Menurut Anda, mengapa sebuah perusahaan bisa terus tumbuh dan berkembang, sementara yang lainnya stagnan saja? Lalu kira-kira apa sebabnya sebuah perusahaan yang pengeluarannya sudah cukup besar, namun tetap saja menganggarkan untuk biaya pelatihan dan pengembangan karyawannya?

Jawabannya karena karyawan atau sumber daya manusia adalah aset utama perusahaan. Mengembangkan kapasitas dan kompetensi karyawan berarti juga mengembangkan perusahaan.

Katakanlah Anda membeli sebuah pohon apel. Anda mengeluarkan uang untuk membeli bibit pohon, pupuk, dan sebagainya. Saat panen pertama kalinya, pohon Anda baru menghasilkan sepuluh buah apel.

Setiap minggu, Anda membalik tanah di sekitar pohon agar tetap gembur dan memberinya pupuk, sehingga saat panen kedua, pohon berbuah lebih banyak lagi. Demikian pula ketika panen ketiga, keempat, kelima kali, dan seterusnya.

Business people in a meeting

Sama juga dengan karyawan. Semakin dipupuk lewat pelatihan, semakin kuat pula kapasitas dan kompetensinya. Pelatihan dan pengembangan karyawan bukan pengeluaran mahal karena sebetulnya merupakan investasi dalam pertumbuhan sumber daya manusia di perusahaan. Ketika karyawan Anda berkembang, perusahaan Anda pun berkembang.

Lalu bagaimana memilih pelatihan yang tepat untuk meng-upgrade karyawan?

  • Pertimbangan pertama adalah soal kebutuhan, baik kebutuhan perusahaan, maupun kebutuhan karyawan. Misalnya, perusahaan perlu menempatkan sejumlah orang di level manajer, maka carilah pelatihan yang dapat mengasah kepemimpinan dan keahlian para calon manajer ini
  • Pertimbangan selanjutnya adalah soal kualitas pelatihan. Jika hendak menciptakan karyawan-karyawan bermutu, ikut sertakanlah mereka dalam pelatihan yang tak hanya punya kualitas, tetapi juga praktis dan mudah diaplikasikan oleh mereka di perusahaannya kelak.
  • Mampu memberikan pelatihan yang praktis dan aplikatif. Mengapa kepraktisan ini esensial dalam pelatihan? Pelatihan biasanya diberikan dalam hitungan hari, bahkan jam. Karena itu, amatlah penting untuk dapat mentransfer informasi dan keahlian baru dengan efektif dalam waktu yang singkat. Materi-materi yang praktis akan lebih mudah diterima peserta. Karyawan akan lebih cepat pula memahami materi yang yang gampang diaplikasikan di perusahaan mereka karena itulah yang mereka hadapi sehari-hari saat bekerja. Akan lebih baik pula jika karyawan lebih banyak dilibatkan selama pelatihan, bukan hanya mendengarkan atau menerima materi atau teori. Misalnya, dengan memberikan mereka tugas di tempat pelatihan, melakukan role playing, atau mengajak karyawan yang menjadi peserta pelatihan merasakan pengalaman langsung di lapangan.
  • Kualitas pelatihan juga akan berkaitan dengan kapabilitas dan kredibilitas penyedia penyelenggara pelatihan. Penyedia atau lembaga yang mumpuni dan sudah punya nama biasanya juga akan memberikan materi-materi pelatihan bermutu. Pelatihan yang berkualitas juga biasanya akan lebih banyak mengajak peserta pelatihan berinteraksi dan berdiskusi langsung dengan para trainer langsung ke pokok masalah yang sering dihadapi di perusahaan.

10 lembaga training terbaik di Indonesia

Presenta Edu adalah salah satu penyedia pelatihan bagi karyawan yang memenuhi semua pertimbangan di atas, didukung sejumlah trainer sangat berpengalaman di bidangnya. Kemampuan para trainer itu terasah sejak masih menjadi karyawan di perusahaan bergengsi. Dengan begitu, Presenta Edu memahami sekali apa yang dibutuhkan karyawan dan perusahaan untuk terus berkembang.

Untuk pelatihan presentasi bisnis memukau, misalnya, Presenta Edu memiliki silabus yang kuat, efektif, sekaligus juga praktis dan aplikatif, sehingga cepat dipahami dan dipraktekkan karyawan hanya dalam dua hari pelatihan.

Jika kebanyakan pelatihan karyawan yang menjamur saat ini semata berfokus pada aspek penyampaian saja, Presenta Edu memberikan lebih dari itu. Misalnya, dengan secara khusus mengajarkan karyawan membuat presentasi bisnis dengan visualisasi data yang lebih menarik dan meyakinkan.

Bersama Presenta Edu, peserta pelatihan mendapatkan kombinasi yang seimbang antara teori dan praktek. Peserta tak hanya akan menerima ilmu dalam bentuk pemaparan teori dan penjelasannya, melainkan juga berdiskusi dan menganalisasi kasus-kasus bisnis yang relevan dengan bidang industri peserta. Demonstrasi pembuatan slide dan visualisasi data pun akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan peserta. Peserta juga akan praktik dengan melakukan presentasi bisnis.

Presenta Edu juga telah bekerja sama dengan banyak perusahaan besar, bahkan lembaga pemerintah, dalam memberikan pelatihan bagi karyawan atau staf mereka. Berbagai testimoni dan dokumentasi kegiatan pelatihan mereka bersama Presenta Edu tersaji lengkap dalam laman www.presenta.co.id.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG