(021) 4016 1717 support@presenta.co.id

Pentingnya Pelatihan Online bagi Karyawan dan Keuntungannya bagi Perusahaan

Pelatihan bagi karyawan merupakan bagian penting dalam perjalanan karir karyawan. Perusahaan sering berpikir, pelatihan hanya perlu diberikan kepada karyawan di awal mereka mulai bekerja saja, padahal pelatihan merupakan proses berkelanjutan dan harus dilakukan secara terus menerus.

Tahukah Anda, sebanyak 84 persen dari perusahaan berkinerja terbaik di dunia memperoleh pelatihan yang memenuhi kebutuhan mereka? Pelatihan bagi karyawan memang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, jika dikelola secara benar.

Saat bisnis dan lingkungan kerja semakin kompetitif, pelatihan bagi karyawan menjadi solusi yang tepat. Namun untuk banyak perusahaan, memberikan pelatihan tatap muka secara berkelanjutan menjadi tantangan tersendiri. Di sinilah muncul kebutuhan akan pelatihan online bagi karyawan.

Pentingnya Pelatihan Online bagi Karyawan dan Keuntungannya bagi Perusahaan 1

Pelatihan online bagi karyawan adalah sebuah metode pelatihan berbasis internet. Tekniknya bisa macam-macam, rekaman audio dan video, presentasi, kuis, survei, permainan, kelompok diskusi, dan sebagainya.

Keuntungan utama dari metodologi pelatihan online bagi karyawan dibandingkan dengan metode pelatihan offline atau konvensional adalah menghemat banyak waktu dan uang.

Pelatihan online bagi karyawan juga menghilangkan kendala jarak. Karyawan dapat mengikuti pelatihan online dari lokasi terpencil dengan cara yang tetap konsisten dan terstruktur.

Lewat pelatihan online bagi karyawan, perusahaan dapat dengan mudah menjadwalkannya di antara agenda utama karyawan. Dengan demikian, ini menjadi semacam win-win solution bagi perusahaan dan karyawan. 

Aksesibilitas pelatihan online bagi karyawan pun lebih mudah dan jangkauannya lebih luas daripada pelatihan offline.

Pelatihan online bagi karyawan yang tepat mempersiapkan mereka untuk memenuhi tujuan dan tantangan pekerjaan. Karyawan perlu mengikuti perkembangan ide, inovasi, dan teknologi, dan ini semua bisa dipenuhi lewat pelatihan online.

Banyak keuntungan yang didapat dari memberikan pelatihan online bagi karyawan. Beberapa yang utama di antaranya adalah:

1. Efektivitas dalam pengeluaran biaya

Kita semua mengakui, program pelatihan offline adalah kegiatan yang mahal, baik dari segi biaya, tenaga, dan waktu. Mulai dari memilih tempat pelatihan, biaya perjalanan atau transportasi, akomodasi, logistik, dan sebagainya, semua menanggung biaya tinggi.

Belum lagi menghitung biaya yang keluar dari menghitung waktu karyawan yang tidak bekerja karena harus mengikuti pelatihan. Lalu trainernya. Selain biaya untuk menyewa jasanya, perusahaan juga perlu memikirkan biaya transportasi dan akomodasinya. 

Seringkali juga menjadi sulit untuk memastikan semua karyawan berpartisipasi selama periode pelatihan.

Sebuah majalah yang mengulas seputar pelatihan pernah menulis, perusahaan dapat menghemat 80 persen dari biaya pencetakan materi pelatihan dengan menggelar pelatihan online

Pelatihan online bagi karyawan tidak mengeluarkan biaya untuk poin-poin di atas dan kalaupun ada, tidak setinggi biaya yang harus dikeluarkan ketika menggelar pelatihan offline. Pelatihan online terbukti menjadi solusi yang lebih ekonomis.

2. Program pelatihan online bagi karyawan dapat dibuat khusus atau menyesuaikan dengan kebutuhan karyawan

Metodologi pelatihan online bagi karyawan telah berkembang pesat belakangan ini.

Salah satu keuntungan paling signifikan dari pelatihan online bagi karyawan adalah perusahaan dapat memilih pelatihan online yang telah dipesan lebih dahulu untuk melatih karyawan dan menyesuaikan kontennya dengan kebutuhan dan preferensi unik perusahaan.

Pelatihan online bagi karyawan yang diimplementasikan secara efektif memungkinkan karyawan memiliki keterampilan khusus pascapelatihan, yang kemudian akan membawa perusahaan lebih dekat kepada tujuan bisnisnya.

3. Program pembelajarannya terkini

Praktik, teknologi, dan metode di tempat kerja terus berkembang. Dengan pelatihan online bagi karyawan, mereka mengetahui praktik terbaru dan terbaik. Karyawan juga menjadi sadar akan perkembangan global dan tren pasar, serta belajar menerapkan praktik terbaik.

Dalam hal menghasilkan penggunaan sumberdaya, peralatan, dan teknologi yang optimal, pelatihan online bagi karyawan juga membantu dalam pembelajaran yang sistematis dan terstruktur bagi karyawan.

4. Fleksibel

Keuntungan utama lainnya dari pelatihan online bagi karyawan dibandingkan dengan pelatihan offline atau konvensional adalah soal fleksibilitas.

Kegiatan pelatihan akan jadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan bagi karyawan ketika mereka dapat belajar dengan kecepatan yang mereka sukai.

Perusahaan dapat menawarkan kepada karyawannya pelatihan online yang dapat mereka selesaikan dalam periode tertentu. Tawaran ini memberikan mereka kebebasan dan fleksibilitas untuk mengambil pelatihan online yang sesuai dengan agenda mereka.

