(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Pentingnya Training for Trainer Bagi Perusahaan

Perusahaan yang maju harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu caranya adalah dengan memberikan pelatihan kepada mereka.

Pelatihan yang tepat dapat memberikan ilmu, wawasan dan keterampilan baru kepada para karyawan. Hal ini sangat penting, mengingat semua kemajuan dan perubahan yang terjadi.

Namun, banyak perusahaan yang merasa bahwa biaya dapat menjadi kendala untuk memberikan pelatihan kepada seluruh karyawannya.

Untuk itulah, kini ada training for trainer. Training for trainer ini adalah salah satu model pengembangan SDM, dimana ada karyawan yang dilatih untuk menjadi trainer.

Nantinya karyawan tersebut akan melatih rekan-rekan lainnya. Jadi, perusahaan tidak perlu berkali-kali mengirimkan karyawannya untuk mengikuti pelatihan. Mereka hanya perlu mengirimkan beberapa orang karyawan saja.

Karyawan yang dikirim untuk mengikuti pelatihan nantinya juga akan membagikan ilmunya kepada karyawan lainnya untuk juga menjadi trainer seperti mereka. Begitu seterusnya, sehingga selalu akan ada karyawan yang diandalkan untuk menjadi trainer bagi rekan-rekannya.

Karyawan yang sebaiknya dikirimkan untuk mengikuti training for trainer ini sebaiknya adalah karyawan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Jadi, mereka kelak dapat melakukan tugasnya dengan mumpuni.

Apa Manfaat Training for Trainer Bagi Perusahaan?

Training for trainer dianggap bisa menguntungkan perusahaan. Hal ini karena karyawan yang dikirim untuk mengikuti pelatihan ini, nantinya dapat memberikan pelatihan internal kepada karyawan yang lainnya. Mereka juga dapat menentukan pelatihan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam training for trainer, karyawan akan diajarkan untuk memberikan instruksi dan pembinaan yang baik bagi karyawan yang lainnya. Selain itu, mereka juga akan diajarkan untuk memberikan materi dan mendesain pelatihan yang tepat, karena kelak mereka akan menjadi in house trainer.

Dengan mengikutsertakan karyawannya untuk mengikuti training for trainer, maka perusahaan akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti:

  • Adanya transfer keahlian yang berkelanjutan
  • Pelatihan in house dapat dilakukan sesuai dengan jadwal perusahaan itu sendiri, sehingga tidak perlu mengganggu operasional perusahaan
  • Pelatihan yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
  • Menghemat biaya pelatihan karena perusahaan tidak perlu membayar trainer dari luar perusahaan

Sedangkan bagi karyawan, pelatihan ini tentu saja dapat meningkatkan kompetensinya. Seorang karyawan yang kompeten di bidangnya, belum tentu dapat membagikan ilmunya kepada rekan-rekannya. Dengan mengikuti pelatihan ini, maka kompetensi karyawan yang bersangkutan akan berkembang. Hal ini bisa membuatnya lebih loyal kepada perusahaan.

Dengan mengikuti pelatihan ini, maka karyawan akan mendapatkan berbagai teknik yang dapat menjadikan dia sebagai seorang fasilitator bagi karyawan lainnya.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa karyawan yang dipilih untuk mengikuti training for trainer ini adalah karyawan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu, sebaiknya juga dipilih karyawan yang dianggap paling berprestasi, agar dia dapat menurunkan kemampuannya itu kepada rekan-rekannya.

Selain mendapatkan keterampilan baru, yaitu mengajar dan mendesain sebuah training untuk karyawan lainnya, peserta training for trainer juga akan diajari cara menyusun kurikulum training.

Kurikulum training ini penting untuk membuat silabus pelatihan, yang nantinya akan diberikan kepada karyawan lainnya. Untuk membuat silabus pelatihan yang baik, diperlukan kecakapan tersendiri.

Di Mana Bisa Mengikuti Training for Trainer?

Mengingat manfaatnya yang sangat krusial bagi perusahaan, maka perusahaan harus jeli untuk memilih vendor yang dapat memberikan pelatihan ini.

Lalu, bagaimana cara memilih vendor yang tepat untuk mengirimkan karyawan mengikuti pelatihan tersebut?

Berikut ada beberapa panduan yang dapat dilakukan:

  1. Perhatikan Izin Lembaga Pelatihan

Perusahaan dapat memeriksa izin lembaha pelatihan yang bersangkutan, apakah izinnya resmi dan sudah berbadan hukum. Hal ini sangat penting sebagai jaminan kualitas program training yang diberikan.

  1. Lihat Kualitasnya

Kualitas biasanya berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, daripada mencari biaya pelatihan yang murah, sebaiknya pilih lembaga pelatihan yang memberikan program training yang baik, trainer yang professional dan testimoni yang baik dari para pengguna jasa lembaga pelatihan tersebut.

  1. Bagaimana Silabusnya

Mintalah dan pelajari silabus pelatihan yang diberikan oleh lembaga pelatihan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Siapa Trainer & Kliennya

Sebuah lembaga pelatihan yang berkualitas biasanya memiliki website resmi yang memajang nama-nama trainernya. Pelajari rekam jejak para trainer tersebut.

Yang tak kalah pentingnya adalah, siapa saja perusahaan yang pernah menjadi klien lembaga pelatihan itu. Jika ada perusahaan multinasional atau institusi ternama yang pernah menjadi kliennya, maka dapat dipastikan bahwa lembaga pelatihan tersebut berkualitas.

Keberhasilan sebuah pelatihan dapat dilihat dari dampak dan perusahaan yang positif bagi karyawan yang mengikutinya. Hal ini hanya bisa diberikan oleh para trainer andal yang memang berpengalaman di bidangnya.

Hal itulah yang sangat disadari oleh Presenta Edu. Sebagai lembaga pelatihan yang juga menyediakan training for trainer, Presenta Edu sangat concern terhadap kebutuhan para trainer in house bagi sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, pada training for trainer, Presenta Edu akan memberikan materi training yang mudah dipahami, yang tidak akan membuat para peserta training menjadi cepat bosan, serta materi yang dapat langsung diaplikasikan. []



Submit a Comment

Your email address will not be published.