0811-1880-84 support@presenta.co.id

Mengenal Aplikasi Canva: Manfaat Fitur dan Cara Penggunaannya Untuk Semua Kebutuhan Desain Kita

Saat ini, siapa yang tidak kenal Canva? Canva adalah tools berupa aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan pembuatan desain grafis dengan mudah, yang bisa pula digunakan secara gratis.

Keunggulan aplikasi Canva adalah memberikan kemudahan bagi kita untuk berkreasi,walau tidak memiliki latar belakang pendidikan desain.

Saat diminta untuk membuat materi presentasi, kita sering bingung, karena selain harus membuat materi presentasi yang menarik, masih harus pula memikirkan untuk membuat slide yang juga menarik.

Itulah salah satu manfaat aplikasi Canva, karena dapat membantu kita membuat slide presentasi yang menarik.

Tidak hanya untuk membuat slide, fitur-fitur unggulan Canva juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Misalnya untuk membuat logo, konten media sosial, website, sampai untuk membuat blog dan vlog yang ciamik.

Memang, kalau ingin mendapatkan fitur-fitur unggulan Canva yang lebih premium, kita harus membayar. Tapi, dengan memakai fitur yang gratis pun, kita sudah bisa berkreasi untuk aneka kepentingan, seperti:

  • Membuat desain dengan menggunakan template yang sudah disediakan
  • Menambahkan teks atau gambar pada desain yang dibuat, dengan jenis dan ukuran font yang bisa dipilih
  • Hasil desain bisa kita simpan secara online
  • Mudah menggunakannya

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi dan Fitur-fitur Unggulan Canva

tutorial menggunakan canva untuk pemula

Enaknya lagi, fitur-fitur unggulan Canva dapat digunakan baik di ponsel, maupun di komputer atau laptop. Kita hanya perlu mengunduhnya, lalu melakukan registrasi untuk membuat akun.

Setelah memiliki akun, maka kita sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut. Di menu awal, kita bisa memilih berbagai desain yang kita perlukan. Kita bisa membuat slide presentasi, logo, kartu, atau banner.

Tapi, kalau kita ingin membuat desain sendiri, fitur-fitur unggulan Canva juga memberikan kemudahan.

Kita tinggal membuat desain baru dengan template yang polos, atau masuk ke kolom pencarian. Di template polos itu, kita bisa menambahkan gambar, teks, memberikan efek, sampai mengubah warna dan menggunakan animasi.

Kalau kita menggunakan Canva Pro dan Enterprise, alias yang berbayar, kita akan mendapatkan  lebih banyak pilihan fitur-fitur unggulan Canva. Desain karya kita juga bisa diberi tanda air atau watermark.

Kalau kita sudah menyelesaikan desain  yang kita butuhkan, kita bisa menyimpannya dalam berbagai format, seperti jpg, pdf, atau png. Kita juga bisa membagikan hasil desain kita dengan pengguna lain, jika ingin diedit bersama-sama.

Keren, kan?

Aplikasi Canva ini dapat digunakan oleh banyak orang, termasuk para pemilik UMKM yang ingin mendesain sendiri logonya, untuk menghemat produksi. Canva juga menyediakan tools gratis bagi pengguna dari kalangan organisasi nirlaba dan pendidikan.

Mengapa Kita Harus Mencoba Canva?

Mengenal Aplikasi Canva: Manfaat Fitur dan Cara Penggunaannya Untuk Semua Kebutuhan Desain Kita 1

Karena itu adalah aplikasi desain yang sangat mudah digunakan, adalah alasan utama mengapa kita harus mencoba Canva.

Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat yang menjadi alasan mengapa kita harus mencoba Canva, seperti:

  1. Memberikan akses ke gambar, template dan video yang siap pakai

Semua ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan tugas kuliah, pekerjaan, membuat konten, sampai membuat banner Facebook, thumbnail YouTube, dan lain-lain.

  1. Menyediakan filter foto

Agar foto yang akan kita gunakan lebih menarik, ada beberapa fitur editing yang bisa digunakan di aplikasi Canva.

  1. Memberikan akses ke banyak elemen desain

Desain yang oke membutuhkan banyak elemen, seperti ilustrasi, stiker, atau vector. Semua itu disediakan oleh aplikasi Canva.

  1. Menggunakan fitur drag and drop

Maksudnya, aplikasi Canva ini sangat mudah digunakan. Kita tinggal mencari elemen desain yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian digeser ke desain kita dengan mudah.

Kita juga bisa mengubah warna elemen desain itu, juga memperbesar atau memperkecil ukuran font-nya dengan mudah.

  1. User friendly

Inilah keunggulan Canva, sangat mudah digunakan, bahkan oleh kita yang mungkin sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang desain sama sekali.

Canva menyediakan banyak tombol yang dapat dipilih, juga navigasi yang praktis. Kita hanya perlu waktu sedikit waktu untuk mempelajarinya.

Itulah sedikit wawasan mengenai mengapa kita harus mencoba Canva.

Dengan Canva, mereka yang tidak memiliki cukup banyak dana untuk menggunakan jasa desainer professional, akan sangat terbantu. Selain itu, Canva juga dapat membantu banyak orang untuk menjadi lebih kreatif.

 





Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *