Essential Skills for Leader
Program Training Leadership Terbaik buat Supervisor & Manager Indonesia
Jadikan Supervisor & Manager Organisasi Anda Menjadi Leader yang Kuat!
Essential Skills
for Leader
Program Training Leadership Terbaik buat Supervisor & Manager Indonesia
Jadikan Supervisor & Manager Organisasi Anda Menjadi Leader yang Kuat!
Ciptakan supervisor & line manager andal di perusahaan Anda!
Apa itu leadership? Secara harfiah arti dan pengertian leadership adalah kepemimpinan.
Sedangkan definisi leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi dan membimbing pengikut atau anggota tim.
Leadership merupakan satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain dalam organisasi guna mencapai tujuan yang ditetapkan.
Kebanyakan supervisor dan manager baru di Indonesia belum pernah mengikuti training leadership skill secara khusus dalam rangka menjalani fungsi dan peran kepemimpinan ini.
Padahal kapasitas skill kepemimpinan supervisor dan manajer lini ini harus terus dibina dan dikembangkan.
Karena sebetulnya tidak ada supervisor dan manajer yang langsung terlahir sebagai pemimpin yang efektif.
Pemimpin yang efektif tidak dilahirkan, mereka dibentuk..
Seorang individual contributor yang sukses belum tentu dapat menjadi pemimpin tim yang efektif.
Kompetensi mereka sebagai kontributor individu belum tentu membantu banyak dalam peran kepemimpinan baru mereka.
Mereka membutuhkan skill praktis leadership yang sesuai dengan konteks yang dihadapi agar dapat bertahan menghadapi berbagai tantangan operasional dan manajerial.
Anda dan tim harus membekali mereka dengan skill leadership dan kepemimpinan yang baik dan memadai.
Leadership skill set yang akan sangat membantu mereka memimpin dan mengelola tim dengan sukses.
Apa tantangan supervisor/ manager di organisasi Anda?
Dalam kesempatan training di berbagai klien lintas perusahaan dan industri, kami menemukan beberapa tantangan seputar kepemimimpinan yang dihadapi peserta.
Beberapa tantangan yang sering dihadapi dalam mengelola tim tersebut adalah:
Tantangan supervisor/ manager baru:
- Bawahan kurang disiplin, sulit diatur ✔️
- Bawahan lebih senior, jauh berpengalaman ✔️
- Tugas, tanggung jawab kurang jelas ✔️
- Bingung membagi tugas dan delegasi ✔️
- Sulit untuk kordinasi dan monitoring ✔️
- Kurangnya motivasi diri & mental positif ✔️
- Komunikasi buruk, hubungan renggang ✔️
- Sarana prasarana kurang menunjang ✔️
- Kompensasi dirasa kurang memadai ✔️
- Pengembangan karyawan jarang ✔️
- Problem solving & decision making lambat ✔️
- Kolega selevel kurang koperatif ✔️
- Atasan agresif dan kurang suportif ✔️
- Tidak pernah belajar khusus skill leadership ✔️
- Tidak tahu cara mengembangkan tim kerja ✔️
Intinya, memimpin dan mengelola tim dengan efektif masih menjadi tantangan banyak supervisor dan manajer lini di Indonesia.
Bekali leader dan calon leader organisasi Anda dengan training leadership yang solid..
Pelatihan leadership yang praktis dengan materi sederhana, gampang diingat dan mudah dipraktikkan.
Training kepemimpinan yang materinya relevan dan mudah diaplikasikan dalam lingkungan kerja maupun personal.
Training leadership interaktif yang akan memberikan kepercayaan diri dan keterampilan untuk berhasil dalam peran sebagai supervisor dan manager.
Program pelatihan leadership yang meningkatkan efektivitas sebagai pribadi dan sebagai pemimpin tim.
Pelatihan kepemimpinan yang akan mempersiapkan para leader high potensial untuk mengatasi tantangan dunia nyata sehari-hari.
Perkenankan kami membantu Anda dan tim..
Sejak tahun 2016, kami telah membuat berbagai leadership development program untuk berbagai perusahaan dan lembaga di Indonesia.
Workshop leadership praktis yang terbukti mampu meningkatkan keterampilan leadership pesertanya beberapa level lebih tinggi.
Inilah Training Essential Skills for Leader. Kelas leadership training program buat future leader terbaik di Indonesia.
ESSENTIAL SKILLS for LEADER
training kepemimpinan buat supervisor & manager
Ini adalah leadership development program training berdurasi 2 hari yang didesain untuk membantu para supervisor dan manajer memimpin tim kerja dengan baik dan efektif.
Kuasai supervisory skill praktis yang aplikatif untuk mengelola tim dengan benar, dipandu trainer praktisi yang kaya dengan pengalaman real world yang nyata dan relevan.
Training managerial & supervisory skills ini akan berfokus meningkatkan keterampilan kepemimpinan peserta ke level lebih tinggi untuk menghadapi berbagai tantangan pekerjaan day to day dan organisasi secara umum.
Training Essential Skills for Leader adalah adalah pelatihan kepemimpinan 2 hari yang dibuat agar peserta bisa menguasai beberapa keterampilan supervisory skills.
Leadership development program ini berusaha mengembangkan kompetensi dan skills kepemimpinan seseorang sesuai kompleksitas pekerjaan dan jabatan.
Pelatihan leadership ini dirancang untuk membekali para leader bertransformasi dari seorang staf menjadi seorang tim leader yang mampu menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan operasional sehari-hari.
Dalam training leadership ini peserta akan belajar:
Memahami peran leader dan bagaimana memotivasi anggota tim agar mencapai hasil terbaik
Menyusun target pekerjaan, membagi dan mendelegasikan tugas secara tepat
Membangun komunikasi untuk merekatkan, mengarahkan dan mengembangkan tim
Dalam leadership training program terbaru ini peserta akan belajar dan memahami peran kepemimpinan seorang supervisor dan manajer dalam lingkup pribadi, tim dan organisasi.
Dari pengalaman beberapa kali mengikuti training leadership, Presenta adalah yang paling rileks, mudah dimengerti dan sangat aplicable.
Yohanes Adi Saputro, TCH.HEADTECH, PT BETTS INDONESIA – ALBEA INDONESIA
Silabus Training Leadership
Dalam 8 sesi selama 2 hari training peserta akan belajar dengan materi pelatihan kepemimpinan sebagai berikut:
Hari Ke-1
Sesi 1: Memahami Peran Leader Dalam
Organisasi
- Fungsi dan peran leader dalam organisasi
- Ciri leader yang efektif
- Prinsip-prinsip dasar leadership yang perlu dipahami seorang pemimpin
- Personal leadership vs team leadership
- Transformasi leader dari seorang staf menjadi pemimpin tim
Sesi 2: Membagi Tugas Secara Tepat dan
Efektif untuk Keberhasilan Tim
- Mengapa orang tidak mau melakukan delegasi?
- Mengidentifikasi pekerjaan yang dapat
didelegasi - Cara melakukan delegasi dengan baik dan efektif sehingga hasil yang dicapai maksimal
- Cara memberikan umpan balik (feedback) yang menumbuhkan percaya diri dan semangat kerja
Sesi 3: Memotivasi Anggota Tim Agar
Semangat Mencapai Hasil Terbaik
- Memahami arti motivasi dan dampaknya
- Mengidentifikasi faktor-faktor penumbu motivasi seseorang dalam bekerja
- Cara memotivasi orang dengan karakter berbeda
- Cara memberikan apresiasi, koreksi dan teguran yang membangun
Sesi 4: Menyusun Target Pekerjaan dan
Pengembangan Tim
- Menyelaraskan target pribadi dan target organisasi
- Konsep KPI & SMART dalam penyusunan target pekerjaan
- Menyusun target tim dengan SMART beserta KPI sederhana dan prioritasnya
- Proses monitoring & controlling target tim yang baik
Hari Ke-2
Sesi 1: Mengenali Karakteristik Diri dan
Orang Lain dalam Berkomunikasi
- Masalah yang sering dihadapi ketika berkomunikasi (diskusi & sharing)
- Mengenali keberagaman karakter anggota tim
- Memahami dan mengatasi perbedaan gaya komunikasi (Agresif-Asertif-Pasif)
- Menjadi leader dan komunikator yang asertif
Sesi 2: LISTENING – Skill Komunikasi
Terpenting yang Sering Dilupakan
- Mengapa kita adalah pendengar yang buruk
- Teknik mendengarkan yang efektif
- Cara klarifikasi, menggali dan bertanya dalam mendengar
- Praktek teknik effective listening skill
Sesi 3: Membangun Komunikasi untuk
Merekatkan dan Mengarahkan Tim
- Rahasia komunikasi yang runtut dan sistematis untuk mengurangi salah paham dan miskomunikasi
- Mengelola emosi dan pola komunikasi positif untuk membangun suasana kerja yang kompak dan harmonis
- Cara membuat orang mengikuti apa yang Anda inginkan
Sesi 4: Role Play, Menghadapi Situasi/ Orang
Sulit dalam Dunia Kerja
- Cara menghadapi bawahan yang sedang marah dan kesal
- Cara mengatasi penolakan dan mencegah konflik antar anggota tim
- Cara merangkul rekan kerja yang senior dan berpengalaman
Training yang seru!!
Sama sekali tidak bosan dan tidak jenuh. Energinya tersampaikan dengan baik
Materi sesuai judul, semua hal essential dijelaskan dengan baik dan jelas. Sangat applicable untuk pekerjaan maupun di luar dunia kerja.
Deanda Haniyah, Asst. Manager Procurement NPI, UOI
Trainer Leadership Skills Terbaik Indonesia Buat Anda dan Tim
Muhammad Noer
Muhammad Noer adalah pendiri Presenta sekaligus master trainer untuk training utama di Presenta. Pengasuh website presentasi terbesar di Indonesia (presentasi.net) dan penulis buku ‘Presentasi Memukau’ yang menjadi referensi ribuan profesional di Indonesia.
Memiliki latar belakang Marketing dan Human Resources dengan sertifikasi internasional dari CIPD, UK. Dengan karir 11 tahun di Unilever, dia memiliki pengalaman luas di bidang bisnis dan organisasi lintas negara.
Muhammad Noer adalah pembicara di TEDx Jakarta, sebuah forum yang menampilkan pembicara inspiratif Indonesia dari berbagai bidang keahlian.
Prayoga Wiradisuria
Prayoga Wiradisuria memiliki pengalaman sebagai HR di Unilever dan Management Consultant di McKinsey & Company menangani klien lintas industri dan berbagai fungsi manajemen.
Beberapa pencapaiannya antara lain:
- Membangun operation excellence model and indicators untuk sebuah retail bank
- Memimpin tim Open Government Indonesia untuk mereformasi birokrasi pemerintah melalui pilar transparansi, partisipasi, dan inovasi
- Formulasi strategi market entry ke Asia Tenggara untuk sebuah global automaker company
- Implementasi knowledge management untuk sebuah multinational consumer goods company
Rudy Afandi
Rudy Afandi berpengalaman lebih dari 20 tahun di berbagai bidang Human Resource di berbagai perusahaan dan di beberapa negara ( India, Saudi Arabia dan Singapore) serta lebih dari 10 tahun menjabat posisi HR Director di Unilever, General Electric serta terakhir sebagai Chief of Human Capital Officer PT XL Axiata Tbk.
Rudy memberi banyak seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan Leadership / Supervisory, Talent Management, Organization Transformation serta Pengembangan Karir.
Rudy juga merupakan professional coach yang mendapatkan sertifikasi dari International Coach Federation (ICF).
Laksmi Tobing
Laksmi Tobing memiliki pengalaman 30 tahun di Unilever mulai dari Management Trainee sampai menjadi HR Director untuk beberapa fungsi antara lain: Marketing, R&D, Consumer Insight, Corporate Functions.
Dia juga pernah menjadi Head of Corporate Learning Unilever dan membawa Unilever Indonesia memenangkan MAKE Award (Most Admired Knowledge Enterprise) tingkat Indonesia dan Asia selama beberapa tahun berturut-turut.
Laksmi Tobing dikenal sebagai fasilitator dan Certified Coach. Dia juga mengajar 7 Habits of Highly Effective People buat banyak perusahaan dan lembaga di Indonesia.
Luarr biasa. Kualitas training sangat baik dan memuaskan. Materi yang disampaikan juga menarik, jadi sangat efektif.
Ditambah trainer-trainer dengan segudang pengalaman membuat saya termotivasi untuk menjadi seperti mereka.
Bima S. Wiratama, Area, Head Office, Indomaret
Metode Pelatihan Leadership Interaktif, Insightful dan Berkesan
Kami memadukan kombinasi yang tepat antara teori dan praktik untuk menjamin proses transfer knowledge dan kompetensi saat pelatihan optimal.
Training leadership ini akan diselenggarakan dengan kombinasi metode:
Presentasi & Pemaparan
Diskusi Kelompok & Sharing
Studi Kasus & Penugasan
Demontrasi & Games Seru
Praktik Komunikasi Langsung
Presenta juga mengadopsi metode experiential learning terkini untuk memastikan semua pelatihan kepemimpinan dan leadership, baik tatap muka maupun training leadership online menjadi sangat interaktif, insightful dan berkesan.
Dapatkan juga pengalaman training online yang keren dan berbeda..
Saat ini banyak perusahaan dan organisasi mengubah program training dan pelatihan menjadi online.
Presenta merupakan pelopor pelatihan online dengan sistem broadcasting OBS Streamlabs dan live streaming melalui Youtube di Indonesia sejak permulaan pandemi Covid-19 tahun 2020.
Leadership training online yang kami selenggarakan dari Jakarta ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain:
Desain Pelatihan Online Terkini
Trainer Praktisi Berpengalaman
Teknologi & Alat Mumpuni
Fasilitator Online Interaktif
Training leadership dengan materi yang menarik namun disampaikan dengan sederhana dan mudah dipahami dan relevan dengan kebutuhan di lingkup pekerjaan yang akan dijalani.
Zahra Lutfiah Safitri, Management Trainee – PT Mandiri Tunas Finance
Hadirkan training leadership yang praktis, relevan dan mudah diaplikasikan dalam dunia nyata..
Training Leadership
Indonesia
Training Leadership
Jakarta
Trainer Leadership
Indonesia
Trainer Leadership
Jakarta
Pelatihan Kepemimpinan Online
Indonesia
Training Kepemimpinan Online
Jakarta
Materi Training Online
Leadership
Materi Pelatihan Online
Leadership
Pelatihan Kepemimpinan
yang Baik
Pelatihan Kepemimpinan
yang Efektif
Training Essential Skills
for Supervisor
Training Essential Skills
for Leader
Training Leadership untuk
Supervisor & Manager
Pelatihan Leadership untuk
Supervisor & Manager
Training Effective Leadership
Indonesia
Pelatihan Effective Leadership
Jakarta
Training Managing Team Performance
Indonesia
Pelatihan Effective Leadership
Jakarta
Pelatihan Supervisory Skills
Indonesia
Training Supervisory Skills
Jakarta
Leadership Development Program
Indonesia
Program Capacity Building
Leadership
Training Leadership Offline
In House
Pelatihan Leadership Offline
In House
Training sangat bermanfaat & membuka wawasan, konten sangat aplikatif dalam menunjang pekerjaan.
Trainer sangat menguasai materi sehingga mudah dipahami & dimengerti.
Peserta sangat nyaman mengikuti training dan tidak membosankan.
Nely Efida, Kepala Unit Kamar Bayi, RS YPK Mandiri
Tingkatkan Sinergi Tim Anda yang Prima untuk Performa Organisasi Anda yang Optimal.
Sebagai provider dan vendor training Indonesia, kami menyadari bahwa kebutuhan training seputar sinergi tim di setiap perusahaan berbeda-beda.
Karena itu, kami juga siap merancang pelatihan dan training terkait topik ini dengan fokus dan titik berat materi yang berbeda-beda pula.
Presenta bekerjasama dengan kokkona hadir dengan silabus pengembangan sinergi tim yang dapat dikustomisasi berdasarkan kompleksitas tantangan yang dihadapi aneka profesi dan industri.
Materi training team synergy ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk masing-masing perusahaan dan organisasi Anda.
Pertanyaan Seputar Kepemimpinan & Leadership Skills di Indonesia
Apa itu team synergy?
Team Synergy adalah sebuah kondisi terjadinya kolaborasi dan kerjasama efektif antar anggota tim, di mana gabungan usaha seluruh anggota akan memberikan hasil yang lebih baik daripada kontribusi individual.
Team synergy yang sejati berakar dari kualitas masing-masing anggota tim-nya, termasuk regulasi diri, self-reliance dan self-sustainability.
Program Team Synergy Training menggarisbawahi elemen-elemen dasar ini, untuk memastikan bahwa semua peserta dapat mengatur diri mereka sendiri dengan efektif, dan dengan demikian berkontribusi positif terhadap keberhasilan team secara menyeluruh, dan di saat yang sama mencapai tujuan pribadi mereka.
Apa definisi dan pengertian leadership?
Berikut beberapa pengertian leadership:
Davis (1977)
Leadership adalah kemampuan mengajak orang lain mencapai tujuan yang telah dibuat dengan penuh semangat.
Duben (1954)
Leadership adalah merupakan aktivitas yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan dan pengambil keputusan.
G U. Cleeton dan C.W Mason (1934)
Leadership adalah kemampuan mempengaruhi orang-orang yang bertujuan mencapai hasil. Pengaruh ini diberikan melakukan imbauan emosional, cara ini dianggap lebih efektif dibanding menggunakan gaya berkuasa.
Harold Koontz (1989)
Leadership adalah pengaruh, seni, dan proses mempengaruhi orang-orang agar mereka mau berusaha mencapai tujuan kelompok dengan semangat antusias dan kemauan.
Apa contoh leadership?
- Mampu menanamkan rasa percaya diri yang kuat pada anggota tim atau bawahan
- Pandai memberikan arahan pada anggota tim untuk memiliki visi dan misi yang diinginkan
- Menjadi pribadi yang optimis baik dalam sikap maupun perkataan
- Mampu dan mau berdiri paling depan saat ada masalah yang datang
- Selalu ada saat dibutuhkan oleh anggota tim dan bawahan
- Mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi
- Bersedia untuk ikut turun ke lapangan dan bukan hanya duduk di belakang meja
- Bisa membantu anggota tim dan bawahan untuk mengembangkan potensi dirinya masing-masing
- Memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat
- Bersedia meluangkan waktu untuk meninjau dan melakukan kontrol atas kinerja anggota tim
- Membuka peluang komunikasi dan interaksi antar sesama anggota tim lainnya
Apa saja teori kepemimpinan yang ada?
Teori kepemimpinan banyak dikemukakan oleh para ahli dengan berbagai macam pengertian, berikut pengertian kepemimpinan menurut para ahli.
1. Kepemimpinan menurut Wahjosumidjo
Kepemimpinan pada hakikatnya adalah suatu hal yang melekat pada seorang pemimpin yang memiliki sifat tertentu, seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan.
Kepemimpinan dapat dikategorikan juga sebagai rangkaian kegiatan pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan serta gaya atau perilaku pemimpin itu sendiri.
2. Kepemimpinan menurut Moejiono
Kepemimpinan merupakan pengaruh satu arah, karena pemimpin bisa saja memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan pengikutnya.
Para ahli teori sukarela (compliance induction theorist) cenderung memandang kepemimpinan sebagai pemaksaan atau pendesakan pengaruh secara tidak langsung dan sarana membentuk suatu kelompok yang sesuai dengan keinginan pemimpinnya.
3. Kepemimpinan menurut Fiedler
Kepemimpinan merupakan pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap kelompok orang agar bekerja bersama demi tercapainya tujuan organisasi.
4. Kepemimpinan menurut Sondang P. Siagian
Kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menjabat suatu posisi sebagai pimpinan organisasi atau perusahaan tertentu dalam mempengaruhi orang lain, khususnya bawahan atau tim kerja lainnya demi tercapainya tujuan dengan mudah.
Apa saja fungsi kepemimpinan itu?
Dari berbagai macam pengertian kepemimpinan dari para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
1 Fungsi Instruktif
Fungsi instruktif menempatkan pemimpin sebagai pengambil keputusan dan pemberi tugas kepada anggotanya untuk menjalankan semua instruksi yang telah diberikan.
