(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Gugup di Tempat Kerja Baru? Ini Dia Solusinya!

Diterima di tempat kerja baru, tentu sebuah anugerah yang harus disyukuri. Apalagi di masa sekarang, saat pandemi masih saja belum mereda, mendapat pekerjaan adalah hal yang sulit. Yang baru saja mendapatkannya, sangat pantas untuk berbahagia.

Selain bahagia, tentu akan ada perasaan cemas atau was-was. Dalam hati akan berkecamuk berbagai pikiran, seperti seperti apa nanti kantor baruku, apakah aku bisa bekerja dengan baik, apakah aku akan bisa menjalin relasi yang baik dengan atasan dan sesama rekan kerja, pekerjaannya sulit atau tidak, dan lain-lain.

Campur aduknya pikiran itu bisa membuat kita grogi atau gugup di hari pertama bekerja. Sangat wajar, karena kita belum mengenal siapapun di kantor. Tapi, seorang karyawan yang baik tentu sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mempelajari kultur tempat kerja dari berbagai informasi yang bisa diperoleh, adalah salah satu caranya.

Dengan adanya wawasan, walaupun mungkin hanya sedikit, mengenai tempat kerja kita, tentu bisa membuat kita agak tenang. Setidaknya, hal tersebut bisa membantu kita untuk mempersiapkan diri mengenai apa yang sebaiknya dilakukan.

Kalau dalam dunia public speaking, persiapan juga sangat perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengenali audiens. Untuk selengkapnya mengenai cara menghilangkan rasa grogi dalam dunia public speaking, bisa disimak dalam video berikut:

 

Di bawah ini, ada beberapa tips untuk mengatasi rasa grogi saat hari pertama masuk ke tempat kerja yang baru:

  1. Rileks

Rileks berarti tidak perlu memikirkan terlalu banyak hal. Fokus saja pada tujuan utama, yaitu bekerja dengan baik. Datanglah ke tempat kerja dengan cukup rasa percaya diri. Buatlah diri kita nyaman dengan kondisi kantor, karena hal itu bisa mempengaruhi kesan pertama dari rekan kerja yang lain.

Daripada sibuk memikirkan harus ngapain dan terlalu cemas karena takut melakukan kesalahan, lebih baik fokuskan pikiran pada hal-hal yang positif. Misalnya, pikirkan bahwa kantor tersebut telah menerima kita sebagai karyawannya karena potensi dan kompetensi yang ada dalam diri kita.

Dengan memikirkan hal-hal yang positif, hal itu akan membuat kita menjadi lebih tenang.

  1. Bersikap Sopan

Sikap sopan ini harus dilakukan pada setiap orang, bukan hanya pada atasan. Bersikap sopan kepada semua orang yang ada di tempat kerja, dapat membuat kita menjadi lebih mudah diterima oleh orang lain yang bekerja di sana.

Intinya adalah bahwa kita harus berusaha membangun komunikasi dengan baik dengan semua yang bekerja di sana.

Kalau ada hal-hal yang harus ditanyakan, tanyakan saja kepada mereka, dengan cara yang sopan, tentu saja. Sebagai karyawan baru, sangat wajar jika ada hal-hal yang belum kita ketahui. Nikmati saja prosesnya. Kalau kita berusaha dengan baik, hasilnya tentu juga akan baik.

  1. Siap Dengan Tugas yang Akan Diberikan

Saat melamar kerja di tempat tersebut, kita tentu sudah mengetahui posisi yang dibutuhkan. Dengan sendirinya, kita juga mengetahui pekerjaan apa yang harus dilakukan jika kita diterima di sana.

Maka di hari pertama masuk kerja, fokuskan pikiran kita untuk siap menerima semua tugas yang akan diberikan oleh atasan.

Jadilah percaya diri, karena kita bisa berada di sana setelah melalui berbagai macam seleksi yang tidak mudah. Karena kita diterima, berarti kita memang mempunyai kualitas dan kompetensi yang diharapkan.

Dengan siap dan percaya diri untuk bekerja, maka rasa grogi dan gugup yang ada dalam diri kita bisa berkurang. Motivasi untuk bekerja dengan baik akan memberikan perasaan yang lebih tenang dalam diri kita.

  1. Mencoba Bersosialisasi

Di tempat kerja baru, kita pasti akan bertemu dengan orang-orang baru, yang kemungkinan besar belum kita kenal. Nah, selain bersikap sopan, cobalah untuk membangun relasi dengan mereka.

Kita bisa memulainya dengan mengajak ngobrol teman-teman baru itu, tentu saja di saat sedang tidak sibuk bekerja. Misalnya ketika waktu makan siang tiba, kita bisa makan siang bersama mereka.

Tapi di saat pandemi seperti sekarang ini, dimana tidak dianjurkan untuk berkumpul, kita bisa siasati dengan makan siang di meja kerja masing-masing, sambil berkenalan dan bercakap-cakap dengan mereka. Saat masih ada waktu istirahat yang tersisa, kita bisa melanjutkan untuk ngobrol, sambil memakai masker.

  1. Mempersiapkan Fisik Dengan Baik

Sehari sebelum masuk kerja di tempat baru, tentu perasaan kita akan deg-degan. Bahkan, mungkin ada beberapa di antara kita yang tidak bisa tidur saat malam harinya.

Well, sebaiknya hal ini dihindari. Usahakan untuk istirahat yang cukup di malam hari sebelum masuk kerja. Kurang tidur bisa mengganggu fokus kita, yang bisa menyebabkan kita semakin grogi di pagi harinya.

Selain istirahat yang cukup di malam hari, sarapan sebelum berangkat juga akan membantu kita lebih siap untuk bekerja, sehingga mengurangi rasa grogi.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan penampilan. Gunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi dan peraturan di tempat kerja. Saat penampilan kita tidak mencolok dibandingkan orang lain yang ada di kantor, maka hal itu bisa membuat kita menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa gugup atau grogi di tempat kerja yang baru.

So, jangan ragu-ragu untuk memulai karier di tempat kerja yang baru. Berusaha bekerja dengan baik dan bersikap baik dapat menjadi awal langkah kita untuk menjadi seorang karyawan yang sukses.

Selamat bekerja!





Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *