Diterima di tempat kerja baru, tentu sebuah anugerah yang harus disyukuri. Apalagi di masa sekarang, saat pandemi masih saja belum mereda, mendapat pekerjaan adalah hal yang sulit. Yang baru saja mendapatkannya, sangat pantas untuk berbahagia.
Selain bahagia, tentu akan ada perasaan cemas atau was-was. Dalam hati akan berkecamuk berbagai pikiran, seperti seperti apa nanti kantor baruku, apakah aku bisa bekerja dengan baik, apakah aku akan bisa menjalin relasi yang baik dengan atasan dan sesama rekan kerja, pekerjaannya sulit atau tidak, dan lain-lain.
Campur aduknya pikiran itu bisa membuat kita grogi atau gugup di hari pertama bekerja. Sangat wajar, karena kita belum mengenal siapapun di kantor. Tapi, seorang karyawan yang baik tentu sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mempelajari kultur tempat kerja dari berbagai informasi yang bisa diperoleh, adalah salah satu caranya.
Dengan adanya wawasan, walaupun mungkin hanya sedikit, mengenai tempat kerja kita, tentu bisa membuat kita agak tenang. Setidaknya, hal tersebut bisa membantu kita untuk mempersiapkan diri mengenai apa yang sebaiknya dilakukan.
Kalau dalam dunia public speaking, persiapan juga sangat perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengenali audiens. Untuk selengkapnya mengenai cara menghilangkan rasa grogi dalam dunia public speaking, bisa disimak dalam video berikut:
Di bawah ini, ada beberapa tips untuk mengatasi rasa grogi saat hari pertama masuk ke tempat kerja yang baru:
Dengan siap dan percaya diri untuk bekerja, maka rasa grogi dan gugup yang ada dalam diri kita bisa berkurang. Motivasi untuk bekerja dengan baik akan memberikan perasaan yang lebih tenang dalam diri kita.
Kita bisa memulainya dengan mengajak ngobrol teman-teman baru itu, tentu saja di saat sedang tidak sibuk bekerja. Misalnya ketika waktu makan siang tiba, kita bisa makan siang bersama mereka.
Tapi di saat pandemi seperti sekarang ini, dimana tidak dianjurkan untuk berkumpul, kita bisa siasati dengan makan siang di meja kerja masing-masing, sambil berkenalan dan bercakap-cakap dengan mereka. Saat masih ada waktu istirahat yang tersisa, kita bisa melanjutkan untuk ngobrol, sambil memakai masker.
Dapatkan Panduan Lengkap Tutorial ZOOM Meeting, download gratis di sini.
- Rileks
- Bersikap Sopan
- Siap Dengan Tugas yang Akan Diberikan

- Mencoba Bersosialisasi

- Mempersiapkan Fisik Dengan Baik