Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah. Menjadi pemimpin berarti harus siap untuk memberi contoh atau teladan, memotivasi, sampai berkomunikasi dengan baik agar dapat mendelegasikan tugas atau pekerjaan dengan efektif kepada anak buah.

Beberapa pemimpin perusahaan besar dunia memaparkan gaya kepemimpinan yang dianutnya itu dalam sebuah presentasi. Anda bisa mempelajari presentasi mereka, untuk mengambil ilmu dari para pemimpin sukses tersebut.

Berikut ini ada 5 video presentasi dari TED terbaik mengenai kepemimpinan atau leadership:

1. How Great Leaders Inspire Action, oleh Simon Sinek

Simon Sinek adalah seorang konsultan marketing, penulis buku dan motivatir yang berkebangsaan Inggris dan Amerika Serikat. Kariernya dimulai di sebuah agensi iklan di New York, Euro RSCG dan Ogilvy & Mather. Kini, Sinek memimpin perusahaannya sendiri, Sinek Partners.

Di TED, terdapat beberapa video presentasi dari Simon Sinek. Tapi, yang bisa dibilang sebagai yang terbaik adalah presentasinya yang berjudul ‘How Great Leaders Inspire Action’.

Video mengenai kepemimpinan tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 29 juta orang dan menjadi satu dari tiga video yang paling populer di TED.

Dalam video kepemimpinan itu, Sinek memaparkan bahwa gaya kepemimpinan para orang-orang sukses adalah ‘The Golden Circle’. Dalam golden circle tersebut, Sinek mengenai pertanyaan ‘why’ (mengapa), ‘how’ (bagaimana), dan ‘what’ (apa).

Simak video lengkap Simon Sinek mengenai The Golden Circle berikut ini:

Dalam video tersebut dijelaskan oleh Sinek, bahwa sangat banyak orang yang memahami ‘apa pekerjaan mereka’. Lalu, dari semua yang memahami ‘apa pekerjaan mereka’ itu, hanya sebagian yang memahami ‘bagaimana melakukan pekerjaan mereka’ dengan baik. Dan, dari yang sebagian itu, hanya sedikit yang memahami ‘mengapa mereka melakukan pekerjaan itu’.

Pertanyaan terakhir inilah yang akan memotivasi seseorang untuk menjadi lebih baik. Jika seorang pemimpin mau bertanya terlebih dahulu ‘mengapa saya dijadikan pemimpin’, maka dia akan menemukan jawaban ini: ‘untuk menjadikan tim ini menjadi lebih baik’.

Mengenai ‘bagaimana agar tim menjadi lebih baik’ dan ‘apa yang harus dilakukan agar tim menjadi lebih baik’ adalah pertanyaan selanjutnya. Pertanyaan-pertanyaan ini muncul dari pertanyaan kunci, ‘mengapa saya dijadikan pemimpin’.

2. Why We Have Too Few Women Leaders, oleh Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg adalah chief operating officer (COO) Facebook. Sebelumnya, Sandberg menjabat sebagai vice president of global online sales di Google.

Dalam video presentasinya ini, Sandberg lebih mengupas masalah gender, yaitu kenapa hanya sedikit kaum wanita yang bisa mencapai posisi puncak di sebuah perusahaan.

Inilah yang menurut Sandberg menjadi alasannya:

 

Video ini sangat tepat untuk ditonton oleh kaum wanita, juga kaum pria. Dalam presentasinya ini, Sandberg menjelaskan mengenai pentingnya seorang wanita untuk menyadari potensi yang dimilikinya, bahwa dia bisa dan layak untuk menjadi seorang pemimpin.

Walaupun kaum wanita memiliki beban kerja yang lebih berat, apalagi jika dia sudah berkeluarga dan memiliki anak, namun mereka memiliki kemampuan untuk membagi perannya, di dunia kerja dan di rumah tangga.

Di sisi lain, para pria juga diajak untuk melihat bahwa kaum wanita juga bisa menjadi seorang pemimpin di dalam sebuah tim kerja. Para pria juga diajak untuk mendukung peran seorang pemimpin wanita di dalam sebuah tim kerja, antara lain dengan memberikan kepercayaan.

Dengan dukungan dan kepercayaan, maka seorang wanita akan mampu menjadi seorang pemimpin tim yang dapat diandalkan.

3. What It Takes To Be A Great Leader, oleh Roselinde Torres

Roselinde Torres adalag seorang pakar mengenai kepemimpinan. Dia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari jawaban mengenai bagaimana caranya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Video mengenai kepemimpinan ini tidak panjang. Tidak sampai 10 menit. Di sini, Torres mengungkapkan bahwa hal terpenting yang yang dapat dilakukan untuk menjadi pemimpin yang baik adalah menghargai dan menerima perbedaan yang ada di dalam timnya.

