021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

Efektivitas pelatihan karyawan merupakan hal yang sangat penting terutama untuk mengembangkan sumber daya manusia. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di perusahaan, organisasi, instansi pendidikan, ataupun lembaga lain dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Tuntutan dari kebutuhan konsumen saat ini semakin tinggi dan persaingan bisnis semakin ketat. Semua karyawan yang ada di perusahaan, instansi pendidikan, ataupun lembaga lain memang sudah memenuhi syarat administrasi pekerjaan tapi tidak berarti semua karyawan akan langsung sukses ketika ditempatkan pada satu bidang pekerjaan tertentu.

Untuk itu, pelatihan dibutuhkan agar seluruh karyawan mampu mengikuti perkembangan dunia kerja maupun bisnis sesuai dengan jabatannya. Pelatihan juga dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, etos kerja, disiplin, sikap, keterampilan, dan keahlian tertentu agar bisa bekerja lebih maksimal serta lebih baik.

Pelatihan sendiri adalah proses pembelajaran keahlian, peraturan, sikap, ataupun konsep pengetahuan untuk meningkatkan serta mengembangkan kinerja karyawan. Pelatihan yang efektif akan membuat kayawan menguasai dengan baik pekerjaannya dan mampu mengikuti perkembangan binsis serta bertahan pada persaingan yang ketat.

Tujuan Pelatihan Karyawan

Pelatihan adalah salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengembangkan kinerja karyawan ataupun sumber daya manusia. Pelatihan umumnya dilakukan sesuai prosedur yang terorganisir dan sistematis serta dibuat seperti proses pendidikan dalam jangka waktu pendek. Dengan adanya pelatihan maka karyawan non manajerial bisa mempelajari pengetahuan, keahlian, dan keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaannya.

Tujuan pelatihan karyawan sendiri antara lain seperti meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja, meningkatkan mutu kerja karyawan sehingga karyawan terhindar dari kesalahan kerja, meningkatkan motivasi dan semangat kerja karyawan, menarik ataupun mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas, menjaga keselamatan kerja, mencegah timbulnya antipati dari karyawan, serta menghindari keusangan karyawan.

Tentunya perusahaan ingin menarik, memiliki, dan mempertahankan karyawan terutama yang bisa bersaing serta mengikuti perkembangan dunia bisnis. Karenanya, efektivitas pelatihan karyawan sangat diperlukan dalam peningkatan keterampilan dan kinerja karyawan sehingga karyawan yang dimiliki bisa sukses ketika melakukan pekerjaannya.

Sasaran Pelatihan Karyawan

Kegiatan pelatihan karyawan memang sangat dibutuhkan jika ingin karyawan yang bekerja pada perusahaan, instansi, organisasi, ataupun lembaga lain bekerja secara efektif. Pelatihan sendiri pada dasarnya dilakukan dengan maksud untuk mengubah tingkah laku dan mengingkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Perubahan tingkah laku sumber daya manusia yang diinginkan perusahaan, organisasi, instansi, ataupun lembaga lain tentunya berkaitan dengan meningkatnya keahlian, keterampilan, sikap, pengetahuan, perilaku, dan lainnya yang bisa berpengaruh pada produktivitas kerja.

Oleh sebab itu, perlu melakukan pelatihan yang tepat sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini sasaran pelatihan karyawan yang dapat dibagi dalam tiga kategori yakni sebagai berikut:

1. Kategori kognitif merupakan proses pelatihan yang difokuskan pada peningkatan intelektual misalnya meningkatan pengetahuan maupun keterampilan dalam berpikir.

2. Kategori psikomotorik yaitu dimana pelatihan dilakukan untuk mengembangkan keterampilan fisik yang diinginkan perusahaan seperti pengontrolan gerakan-gerakan tertentu agar karyawan bisa melakukan gerakan yang tepat. Pelatihan ini biasanya untuk aktivitas kerja yang banyak berhubungan dengan kegiatan fisik.

3. Kategori afektif adalah pelatihan untuk membuat karyawan memiliki sikap tertentu sesuai dengan jabatan dan keinginan maupun kebutuhan perusahaan.

Berbagai sasaran kegiatan pelatihan karyawan di atas bisa dicapai dengan efektivitas pelatihan karyawan. Dengan diberikan pelatihan yang efektif maka karyawan dapat bekerja dengan baik dan sukses pada jabatan yang ditekuni. Jika karyawan bisa bekerja dengan baik dan sukses pastinya keuntungan perusahaan, organisasi, ataupun lembaga yang bersangkutan bisa meningkat.

Manfaat Pelatihan Karyawan

 

slider komunikasi efektif

Pelatihan karyawan tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, instansi, atau lembaga tapi juga untuk karyawan itu sendiri.

Berbagai manfaat yang bisa diperoleh karyawan dari pelatihan antara lain meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, meningkatkan kepercayaan diri, membantu karyawan dalam mengatasi tekanan ataupun konflik, membantu karyawan untuk tidak takut ketika melakukan tugas baru, meningkatkan kepuasan kerja, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Untuk perusahaan sendiri, pelatihan karyawan bisa memberikan manfaat seperti meningkatkan keuntungan perusahaan, mempererat hubungan bawahan dengan atasan, memperbaiki dan meningkatkan keterampilan maupun pengetahuan semua karyawan pada setiap level, membantu perkembangan perusahaan, dan lainnya.

Selain bisa memberikan manfaat pada karyawan dan perusahaan, pelatihan juga bermanfaat bagi manajer yakni tugas dan pekerjaan bawahan lebih lancar meski manajer tidak ditempat, mempunyai bawahan yang terampil maupun ahli, bisa menyerahkan lebih banyak pekerjaan dan memberikan tanggung jawab kepada anak buah, menunjang karir pribadi untuk bisa mendapatkan jabatan yang lebih tinggi, serta terhindar dari menangani pekerjaan kecil yang bukan porsi seorang manajer.

Seluruh manfaat yang sangat berguna dan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dan pengembangan perusahaan ini bisa diperoleh dengan efektivitas pelatihan karyawan.

Cara Mengukur Efektivitas Pelatihan Karyawan

Training MTP Indomaret 1 - 11-12 Maret 2016 22

Pelatihan karyawan setiap tahunnya biasanya diadakan oleh perusahaan, instansi, organisasi, ataupun lembaga lainnya. Tujuan dilakukannya kegiatan pelatihan untuk meningkatkan mutu, kinerja, daya saing, dan profesionalitas karyawan yang dimiliki. Untuk itu, kegiatan pelatihan karyawan yang telah dilakukan perusahaan dapat dikatakan efektif ataupun sukses bila tujuan yang diinginkan serta ditetapkan perusahaan tercapai.

Efektivitas pelatihan karyawan bisa dilihat dari meningkatnya keterampilan, pengetahuan, keahlian karyawan yang sudah dilatih. Pelatihan yang efektif dan sukses akan membentuk pandangan serta cara berfikir karyawan menjadi sesuai dengan visi ataupun misi perusahaan.

Selain itu, pelatihan yang efektif dan sukses bisa menjadikan kompetensi seperti pengetahuan, sikap, perilaku, dan pengetahuan karyawan meningkat.

Agar bisa mengetahui apakah pelatihan yang sudah dilakukan efektif dan sukses perlu dilakukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi maka dapat diketahui ketepatan dan efektivitas pelatihan karyawan yang sudah dilakukan.

Pelatihan yang tidak sesuai terkadang tidak digunakan oleh karyawan setelah pelatihan berakhir. Maka dari itu, pelatihan yang dipilih juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jabatan yang ditekuni karyawan. Bagaimanapun pelatihan tetap harus diadakan dan dilakukan jika ingin karyawan bekerja dengan baik dan lebih produktif.

Untuk itu, Anda perlu memilih pelatihan-pelatihan yang tepat dan efektif buat karyawan Anda. Jika Anda berhasil melakukannya, maka peningkatan kualitas kerja akan dapat dicapai.