2. Fungsi Delegasi
Kepemimpinan juga memiliki fungsi delegasi, yakni memiliki arti perwakilan atau utusan dengan proses penunjukkan secara langsung maupun musyawarah. Penunjukkan ini bertujuan untuk mengutus seseorang menjadi salah satu perwakilan suatu kelompok atau lembaga.
3. Fungsi Partisipasi
Fungsi partisipasi ini menempatkan seorang pemimpin yang mampu mendorong semua anggota atau pengikutnya untuk berpartisipasi dan berinisiatif dalam suatu proyek bersama.
4. Fungsi Pengendalian
Fungsi pengendalian dalam kepemimpinan ini artinya pemimpin mampu untuk mengendalikan semua aktivitas atau pekerjaan anggotanya yang dikerjakan secara efektif guna mencapai tujuan dan tidak keluar dari aturan yang ditetapkan sebelumnya.
5. Fungsi Konsultatif
Fungsi kepemimpinan konsultatif menempatkan para anggota organisasi atau bawahan dapat melakukan konsultasi dengan pemimpinnya untuk mencari solusi terbaik dalam mencapai tujuan bersama.
Apa saja jenis-jenis kepemimpinan itu?
Beberapa jenis-jenis leadership yang secara umum sering dijumpai, antara lain:
1. Essential Leadership
Jenis leadership yang satu ini memperlihatkan sikap seorang pemimpin yang memiliki mental dan pola pikir kepemimpinan yang tepat. Selain itu, juga mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang mampu memotivasi anggota tim lainnya untuk memberikan kinerja terbaik yang mereka punya.
2. Exponential Leadership
Exponential leadership adalah suatu sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang mampu memberdayakan anggota timnya untuk membantu perkembangan bisnis yang lebih sukses di masa depan.
3. Business Leadership
Sikap yang satu ini memperlihatkan kemampuan seorang pemimpin dalam berpikir secara strategis, dan juga mampu melakukan kontrol atas jalannya proses eksekusi dalam bisnis. Tujuannya adalah agar bisa meningkatkan keuntungan usaha baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
4. Organizational Leadership
Jenis leadership yang ini menunjukkan sikap seorang pemimpin yang mampu mengelola dan merancang kembali timnya apabila diperlukan untuk meningkatkan akselerasi dalam pencapaian tujuan bisnis.
5. Team Leadership
Team leadership termasuk dalam jenis-jenis leadership yang ditunjukkan oleh seorang pemimpin dalam mengatasi berbagai tantangan dan halangan yang mungkin datang dalam proses meraih target bisnis.
Tantangan ini bukan hanya yang datang dari luar, melainkan juga yang datang dari sisi intern anggota tim, seperti permasalahan pribadi, emosi, strategi pribadi, dan sejenisnya.
Apa manfaat leadership dalam perusahaan?
Beberapa manfaat leadership dalam perusahaan dan organisasi, yaitu:
- Peningkatan produktivitas tenaga kerja
- Peningkatan kemampuan untuk berhasil di bawah tekanan
- Meningkatkan kecerdasan emosional
- Meningkatkan karisma dan keseriusan dalam operasi bisnis
- Menumbuhkan rasa percaya diri dalam tim Anda
- Peningkatan keterampilan mendengarkan dan komunikasi
- Meningkatnya kesadaran akan keberagaman di dunia kerja
Apa gaya leadership style yang sering ditemui dalam perusahaan?
Berikut gaya leadership yang sering ditemui dalam operasional suatu bisnis atau perusahaan, yaitu:
1. Demokratis
Dalam gaya leadership ini, umumnya pemimpin akan memutuskan segala sesuatu dengan tetap mempertimbangkan seluruh pendapat dari semua anggota tim.
2. Autokratis
Gaya leadership autokratis dilakukan dengan memutuskan segala sesuatu tanpa meminta atau mempertimbangkan pendapat dari anggota tim lainnya.
3. Transformational
Dalam gaya leadership transformational, seorang pemimpin biasanya ingin untuk melakukan perubahan dengan cara membalikkan keadaan untuk meraih keuntungan yang lebih banyak.
4. Transaksional
Gaya leadership seperti ini maksudnya adalah pemimpin akan lebih mengutamakan kinerja tim dengan melakukan tugas sesuai dengan job desk masing-masing dan tidak ingin melakukan perubahan atas kondisi yang sudah stabil.
