdekat dari lokasi Anda.

Lembaga yang menjadi penyelenggara pelatihan PowerPoint terbaik di Indonesia biasanya pelatihan mengenai desain presentasi sesuai dengan kebutuhan. Ada yang mengajarkan mengenai merancang desain, mengedit data, membuat slide presentasi yang menarik, atau membuat animasi dan story board.

 

Pentingnya Mengikuti Pelatihan PowerPoint Terbaik di Indonesia

pelatihan powerpoint terbaik di indonesia_art

Belajar otodidak memang baik. Tapi, akan lebih baik jika kemampuan belajar otodidak itu juga dibantu oleh pelatihan formal. Dengan mengikuti pelatihan formal, maka Anda akan dibimbing oleh ahlinya, sehingga keahlian yang Anda miliki menjadi lengkap, tidak setengah-setengah.

Beberapa lembaga pelatihan memang mengklaim dirinya sebagai lembaga pelatihan, termasuk pelatihan PowerPoint, yang terbaik di Indonesia.

Lalu, bagaimana cara memilih lembaga pelatihan yang memang terbukti terbaik?

Memang tidak mudah. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat pelatihan yang terbaik. Cara termudah adalah dengan melakukang googling di internet. Lembaga pelatihan yang kredibel dan kompeten biasanya memiliki website yang jelas, serta dilengkapi dengan nama dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

Bukan hanya itu. Untuk memastikan bahwa lembaga tersebut adalah lembaga yang mengadakan pelatihan PowerPoint yang baik, Anda juga bisa melihat testimonial yang biasanya dicantumkan di website resmi mereka. Atau kadang-kadang, ada postingan di akun media sosial, seperti Facebook, yang bisa terlacak jika Anda melakukan googling mengenai suatu lembaga pelatihan. Dari testimonial tersebut, Anda bisa mengetahui apakah pelatihan yang diberikan benar-benar kompeten atau tidak.

Lembaga pelatihan yang baik akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menyesuaikan materi pelatihan dengan kebutuhan klien
  • Memiliki modul pelatihan yang mudah dimengerti
  • Memberikan informasi yang jelas dan detail mengenai pelatihan, termasuk para trainernya
  • Memiliki trainer yang kompeten dan berpengalaman
  • Memiliki program pascatraining
  • Memiliki saluran training yang beraneka ragam

Tips Membuat Slide PPt untuk Presentasi

tips membuat powerpoint yang baik_art

Setelah mengikuti pelatihan PowerPoint, tentu Anda akan lebih percaya diri dalam membuat slide untuk presentasi Anda. Selain untuk membuat materi presentasi, keterampilan menggunakan program PPt juga bermanfaat untuk hal lainnya, seperti membuat company profile, CV yang menarik, atau poster yang dapat menunjang bisnis Anda.

Khusus untuk materi presentasi, ada tips yang harus diperhatikan agar Anda bisa membuat slide yang menarik, yaitu:

1. Perhatikan Layout Slide

Tidak semua jenis huruf dan gambar/animasi cocok untuk desain layout tertentu. Oleh karena itu, pilihlah gambar dan font yang benar-benar pas untuk desain layout yang ada. Penggunaan gambar dan font yang tidak tepat akan mengganggu kenyamanan audiens yang melihatnya. Walaupun materinya sebetulnya menarik, tapi jika tampilannya tidak sedap dipandang, tentu akan membuat audiens merasa bosan.

2. Perhatikan kontras

Kontras sangat bermanfaat untuk membantu audiens titik penting dari suatu informasi. Penggunaan kontras juga dapat membantu mengurangi isi slide agar tidak terlalu padat. Yang pasti, kontras yang tepat juga akan membuat slide presentasi menjadi semakin menarik.

3. Satu pesan, satu slide

Ini adalah rumusan penting dalam membuat slide PowerPoint untuk kepentingan presentasi. Jika ada dua atau lebih pesan yang dimuat dalam satu slide, tentu bisa membingungkan audiens.

4. Perhatikan penggunaan warna

Selain jenis huruf, warna huruf juga berperan penting dalam sebuah slide presentasi. Selain harus disesuaikan dengan warna desain template slide secara keseluruhan, warna huruf yang digunakan juga harus sesuai dengan tema dan nilai penting dari informasi yang disampaikan. Gunakan warna yang lebih terang untuk informasi yang sifatnya sangat penting untuk diketahui oleh audiens.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

5. Gunakan visualisasi yang tepat

Visualisasi ini dapat berupa gambar, foto, animasi, grafik, atau video. Visualisasi sangat penting karena otak manusia pada umumnya akan lebih dapat mencerna gambar dibandingkan tulisan. Namun, teks tulisan juga diperlukan, agar audiens dapat lebih memahami informasi yang disampaikan.

Selain membantu audiens untuk dapat lebih memahami informasi yang disampaikan, penggunaan visualisasi juga dapat membuat slide menjadi lebih menarik untuk dilihat.

6. Perhatikan alur slide

Maksudnya adalah, harus ada kesinambungan antara slide yang satu dengan slide yang lainnya. Pergantian setiap slide harus diatur agar tidak membuat audiens menjadi bingung.

Itulah sekilas tips mengenai membuat slide PPt yang baik. Jika Anda sudah mengikuti pelatihan PowerPoint, tentu Anda akan lebih dapat untuk berkreasi.

Sekali lagi, pilihlah tempat pelatihan PowerPoint yang terbaik, agar kemampuan Anda untuk menyampaikan presentasi menjadi semakin memukau.