(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Kelas Online Pengembangan Diri

Saat ini, banyak orang memilih untuk mengikuti kelas online. Khususnya bagi para karyawan atau para profesional, kelas online sangat membantu kita yang ingin mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Pengembangan diri sendiri adalah sesuatu yang mutlak dilakukan, jika ingin menjadi orang yang lebih baik. Pengembangan diri adalah suatu proses yang bisa dilakukan untuk memiliki kualitas diri yang lebih baik. Aspek-aspek kualitas diri yang dikembangkan antara lain adalah potensi, perilaku, sikap, atau kepribadian.

Kelas online untuk melakukan pengembangan diri juga bisa mudah ditemukan. Dalam dunia kerja, pengembangan diri mutlak diperlukan, jika ingin memiliki karier yang baik. Bahkan, pengembangan diri bisa menjadi sarana untuk mendapatkan kehidupan finansial yang lebih baik.

Secara lebih spesifik, pengembangan diri memiliki beberapa tujuan, seperti:

  1. Mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada dalam diri kita, khususnya agar lebih sesuai dengan perkembangan zaman
  2. Meningkatkan produktivitas di tempat kerja
  3. Membantu kita untuk lebih siap untuk menghadapi perkembangan dan perubahan yang terjadi, khususnya di dunia kerja
  4. Membantu kita menjadi pribadi yang lebih professional
  5. Membantu kita untuk mendapatkan kesempatan berkarier yang lebih baik

Yang paling diperlukan untuk melakukan pengembangan diri adalah keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Saat mengikuti kelas online pengembangan diri, pastilah kita dituntut untuk melakukan sesuatu yang mungkin saja di luar kebiasaan atau yang membuat kita tidak nyaman.

Dengan berani untuk keluar dari zona nyaman, maka kita akan dapat menjalani pelatihan di kelas online pengembangan diri tersebut dengan lebih baik dan efektif. Kita juga lebih berpeluang untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

Walaupun mengikutinya lewat kelas online, itu tidak berarti bahwa kita bisa hanya setengah hati. Kita harus sungguh-sungguh mengikuti semua materi pelatihan yang diberikan, agar kelas online tersebut efektif.

Mengikuti kelas online pengembangan diri dapat membantu kita menjadi orang yang lebih percaya diri. Dengan rasa percaya diri yang lebih baik, maka kita dapat lebih baik dalam menjalani aktivitas sehari-hari, karena merasa memiliki kemampuan yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Menemukan Kelas Online Pengembangan Diri yang Pas

Kita sudah mengetahui bahwa sekarang banyak bermunculan kelas online pengembangan diri. Oleh karena itu, kita harus jeli dalam menentukan pilihan, kelas online pengembangan diri mana yang sebaiknya kita ikuti.

Jangan sampai kita membuang percuma waktu, uang dan tenaga untuk mengikuti kelas online pengembangan diri yang kurang berkualitas, sehingga hasilnya tidak efektif.

Sebaiknya juga tidak memilih kelas online tertentu hanya karena ikut-ikutan teman. Setiap orang adalah unik dan berbeda, sehingga pasti membutuhkan kelas online pengembangan diri yang juga berbeda.

Berikut adalah untuk membantu menemukan kelas online pengembangan diri yang pas dengan diri kita:

  • Melihat diri sendiri

Melihat diri sendiri berarti berusaha mengenali diri kita sendiri. Coba cari kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita.

Mengenali diri sendiri akan membuat kita dapat mengevaluasi diri sendiri, bagaimana kinerja kita selama ini. Selama ini, kesulitan atau hambatan apa yang kita temui.

Dengan melakukan evaluasi diri tersebut, maka kita akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki atau dikembangkan, sehingga bisa memilih kelas online pengembangan diri yang tepat.

  • Mengetahui minat kita

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan kita, kita juga perlu untuk mengetahui, minat kita. Selama melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari, apa yang sebetulnya yang tepat untuk diri kita.

Dengan mengetahui minat kita terhadap sesuatu hal, kita bisa menentukan, hal apa yang ada di dalam diri kita yang sebaiknya dikembangkan.

  • Melihat track record lembaga penyedia kelas online pengembangan diri

Disarankan untuk memilih lembaga penyedia kelas online pengembangan diri dengan track record yang baik. Hal itu bisa dilihat dari situs lembaga mereka, media sosial, trainer, serta materi kelas online yang diberikan.

Lembaga yang terpercaya biasanya menampilkan para trainer yang berpengalaman. Daftar perusahaan yang pernah menjadi kliennya juga bisa dilihat di sana. Semakin bayak perusahaan besar yang pernah memilih lembaga tersebut, maka lembaga penyedia kelas online tersebut semakin bisa dipercaya.

Selain itu, lembaga penyedia kelas online pengembangan diri, seperti Presenta Academy, juga akan mencantumkan nomor kontak, mudah dihubungi, serta akan memberikan respon yang dibutuhkan.

Potensi Diri yang Dapat Dikembangkan di Kelas Online Pengembangan Diri

Lalu, apa saja potensi yang ada di dalam diri kita yang bisa dikembangkan melalui kelas online pengembangan diri?

Berikut adalah contoh-contohnya:

  1. Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi sering menjadi salah satu kemampuan yang dapat membantu seseorang untuk meraih jenjang karier yang lebih baik. Kemampuan seperti komunikasi bisnis dan public speaking adalah jenis potensi di bidang komunikasi yang menarik untuk dikembangkan. Alasannya sederhana, karena setiap hari kita akan berkomunikasi dengan banyak orang di tempat kerja.

  1. Problem solving & leadership

Jika ingin meraih jenjang karier yang lebih baik, tentu kita dituntut untuk dapat menjadi pemimpin yang baik dan yang bisa memecahkan masalah yang terjadi di tempat kerja. Oleh karena itu, pelatihan pengembangan diri di bidang kepemimpinan atau leadership dan problem solving dapat dijadikan pilihan untuk mengikuti kelas online pengembangan diri.

  1. Sales & marketing

Sales dan marketing adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. Maka tim sales dan marketing yang tangguh menjadi impian semua perusahaan.

Tim sales dan marketing yang tangguh pasti memiliki kemampuan presentasi produk, komunikasi bisnis dan teknik penjualan yang baik. Untuk semakin mengasah kemampuan tersebut, maka kita bisa mengikuti kelas online pengembangan diri di bidang sales dan marketing.

Masih banyak bidang lain yang bisa dipelajari di berbagai kelas online pengembangan diri. Kita perlu melihat kebutuhan kita, kemampuan apa yang ada dalam diri kita yang perlu dikembangkan. Atau, kelemahan apa yang ada di dalam diri kita yang harus diperbaiki. (*)





Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *