Tempat kerja atau kantor yang ideal adalah tempat kerja dimana semua orang dapat bekerja sama demi kebaikan bersama. Setiap orang melakukan tugasnya masing-masing dengan baik, karena mereka sudah mengerti apa yang menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya.

Tapi sayangnya, sangat sedikit tempat kerja yang ideal seperti itu. Banyak orang yang akhirnya bermasalah di tempat kerja, bahkan bermasalah dengan tim kerjanya. Masalah itu mungkin terjadi karena ada anggota tim yang kinerjanya sangat menonjol, sehingga membuat anggota yang lainnya terlihat sangat ketinggalan.

Mungkin juga karena ada anggota tim yang tidak melakukan tugasnya dengan optimal. Mungkin karena dia tidak atau kurang paham mengenai kewajibannya, atau karena memang karakternya.

Sebenarnya, jika ada masalah seperti ini, setiap anggota tim berhak untuk melakukan komunikasi, agar bisa dicarikan jalan keluarnya. Tapi kenyataannya, sebagian besar orang memilih untuk diam, seolah-olah tidak ada masalah. Yang penting pekerjaannya beres.

Justru hal seperti itu yang bisa membuat masalah menjadi semakin besar. Masalah yang mungkin tadinya hanya sepele, tapi karena tidak segera diatasi, akan menjadi seperti bola salju, terus menggelinding dan menjadi besar.

Pentingnya Negosiasi

teknik negosiasi yang paling ampuh

Dalam sebuah tim kerja yang baik, sebuah masalah seharusnya tidak menjadi besar. Tim kerja yang baik seharusnya dipimpin oleh seorang manajer yang baik, manajer yang andal. Manajer yang andal adalah manajer yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, baik berkomunikasi dengan atasan, dengan sesama manajer, dan yang paling penting, berkomunikasi dengan anak buah atau anggota timnya.

Negosiasi tidak hanya berhubungan dengan klien, tidak juga hanya soal berdagang. Negosiasi juga sangat berguna demi performa tim kerja yang lebih baik. Negosiasi dapat menjadi salah satu cara untuk mencari solusi dari sebuah masalah, untuk mencegah sebuah masalah kecil menjadi besar.

Dengan bernegosiasi di dalam tim kerja, maka tim kerja akan menjadi semakin solid. Semua anggota tim dapat lebih bersemangat untuk melakukan tugasnya masing-masing. Negosiasi juga dapat membantu meningkatkan performa setiap anggota tim Anda.

Sebagai seorang manajer, apalagi yang masih baru, tentu harus menguasai trik dan teknik untuk bernegosiasi dengan anggota tim. Memang ada teori-teori mengenai teknik negosiasi yang baik. Tapi cara yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan bernegosiasi adalah dengan langsung melakukannya di lapangan, alias praktek langsung.

Bagaimana Agar Bisa Bernegosiasi Dengan Baik?

cara negosiasi dengan karyawan

Sebenarnya, dengan melakukan negosiasi, Anda sedang melakukan komunikasi. Negosiasi adalah suatu proses komunikasi untuk untuk mencari solusi. Bukan sembarang solusi, melainkan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak, atau win-win solution. Dengan win-win solution, maka semua pihak yang bermasalah dapat memperoleh keuntungan.

Tadi sempat disinggung mengenai kemungkinan adanya masalah di dalam sebuah tim kerja. Sebagai seorang manajer, tentunya Anda dituntut untuk bisa melihat bahwa ada masalah atau potensi masalah di dalam tim Anda. Jadi, segera sebelum masalah itu menjadi besar, Anda bisa memikirkan cara untuk mengatasinya. Salah satunya, ya dengan melakukan negosiasi bersama tim kerja Anda.

Agar dapat bernegosiasi dengan baik, maka Anda harus:

1. Mengetahui tujuan negosiasi dengan jelas

2. Mempersiapkan beberapa hal yang bisa ditawarkan kepada anak buah atau tim kerja yang bermasalah

3. Mempersiapkan diri dengan baik

Sebenarnya, ada dua faktor yang benar-benar harus dipertimbangkan saat bernegosiasi, yaitu:

  • Mencapai hasil yang baik
  • Hubungan jangka panjang

Misalnya, Anda harus melakukan negosiasi dengan anggota tim yang dianggap memberikan masalah kepada anggota tim lainnya. Anda bisa memanggil orang itu dan melakukan pembicaraan empat mata.

Dalam pembicaraan ini, Anda bertanya kepadanya, untuk menggali jawaban, mengapa dia tidak dapat bekerja sama dengan anggota tim lain dengan baik. Anda bisa bertanya, apakah dia mengalami kesulitan dalam melakukan tugasnya. Jika dia memang mengalami kesulitan, Anda bisa menanyakan lebih lanjut mengenai dimana dan seperti apa kesulitannya, apa yang bisa Anda lakukan untuk membantunya. Anda bisa membantunya dengan menawarkan beberapa alternatif usaha yang bisa dilakukan.

Dengan memberikan beberapa alternatif solusi ini, maka Anda dan anggota tim tersebut dapat mencapai win-win solution. Anggota tim Anda tidak akan merasa terpaksa untuk melakukan suatu hal, karena dia sendiri yang memilih solusi dari beberapa pilihan yang ditawarkan.

Menjadi seorang manajer memang tidak mudah. Anda harus bisa mengatur banya kepala demi satu tujuan, yaitu tujuan tim kerja. Untuk itulah, Anda dituntut untuk bisa menguasai beberapa hal, yaitu berkomunikasi, memotivasi, melakukan delegasi, serta meningkatkan kemampuan semua anggota tim.

Walau tidak mudah, Anda bisa mempelajarinya. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan sebagai seorang manajer, Anda bisa mengikuti pelatihan bersama Presenta Edu. Selain mendapatkan materi, Anda juga akan diajak untuk ‘praktek’. Jadi, apa yang Anda peroleh selama pelatihan, dapat segera Anda terapkan di tempat kerja.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    11
    Shares
  • 11
  •  
  •  
  •