Jika jadwal pelatihan online bagi karyawan ini cocok dan dapat diselipkan di antara kesibukan mereka yang lain, hal ini dapat memastikan mereka mempertahankan keajegan mengikuti pelatihan dan mengingat konten pelatihan untuk waktu yang lebih lama.

5. Pendekatan interaktif dan kolaboratif

Desain responsif dari sebagian besar platform pelatihan online bagi karyawan adalah mereka menawarkan pendekatan pembelajaran yang sangat interaktif.

Peserta pelatihan online dapat berinteraksi dengan trainer mereka melalui webinar atau platform diskusi lainnya.

Selain itu, karyawan yang tertarik juga dapat terlibat dalam diskusi, berbagi pengetahuan, ide, dan pendapat di antara para peserta pelatihan online itu sendiri, dan meningkatkan keterampilan mereka.

Karyawan dipandu dalam setiap langkah pelatihan online dan topik disajikan dalam format yang disederhanakan, serta mudah dipahami. Kelas dalam pelatihan online bagi karyawan juga digabungkan dengan kuis dan latihan, memastikan umpan balik yang tepat waktu.

6. Gamifikasi

Gamifikasi adalah cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan keterlibatan karyawan milenial. Gamifikasi dalam pelatihan online bagi karyawan memudahkan penggabungan elemen permainan seperti skor, papan peringkat, dan insentif.

Gamifikasi menjadi cara terbaik untuk membuat kegiatan pelatihan lebih menyenangkan dan menarik. 

Karyawan mungkin kurang memiliki semangat dan motivasi untuk terlibat dalam program pelatihan online bagi karyawan secara aktif. Gamifikasi membangkitkan inspirasi dan mendorong munculnya hasil pelatihan yang lebih besar. 

Manfaat lain dari gamifikasi dalam pelatihan online bagi karyawan adalah membantu para pesertanya dalam menilai kekuatan dan kelemahan mereka sendiri.

7. Laporan dan analisis

Laporan dan analisis yang kuat dari program pelatihan online bagi karyawan menghadirkan keuntungan besar bagi perusahaan. Manajemen perusahaan dapat mengukur keberhasilan, partisipasi, konsistensi, dan efektivitas program pelatihan online

Jika semuanya terukur dan bisa dianalisis, hal ini sangat membantu dalam menciptakan kebijakan, pelatihan, ide, dan konsep baru untuk masa depan perusahaan.

Memilih platform atau program pelatihan online yang cocok untuk perusahaan

Pelatihan online bagi karyawan terbukti semakin populer. Perusahaan memiliki banyak pilihan untuk memilih program pelatihan online terbaik bagi karyawan mereka.

Namun, memilih program yang tepat, cukup menantang untuk keberhasilan strategi pelatihan online bagi karyawan Anda.

Beberapa poin yang perlu diingat saat memilih program pelatihan online antara lain:

1. Pelatihan online bagi karyawan memiliki platform dengan teknologi yang tepat dan sesuai dengan tujuan, serta persyaratan perusahaan;

2. Program pelatihan online bagi karyawan harus dapat memfasilitasi pengembangan pribadi karyawan dalam prosesnya;

3. Program pelatihan online bagi karyawan memiliki fitur yang mendukung skalabilitas dan keberhasilan metode pelatihan;

4. Program pelatihan online bagi karyawan harus memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan;

5. Mencari tahu kinerja penyedia program pelatihan online bagi karyawan di masa lalu dan ulasan penggunanya.

Keterbatasan pelatihan online bagi karyawan

Baiklah, kita sudah menyimak pentingnya memberikan pelatihan online bagi karyawan dan keuntungannya bagi perusahaan. Namun perlu diperhatikan pula pelatihan online bagi karyawan memiliki keterbatasan.

Keterbatasan-keterbatasan pelatihan online bagi karyawan itu antara lain:

1. Pelatihan online bagi karyawan sangat bergantung pada teknologi, sehingga koneksi internet yang lambat dapat menjadi kendala dalam proses pelatihan;

2. Peserta pelatihan online bagi karyawan juga harus menguasai penggunaan teknologi, mulai dari hal dasar seperti membuka dan menutup file, menavigasi situs web, sampai menggunakan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam pelatihan online

2. Karyawan yang tidak atau kurang termotivasi/antusias mungkin akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi dalam pelatihan online bagi karyawan;

3. Beberapa program pelatihan online bagi karyawan bisa menjadi sulit untuk diajarkan, tanpa adanya pendekatan langsung secara tradisional;

4. Kurangnya interaksi tatap muka dan kurangnya interaksi dengan trainer dapat menyebabkan jatuhnya semangat atau antusiasme peserta pelatihan online bagi karyawan.

Sekali lagi, pelatihan online bagi karyawan tidak hanya menghemat uang perusahaan Anda, dibandingkan dengan pelatihan tatap muka, tetapi juga banyak keuntungan lain.

Pelatihan online bagi karyawan memberikan manfaat nyata bagi pengembangan diri mereka. Beberapa manfaat melekat dalam semua program pelatihan online bagi karyawan, namun penting juga untuk mencari fitur spesifik yang memberikan pendekatan yang dipersonalisasi.

Jadi apa intinya? Carilah pelatihan online bagi karyawan yang memberikan pengalaman pelatihan dan pengembangan yang praktis dan personal.

Pelatihan online harus berpusat pada karyawan dan dilakukan pada waktu, tempat, dan kecepatan mereka, bukan perusahaan. Pertimbangkan ini untuk memperoleh keuntungan bagi kedua belah pihak secara maksimal. (*)



Submit a Comment

Your email address will not be published.