(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Memperluas Jaringan Profesional lewat Training Public Speaking Online

Tahukah Anda, membangun jaringan profesional sama pentingnya dengan meningkatkan kapasitas diri dalam mengembangkan karir? Memperluas jaringan atau networking membantu Anda mendapatkan informasi baru, gagasan baru, sampai memuluskan jalan karir Anda.

Public speaking adalah jembatan Anda untuk bertemu dengan para profesional lainnya dan membangun jaringan. Ini merupakan sebuah keterampilan yang jika dilatih dengan baik akan membawa Anda ke jenjang karir yang diimpikan.

Kecakapan public speaking perlu diasah, membutuhkan dedikasi bertahun-tahun, dan latihan yang mungkin cukup berat bagi setiap orang. Kemahiran public speaking membutuhkan pemantauan, pendampingan, dan penyempurnaan yang konstan.

Oleh karena itulah training public speaking online menjadi salah satu tempat terawal yang tepat untuk menguasai keterampilan ini.

Dengan mengikuti training public speaking online, Anda akan mendapatkan trainer profesional yang memberikan kesabaran dan keahlian yang  diperlukan untuk mengubah Anda dari pembicara publik pemula menjadi pembicara yang ahli dan tidak kenal takut.

Tujuan umum mengikuti training public speaking online untuk keperluan networking

Sebelum mengambil kelas di training public speaking online, sebaiknya Anda memahami dulu tujuan public speaking

Secara umum, ada tiga hal yang menjadi tujuan public speaking, yakni, menginformasikan, membujuk, dan menghibur.

Training public speaking online mengasah kemampuan Anda untuk mencapai ketiga tujuan ini.

1. Menginformasikan

Saat melakukan public speaking dengan tujuan menginformasikan, penting untuk diingat Anda sedang berbagi informasi dengan audiens, bukan untuk membujuk mereka untuk melakukan atau mempercayai sesuatu.

Trainer Anda dalam training public speaking online akan mempersiapkan Anda untuk dapat membantu siapa saja dari segala usia mempelajari ide, konsep, dan keterampilan baru untuk mencapai tujuan ini.

Dalam membangun jaringan, kecakapan dalam berbagi informasi ini penting agar audiens Anda, yang dapat menjadi klien-klien atau mitra bisnis baru Anda memahami dengan baik informasi yang Anda sampaikan.

2. Menghibur

Para stand up comedian menggunakan public speaking untuk tujuan menghibur. 

Dalam konteks memperluas jaringan, public speaking untuk tujuan menghibur ini bisa Anda pakai untuk menyentuh emosi orang-orang yang baru Anda kenal atau sebagai pemecah kebekuan (ice breaker)

Training public speaking online akan memberikan beberapa contoh teknik yang dipakai public speaker terkenal untuk mencapai tujuan ini, yang pada akhirnya akan bermuara pada menarik perhatian audiens dan menjadikan informasi lebih lekat di ingatan mereka.

Presentasi yang menghibur juga dapat mengangkat semangat audiens Anda. Mereka yang tadinya mulai bosan atau teralihkan perhatiannya akan kembali fokus pada saat Anda menyelipkan satu dua humor segar dalam presentasi.

3. Membujuk

Berbeda dengan tujuan pertama, yakni, menginformasikan, public speaking yang bertujuan membujuk audiens ini lebih menantang.

Jika Anda ingin seseorang mengubah pikiran audiens tentang suatu subjek, public speaking adalah kunci untuk perubahan itu. 

Untuk mencapai tujuan ini, training public speaking online dapat melatih Anda untuk menggunakan kalimat-kalimat yang lebih persuasif, tanpa perlu memanipulasi audiens.

Demikian pula dengan bahasa tubuh, penekanan-penekanan dan jeda yang tepat saat berbicara, memilih data dan fakta yang memperkuat isi pesan dan meraih kepercayaan audiens, semua dapat dipelajari dalam training public speaking online

Manfaat training public speaking online untuk networking

Banyak orang berpikir, terampil dalam public speaking tidak berkontribusi apapun dalam komunikasi yang efektif. Keterampilan ini tidak terlalu penting, kata mereka, 

Bukan salah orang tua kita juga, jika pada saat kita masih duduk di bangku sekolah, mereka hanya memperhatikan perkembangan akademik dan ekstrakurikuler kita. 

