Training provider berkembang sangat pesat di Indonesia, seiring dengan meningkatnya kebutuhan individu dan perusahaan akan program training yang fleksibel, terjangkau, mudah diakses, dan interaktif. Namun untuk menciptakan sumberdaya yang benar-benar berkualitas, individu, maupun perusahaan haruslah mengenali ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia.
Training provider yang baik akan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan seseorang agar dapat bekerja secara profesional untuk mencapai target-target perusahaan. Karena itulah penting sekali untuk dapat memilih lembaga training yang memiliki ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia.
Salah satu ciri training provider terbaik adalah mampu menyusun kurikulum secara terstruktur. Dalam situs resmi mereka, training provider terbaik akan memampangkan kurikulum ini dalam bentuk pratinjau, sehingga membantu calon trainee atau perusahaan mengambil keputusan dalam memilih training provider tersebut.
Ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia lainnya adalah memiliki metode training yang variatif. Metode trainingnya juga mampu melibatkan partisipasi dan keaktifan seluruh peserta training. Peserta tidak hanya mendapatkan pembelajaran satu arah atau menerima dan mendengarkan saja, melainkan juga menjadi pembelajar yang aktif.
Training provider yang baik pasti memiliki klien-klien dari perusahaan berskala besar. Daftar klien ini dapat kita lihat di situs resmi mereka.
Dengan memperhatikan daftar klien yang pernah atau sedang ditangani training provider, kita dapat mengetahui kualitas training provider tersebut.
Ketika sudah memilih calon dengan ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia, galilah lebih lanjut mengenai mereka dalam proses wawancara. Beberapa hal yang bisa digali antara lain:
Seperti Inilah Ciri-Ciri Training Provider Terbaik di Indonesia
Lalu bagaimanakah ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia ini? Apa yang menjadikan sebuah training provider terbaik dari jajaran training provider yang ada? Training provider adalah lembaga atau organisasi yang menyelenggarakan pendidikan atau pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan. SDM yang mumpuni adalah bekal perusahaan untuk mampu bersaing dalam dunia bisnis dan berkompetisi dengan perusahaan lain. Ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia akan menciptakan: 1. SDM yang menjadi semakin ahli dan terampil di bidangnya; 2. SDM yang efektif dan efisien dalam kinerjanya; 3. SDM yang produktif dalam bekerja; 4. SDM yang mampu bekerja sama dengan tim atau rekan-rekan sekerjanya; 5. SDM yang lebih siap dalam menghadapi perubahan-perubahan. Demi mendapatkan semua ini, individu, maupun perusahaan harus selektif dalam memilih training provider. Adapun ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia setidaknya terlihat dalam lima aspek, yakni kurikulum yang dimilikinya, materi training yang diberikan, metode training yang dipakai, kualitas dan kualifikasi trainer-trainernya, serta daftar klien yang pernah memakai jasa mereka.1. Kurikulum

2. Materi training
Training provider terbaik di Indonesia menggunakan kajian mendalam untuk mengembangkan dan menyusun materi training. Training provider akan mengemasnya dalam bentuk paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan individu atau perusahaan pada umumnya, namun tetap fleksibel dapat dikustomisasi untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan yang unik.3. Metode training

4. Trainer
Training provider terbaik di Indonesia memiliki jajaran trainer dengan rekam jejak terbaik pula. Training provider terbaik juga menuliskan rekam jejak ini dalam situs resmi mereka agar individu, maupun perusahaan dapat melihat dan mengukur sendiri kredibilitas para trainer ini. Trainer terbaik tak hanya ahli dalam bidangnya, namun juga mampu berkomunikasi dan menggali kebutuhan trainee agar dapat memberikan materi training yang tepat. Rekam jejak trainer yang panjang, dibarengi pengalaman bekerja di perusahaan-perusahaan bonafid, akan meyakinkan individu atau perusahaan tentang training provider yang akan dipilih.5. Daftar klien

- Pemahaman training provider akan kultur bisnis atau budaya perusahaan
- Kepedulian terhadap kebutuhan training individu atau perusahaan
- Akreditasi yang diberikan
- Pencatatan kemajuan dan evaluasi