Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Training provider berkembang sangat pesat di Indonesia, seiring dengan meningkatnya kebutuhan individu dan perusahaan akan program training yang fleksibel, terjangkau, mudah diakses, dan interaktif. Namun untuk menciptakan sumberdaya yang benar-benar berkualitas, individu, maupun perusahaan haruslah mengenali ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia.

Training provider yang baik akan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan seseorang agar dapat bekerja secara profesional untuk mencapai target-target perusahaan. Karena itulah penting sekali untuk dapat memilih lembaga training yang memiliki ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia.

Seperti Inilah Ciri-Ciri Training Provider Terbaik di Indonesia

Lalu bagaimanakah ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia ini? Apa yang menjadikan sebuah training provider terbaik dari jajaran training provider yang ada?

Training provider adalah lembaga atau organisasi yang menyelenggarakan pendidikan atau pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan.

SDM yang mumpuni adalah bekal perusahaan untuk mampu bersaing dalam dunia bisnis dan berkompetisi dengan perusahaan lain.

Ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia akan menciptakan:

1. SDM yang menjadi semakin ahli dan terampil di bidangnya;

2. SDM yang efektif dan efisien dalam kinerjanya;

3. SDM yang produktif dalam bekerja;

4. SDM yang mampu bekerja sama dengan tim atau rekan-rekan sekerjanya;

5. SDM yang lebih siap dalam menghadapi perubahan-perubahan.

Demi mendapatkan semua ini, individu, maupun perusahaan harus selektif dalam memilih training provider. Adapun ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia setidaknya terlihat dalam lima aspek, yakni kurikulum yang dimilikinya, materi training yang diberikan, metode training yang dipakai, kualitas dan kualifikasi trainer-trainernya, serta daftar klien yang pernah memakai jasa mereka.

1. Kurikulum

kurikulum training perusahaan_art

Salah satu ciri training provider terbaik adalah mampu menyusun kurikulum secara terstruktur. Dalam situs resmi mereka, training provider terbaik akan memampangkan kurikulum ini dalam bentuk pratinjau, sehingga membantu calon trainee atau perusahaan mengambil keputusan dalam memilih training provider tersebut.

2. Materi training

Training provider terbaik di Indonesia menggunakan kajian mendalam untuk mengembangkan dan menyusun materi training. Training provider akan mengemasnya dalam bentuk paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan individu atau perusahaan pada umumnya, namun tetap fleksibel dapat dikustomisasi untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan yang unik.

3. Metode training

metode training yang variatif_art

Ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia lainnya adalah memiliki metode training yang variatif. Metode trainingnya juga mampu melibatkan partisipasi dan keaktifan seluruh peserta training. Peserta tidak hanya mendapatkan pembelajaran satu arah atau menerima dan mendengarkan saja, melainkan juga menjadi pembelajar yang aktif.

4. Trainer

Training provider terbaik di Indonesia memiliki jajaran trainer dengan rekam jejak terbaik pula. Training provider terbaik juga menuliskan rekam jejak ini dalam situs resmi mereka agar individu, maupun perusahaan dapat melihat dan mengukur sendiri kredibilitas para trainer ini.

Trainer terbaik tak hanya ahli dalam bidangnya, namun juga mampu berkomunikasi dan menggali kebutuhan trainee agar dapat memberikan materi training yang tepat.

Rekam jejak trainer yang panjang, dibarengi pengalaman bekerja di perusahaan-perusahaan bonafid, akan meyakinkan individu atau perusahaan tentang training provider yang akan dipilih.

5. Daftar klien

ciri training provider terbaik

Training provider yang baik pasti memiliki klien-klien dari perusahaan berskala besar. Daftar klien ini dapat kita lihat di situs resmi mereka.

Dengan memperhatikan daftar klien yang pernah atau sedang ditangani training provider, kita dapat mengetahui kualitas training provider tersebut.

Ketika sudah memilih calon dengan ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia, galilah lebih lanjut mengenai mereka dalam proses wawancara. Beberapa hal yang bisa digali antara lain:

  • Pemahaman training provider akan kultur bisnis atau budaya perusahaan

Poin ini berkaitan erat dengan jam terbang atau lama berdirinya sebuah training provider dan daftar klien mereka.

Dari situ, kita bisa melihat dengan siapa saja mereka bekerja dan spesialisasi yang mereka miliki.

Memakai jasa training provider lokal atau regional adalah langkah terbaik karena mereka telah memiliki pengalaman berurusan dengan SDM-SDM atau perusahaan dengan kultur setempat.

Dengan demikian, training provider akan punya kurikulum, materi, metode, Teknik, maupun alat pelatihan yang sesuai dengan budaya belajar SDM kita.

Training provider terbaik di Indonesia juga memiliki spesialisasi. Dengan mengetahui spesialisasi yang dimiliki training provider, kita dapat lebih mudah menentukan mana training provider yang paling tepat untuk memberikan training di industri spesifik kita.

  • Kepedulian terhadap kebutuhan training individu atau perusahaan

Saat mewawancarai training provider, kita harus benar-benar memastikan, apakah mereka memenuhi kebutuhan kita.

Training provider yang baik akan menunjukkan keinginannya untuk memahami tujuan dan kebutuhan perusahaan agar dapat menawarkan solusi yang paling sesuai.

Jangan heran pula ketika mereka menolak permintaan kita. Training provider yang baik adalah yang berani menolak kesempatan untuk memberikan training, jika merasa tidak memiliki keahlian atau spesialisasi yang dibutuhkan calon klien.

Berhati-hatilah dengan training provider yang mengklaim diri mampu memenuhi semua kebutuhan training.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Training provider seperti ini biasanya hanya bermaksud untuk menjaring peserta sebanyak-banyaknya demi keuntungan lembaganya, tanpa terlalu memedulikan kebutuhan klien.

  • Akreditasi yang diberikan

Umumnya, ada tiga jenis akreditasi yang diberikan kepada peserta training, yakni akreditasi yang diberikan organisasi pemberi penghargaan yang diakui otoritas setempat, akreditasi dari badan perdagangan, dan akreditasi dari training provider (in-house).

Training provider terbaik adalah mereka akan memberikan akreditasi dari organisasi pemberi penghargaan yang diakui otoritas lokal. Namun, jangan pula hal ini dijadikan patokan.

Jaminan kualitas yang dimiliki, trainer yang berkualifikasi baik, berpengalaman, dan memiliki standar tinggi cukup bagi kita untuk memastikan training provider dapat memberikan training berkualitas tinggi.

  • Pencatatan kemajuan dan evaluasi

Rata-rata, training provider selesai melakukan tugasnya setelah memberikan sertifikat. Namun training provider terbaik tahu, ada langkah penting berikutnya setelah program training berakhir, yakni mengukur kemajuan dan evaluasi.

Ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia adalah memiliki kemampuan untuk memvalidasi hasil program training.

Galilah dari mereka apakah akan melakukan ujian, presentasi, atau menyebarkan kuesioner kepada para trainee untuk mengukur sejauh mana proses pembelajaran berdampak pada pengetahuan dan kinerja mereka.

Program training bagi SDM perusahaan bukanlah hal sepele. Perusahaan yang baik akan memasukkan program training SDM dalam rencana strategis mereka, juga menyediakan anggaran besar untuk itu. Karena itulah, mengetahui ciri-ciri training provider terbaik di Indonesia menjadi amat vital untuk menjaga prestise, kredibilitas, dan keberlangsungan perusahaan. (*)