Mereka tidak menyadari pentingnya mengembangkan komunikasi yang efektif dan keterampilan berbicara di depan umum bagi kita, anak-anak mereka.

Dampaknya, ketika memasuki dunia kerja, kita baru menyadari betapa rekan-rekan kerja atau kolega kita yang mahir public speaking lebih cepat dalam kemajuan karir dan memiliki jaringan yang lebih luas. 

Kalau Anda masih berpikir mengikuti training public speaking online tidak memberikan keuntungan yang sebanding dengan tekanan yang Anda rasakan saat harus bicara di hadapan orang banyak, coba cermati poin-poin berikut ini:

1. Training public speaking online membantu Anda mengatasai ketakutan

Takut berbicara di depan umum adalah masalah sebagian besar orang di dunia, bahkan ada satu istilah untuk menyebut rasa takut ini: glosofobia. Sebagian besar penelitian menunjukkan glosofobia merupakan ketakutan nomor satu, di atas ketakutan akan kematian.

Apakah Anda merasakan satu atau lebih dari gejala berikut ketika harus melakukan public speaking? Badan gemetar, berkeringat dingin, jantung berdebar, mual atau bahkan muntah, pusing, bernapas terasa sesak atau berat, otot tegang, atau sering buang air kecil menjelang tampil?

Saat mulai berbicara di atas panggung atau podium, Anda mendadak jadi sulit berkata-kata atau gagap, padahal ketika mengobrol dengan teman-teman sejawat di belakang panggung, Anda berbicara dengan lancar.

Meski menjadi ketakutan yang umum, bukan berarti rasa takut ini tidak bisa dihilangkan atau paling tidak direduksi. Trainer Anda dalam training public speaking online dapat memberikan Anda tip dan trik untuk mengatasi rasa takut ini. 

2. Training public speaking online meningkatkan harga diri Anda

Dengan menguasai kemahiran berbicara di depan umum lewat training public speaking online, perlahan Anda menumbuhkan kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Bagaimana tidak? Berhasil menundukkan rasa takut saat bicara di depan publik adalah perasaan yang sangat memberdayakan. 

Ketika merasa terkoneksi dengan audiens, entah itu berupa perhatian mereka yang seolah tersihir oleh kata-kata Anda atau umpan balik berupa pertanyaan yang menandakan keingintahuan lebih jauh tentang apa yang Anda sampaikan, Anda merasa punya wawasan dan pendapat yang berharga.

3. Training public speaking online membantu Anda membagi pandangan dan gagasan dengan orang lein dengan lebih efektif

Berjejaring berarti juga berbagi. Salah satunya adalah berbagi wawasan dan ide. Namun cara menyampaikan dan menggalinya dari lawan bicara Andalah yang penting agar proses berbagi itu dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Dalam training public speaking online, Anda dilatih untuk menyusun kalimat-kalimat efektif yang segera dapat ditangkap maksudnya oleh lawan bicara, maupun audiens dalam jumlah besar.

Anda juga akan belajar bagaimana melontarkan pertanyaan yang tepat kepada audiens untuk mendapatkan umpan balik dari mereka seperti yang Anda inginkan.  

Sekali lagi, membagi sesuatu yang penting dan bermanfaat kepada orang banyak akan membawa kepuasan tersendiri bagi Anda, yang lama kelamaan juga akan meningkatkan harga diri Anda, seperti yang diulas dalam poin sebelumnya. 

4. Training public speaking online menuntun Anda untuk berpikir kritis

Berpikir kritis juga merupakan kecakapan yang bisa dilatih. Saat belajar menyusun presentasi atau pidato dalam training public speaking online, Anda sebenarnya juga sedang dipandu trainer untuk dapat berpikir secara kritis.