 

Semakin banyak perbedaan, maka akan semakin banyak cara yang bisa dipikirkan untuk mengatasi sebuah masalah. Jika pemimpin mau menerima dan menghargai perbedaan di antara anak buahnya, maka anak buahnya juga akan mau untuk memberikan yang terbaik dari dirinya untuk kepentingan bersama.

4. Listen, Learn… Then Lead, oleh Stanley McChrystal

Video mengenai kepemimpinan ini berbeda dari yang lain, karena dibuat oleh seorang pemimpin militer. Stanley McChrystal adalah seorang pensiunan jenderal di angkatan bersenjata Amerika Serikat. Tugas terakhirnya sebelum pensiun adalah sebagai komandan di International Security Assistance Force.

Sebagai seorang jenderal angkatan bersenjata, tidak diragukan lagi kalau McChrystal adalah seorang pemimpin yang mumpuni. Untuk membagikan ilmunya di bidang leadership, McChrystal berbicara di forum TED berikut ini:

 

Dalam presentasinya itu, McChrystal mengatakan bahwa kepemimpinan itu adalah tentang berbagi sense of purpose kepada seluruh anak buah. Anggota tim atau anak buah harus diajak untuk mengerti tujuan yang hendak dicapai.

Untuk itu, dibutuhkan komunikasi yang baik, agar pemimpin bisa menyampaikan sense of purpose tersebut kepada seluruh anak buah, yang pastinya memiliki perbedaan satu sama lain.

Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, seseorang harus mau mendengarkan dan belajar.

Bagi McChrystal, “Seseorang dikatakan sebagai pemimpin yang baik bukan karena dia benar, tapi dia baik karena dia mau untuk belajar dan percaya. Kedua hal itu bukanlah sesuatu yang mudah.”

5. Everyday Leadership, oleh Drew Dudley

Dalam video presentasi mengenai kempemimpinan ini, Drew Dudley menunjukkan mengenai gaya kepemimpinan atau leadership yang baik. Video kepemimpinan ini menarik karena Dudley menyampaikannya dengan cara jenaka, sehingga sering mengundak gelak tawa.

Dudley tertarik di bidang kepemimpinan setelah dia menjadi koordinator Leadership Development di University of Toronto. Tahun 2010, Dudley mendirikan Nuance Leadership Development Services, sebuah perusahaan yang merancang program kepemimpinan bagi individu dan organisasi.

Dalam presentasinya ini, Dudley ingin mengajak Anda untuk memahami bahwa ada jiwa kepemimpinan di dalam diri setiap orang. Ini tentu berbeda dari pemahaman sebagian besar orang, bahwa seorang pemimpin adalah orang yang luar biasa. Menurut Dudley, pemimpin adalah orang biasa.

Dalam video tersebut disampaikan bahwa kepemimpinan bukan hanya tentang memberikan tugas atau perintah kepada anak buah. Kepemimpinan adalah tindakan sehari-hari. Banyak hal kecil yang sering tidak disadari bahwa itu adalah sebuah tindakan yang sangat dibutuhkan dalam sebuah kepemimpinan.

Jika merunut pada apa yang disampaikan oleh Dudley, maka pemimpin yang baik bukan hanya tentang memimpin orang lain, tapi juga memimpin diri sendiri. Jika kita bisa menjadi seorang anggota masyarakat yang baik, maka kita juga akan bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

 

Ada orang yang mengatakan bahwa pemimpin itu dibuat, bukan dilahirkan. Itu artinya, semua orang sebenarnya punya kesempatan untuk menjadi pemimpin. Tapi, tidak semua orang mampu untuk menjadi pemimpin yang baik.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membuat anak buahnya menjadi lebih baik. Dengan begitu, maka timnya juga akan menjadi lebih baik. Seorang pemimpin yang baik tidak akan mementingkan dirinya sendiri, tapi mementingkan kebaikan bersama di dalam tim.

Walau tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik, tapi semua orang tentu dapat mempelajari bagaimana caranya untuk menjadi pemimpin yang baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mempelajari gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh para pemimpin perusahaan yang sudah terbukti kualitasnya. Kualitas pemimpin yang baik ini bisa dilihat dari kinerja perusahaan yang dipimpinnya.

Menjadi pemimpin, khususnya memimpin tim kerja, memang bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipelajari jika Anda ingin bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan bagi para manajer yang diadakan oleh Presenta Edu.

Essential Skills for New Manager

Dapatkan Buku Ini GRATIS

Panduan buat manajer baru bagaimana cara mengelola tim dengan baik
DOWNLOAD SEKARANG
  •  
    10
    Shares
  • 10
  •  
  •  
  •