Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Presentasi bisnis adalah presentasi yang dilakukan untuk kegiatan bisnis. Presentasi bisnis ini biasanyanya dilakukan untuk memperkenalkan suatu produk, mempromosikan produk, atau mengusulkan dilakukannya pengembangan produk atau bisnis.

Manfaat diadakannya presentasi bisnis adalah untuk mengembangkan bisnis, yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan tambahan keuntungan kepada perusahaan.

Karena itulah, presentasi bisnis harus dipersiapkan dengan matang. Tidaklah mengherankan karena kini banyak perusahaan yang mengikutsertakan karyawannya untuk mengikuti pelatihan presentasi bisnis. Diharapkan, para karyawan itu dapat melakukan presentasi bisnis yang efektif dan efisien, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Bisa menghasilkan seorang presenter bisnis yang andal adalah tujuan dari lembaga pelatihan presentasi bisnis terbaik di Indonesia. Rekam jejak lembaga pelatihan inilah yang harus menjadi pertimbangan ketika perusahaan memilih penyelenggara pelatihan presentasi bisnis bagi para karyawannya.

Secara spesifik, tujuan presentasi bisnis dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Untuk memberikan informasi bisnis kepada khalayak

manfaat presentasi bisnis_art

Informasi bisnis ini dapat berupa informasi mengenai produk baru, pengembangan produk, atau hal-hal penting lainnya seputar bisnis.

Karena itu, presentasi bisnis haruslah disampaikan dengan menarik, tidak membosankan, mudah dipahami, enak didengar dan tidak bertele-tele.

2. Memberikan hiburan

menjadikan presentasi bisnis menarik_art

Sebuah presentasi yang tidak menghibur, tidak bisa dikatakan sebagai presentasi yang memukau. Presentasi yang tidak menghibur tidak akan efektif. Audiens yang cenderung bosan justru tidak akan menyimak isi presentasi dengan baik. Akibatnya, mereka tidak akan ingat pada materi presentasi yang disampaikan.

Ini bukan berarti harus menyewa band terkenal di acara presentasi. Hiburan cukup melalui si presenter. Misalnya dengan jokes, video pendek yang selaras dengan materi presentasi yang disampaikan, atau dengan gaya bicara yang menarik dan tidak membosankan.

3. Menyentuh sisi emosi audiens

cara menggugah emosi audiens ketika presentasi_art

Menyentuh sisi emosi di sini maksudnya bukan membuat audiens menangis saat mendengarkan pemaparan presentasi. Emosi audiens bisa tersentuh jika isi presentasi berhubungan dengan pengalaman mereka. Mungkin audiens pernah merasakan betapa tidak enaknya harus hidup tanpa gawai yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat ada presentasi bisnis mengenai produk baru yang bisa memenuhi kebutuhan mereka, yang dibawakan dengan narasi yang menyentuh pengalaman mereka, tentu emosi audiens akan langsung tersentuh dan menyimak presentasi dengan lebih serius.

4. Memberikan motivasi pada audiens

teknik presentasi bisnis yang baik_art

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, ketika emosi audiens sudah tersentuh, audiens bisa langsung tergerak untuk membeli produk baru yang dipresentasikan itu. Apalagi jika pemaparan si presenter terdengar begitu meyakinkan.

Ketika presenter bisa meyakinkan audiensnya untuk bertindak sesuai dengan harapan, itu artinya presentasi berjalan dengan efektif dan berhasil.

Tips Untuk Presentasi Bisnis yang Efektif

pelatihan online presentasi bisnis_art

Menyajikan presentasi bisnis memang tidak mudah . Trainer presentasi bisnis harus memberikan materi yang mudah dimengerti dan dipahami oleh para peserta training.

Ada beberapa trik yang akan diajarkan oleh para trainer. Pada umumnya, ketujuh tips untuk presentasi bisnis inilah yang akan diberikan oleh para trainer dari lembaga pelatihan yang terbaik di Indonesia:

  • Menunjukkan kredibilitas

Rasa tidak percaya diri kadang-kadang bisa menyembunyikan kemampuan seseorang. Untuk itulah, para trainer harus bisa membantu para peserta pelatihan untuk memiliki rasa percaya diri yang cukup. Dengan rasa percaya diri yang cukup, maka kredibilitas seseorang dapat semakin terlihat.

· Menggunakan teknik bercerita

Presentasi akan semakin menarik jika presenter mampu membawakannya dengan gaya storytelling atau dengan teknik bercerita. Bercerita dapat memberikan makna yang lebih pada apa yang disampaikan saat presentasi, karena cerita dapat membantu menyentuh emosi para audiens.

  • Memiliki gaya sendiri

Seorang presenter boleh memiliki presenter lain sebagai panutan. Tapi, seorang presenter harus memiliki gayanya sendiri. Seseorang yang bicara dengan gayanya sendiri akan lebih memiliki daya tarik. Daya tarik itu muncul karena keunikannya.

Seorang trainer presentasi bisnis yang andal tentu dapat memberikan saran pada peserta pelatihannya untuk bisa memiliki gayanya sendiri saat menyampaikan presentasi.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
  • Berani bereksplorasi

Tujuan utama presentasi bisnis adalah ‘menjual’, Untuk itu, dibutuhkan ketekunan dan kreativitas untuk bisa mendapatkan cara-cara lain yang mampu menarik perhatian para audiens.

  • Pusatkan perhatian pada tiga hal penting

Materi presentasi pasti terdiri dari beberapa hal yang penting. Pilihlah tiga poin paling penting untuk menjadi penekanan saat pemaparan presentasi bisnis. Dengan memusatkan perhatian pada tiga poin penting ini, presenter dapat lebih fokus ketika mempersiapkan materi. Selain itu, audiens akan lebih mudah untuk mengingatnya.

  • Gunakan ilmu retorika

Pada akhirnya, inti dari setiap presentasi adalah membuat audiens setuju dengan pemaparan si presenter. Untuk itu, si presenter memang harus bisa menyampaikan hal-hal yang tidak bisa ditolak oleh para audiens, khususnya yang berhubungan dengan materi presentasi yang disampaikan.

  • Siap dengan semua pertanyan

Setiap presentasi sebaiknya memiliki sesi tanya-jawab. Pada sesi ini, presenter harus siap dengan semua pertanyaan dari para audiens. Presenter bisa mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sudah diperkirakan sebelumnya. Presenter juga harus punya strategi ketika ada pertanyaan yang tidak bisa langsung dijawab.

Mencari tempat pelatihan presentasi bisnis yang terbaik memang susah-susah gampang. Dibutuhkan ketelitian dan ketekunan saat sedang mencari informasi dan rekam jejak dari sebuah lembaga pelatihan.

Lembaga pelatihan yang terbaik akan memberikan informasi selengkap dan sedetail mungkin mengenai pelatihan presentasi bisnis yang mereka adakan.(*)