Berpikir kritis meliputi penerapan prinsip-prinsip logis, standar bukti yang ketat, dan penalaran yang cermat untuk analisis dan diskusi klaim, keyakinan, dan masalah.

Anda akan memulai dengan riset, mengumpulkan data dan fakta yang dapat mendukung pesan atau informasi yang hendak Anda sampaikan, lalu menyusunnya dengan struktur tertentu dan kalimat-kalimat yang efektif agar mudah dipahami audiens.

5. Training public speaking online meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan menganalisa kebiasaan komunikasi 

Dengan belajar menyusun presentasi atau pidato tadi, Anda jadi belajar bagaimana membuat kerangka naskah yang baik, bagaimana merumuskan strategi agar audiens tetap fokus pada Anda, atau kalimat-kalimat seperti apa yang pas untuk mengomunikasikan pesan Anda.

Menyiapkan hal-hal seperti ini pun sebelum melakukan public speaking perlahan akan memaksa Anda untuk selalu mengevaluasi dan memeriksa kembali cara Anda berkomunikasi dengan audiens.

6. Training public speaking online memperluas kesempatan Anda menjalin hubungan sosial baru

Ketika Anda menguasai public speaking, Anda akan berada di tempat-tempat yang tepat untuk bertemu orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Ini menjadi langkah awal untuk memiliki jaringan baru atau memperluas jaringan profesional Anda. 

7. Training public speaking online membuka pintu bagi kemajuan karir

Public speaking merupakan salah satu keterampilan yang paling dicari perusahaan dari karyawan atau calon karyawannya. Karyawan yang piawai berbicara di hadapan publik akan menjadi wajah perusahaan yang baik.

Kemahiran public speaking menunjukkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, kemampuan kepemimpinan, ketenangan, dan profesionalisme yang semuanya ini merupakan kualitas yang sangat berharga untuk pasar kerja.

Ketika karyawan dapat berbicara dengan baik di depan umum, entah itu saat presentasi, maupun memberikan sambutan dalam pertemuan-pertemuan bisnis, dia tidak saja membawa dirinya sendiri, melainkan juga nama perusahaan.

Di internal perusahaan pun, karyawan dengan kemampuan public speaking yang baik, memudahkan atasan, maupun timnya untuk memahami isi pesan dan maksud yang ingin disampaikannya, misalnya dalam rapat internal kantor.

8. Training public speaking online membentuk Anda menjadi pribadi yang mampu menginspirasi orang lain

Adalah kepuasan tersendiri bagi kita, jika dapat menjadi inspirasi yang baik bagi orang lain. Memiliki keterampilan public service, memungkinkan Anda untuk membuat perubahan dan menginspirasi orang lain melalui kekuatan kata-kata.

Para pembicara dan aktivis motivasi menggunakan cara yang sama untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik atau mempertahankan integritas dan kedaulatannya.

Anda juga dapat melakukan hal ini dari lingkup yang paling kecil dulu, seperti tempat Anda bekerja. Menjadi inspirasi bagi karyawan lain lewat kata-kata yang Anda sampaikan dalam presentasi, misalnya, adalah sesuatu yang sangat layak untuk dicoba.

9. Training public speaking online menyiapkan Anda menjadi seorang leader

Saat Anda terampil berbicara di hadapan publik dan mampu mengubah hati, serta pikiran audiens, dapat dikatakan Anda juga sedang memupuk keterampilan leadership.

Training public speaking online melatih Anda mengungkapkan pendapat dengan benar di antara sekelompok orang. Dengan demikian, kemungkinan Anda melakukan hal yang sama dalam suasana yang lebih individual juga akan berhasil.

Leader harus memiliki kemampuan untuk mendorong perubahan dan mempengaruhi orang lain. Public speaking memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan itu.

Ada banyak manfaat lain dari public speaking. Setiap profesional yang kurang percaya diri atau hendak meluaskan jaringan profesionalnya sangat disarankan untuk mengikuti training public speaking online untuk menguasai keterampilan ini. (*)



Submit a Comment

Your email address will not be published.