Apa tugas seorang leader?
Di antara banyaknya tugas leader, berikut beberapa yang biasanya dibebankan pada mereka, antara lain:
1. Memantau progres pekerjaan tim
2. Membuat jadwal kerja dan jadwal kegiatan untuk anggota tim
3. Bertanggung jawab atas performa kinerja tim yang ada di bawah naungannya, hal ini mencakup memberikan pelatihan kerja, membimbing anggota tim melakukan pekerjaan, memastikan kemampuan tim berkembang seiring diberikannya proyek
4. Memastikan target yang diberikan oleh perusahaan kepada timnya dapat dicapai
5. Menciptakan tim yang solid dengan cara membina kerja sama orang-orang di dalam tim dan selalu mengoordinasikan pekerjaan sekecil apa pun
6. Memberikan tugas pada anggota dalam tim sesuai kapasitas dan kemampuan mereka
7. Memberikan arahan pada tim saat membuat laporan pekerjaan
8. Mengarahkan kegiatan tim yang termasuk dalam agenda perusahaan baik di dalam kantor maupun di lapangan
9. Melakukan pengecekan dan evaluasi hasil pekerjaan tim dalam kurun waktu tertentu
10. Memberikan laporan kinerja anggota tim pada atasan
Bagaimana karakter seorang pemimpin yang baik?
Ketika Anda memiliki niat dan keinginan kuat menjadi leader, setidaknya ada lima karakter yang harus dibangun sejak dini, di antaranya:
1. Integritas
Integritas adalah keteguhan dan konsistensi seseorang dalam melakukan tindakan. Orang yang berintegritas tinggi dianggap sebagai pribadi yang jujur dan berkarakter.
Ketika Anda ingin menjadi seorang leader, maka integritas menjadi karakter yang harus tertanam dalam diri.
2. Energi Positif
Seorang leader secara tidak langsung menjadi panutan para tim yang ada di bawah kepemimpinannya. Ketika leader bekerja dengan maksimal, maka anggota tim akan mengikuti.
Begitu juga ketika leader berleha-leha, besar kemungkinan anggota tim akan melakukan hal serupa.
Itulah mengapa energi positif dari seorang leader dibutuhkan, leader yang menunjukkan aura positif akan mudah memberikan pengaruh dan motivasi pada orang lain.
Motivasi penting diberikan lantaran bisa jadi pemacu dan pil semangat bagi tim untuk mencapai target.
3. Memiliki Kecerdasan Emosional
Walau otak cemerlang sangat-sangat dibutuhkan apalagi di dunia kerja, kecerdasan emosional juga tak kalah diperlukan.
Hal ini bisa menimbulkan kepekaan yang lebih tinggi seorang leader pada anggota timnya.
Dengan sifat ini, leader bisa mengelola emosi ketika berhadapan dengan masalah dalam tim, mereka juga bisa mengidentifikasi dan memahami masalah atau keluhan anggota tim.
4. Terbuka
Hindari menunjukkan sisi misterius di hadapan orang yang akan bekerja sama dengan Anda demi mencapai target perusahaan.
Menjadi terbuka adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang leader.
Keterbukaan memungkinkan anggota tim juga ikut terbuka dan mudah berkomunikasi dengan Anda, entah itu terkait opini, ide, masalah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan.
5. Dipercaya
Leader tidak ditunjuk begitu saja menjadi seorang pemimpin tanpa ada kemampuan yang mumpuni. Hal ini bisa terjadi karena seorang leader dipercaya untuk melakukan tugas berat sebagai pemimpin.
Pemimpin yang dapat dipercaya pun menjadi kebutuhan anggota tim.
Apa manfaat leadership?
Berikut beberapa manfaat leadership, antara lain:
1. Meningkatkan produktivitas tenaga kerja, pasalnya leader akan melatih dan membimbing anggota timnya sampai mereka memiliki kemampuan sesuai standar perusahaan
2. Menumbuhkan rasa percaya diri di dalam tim. Leader menjadi tonggak utama dalam sebuah tim atau divisi, salah satu tugas leader adalah memberikan motivasi dan semangat pada anggota tim agar bisa sukses mencapai target.
3. Memperkuat kondisi mental anggota tim. Setiap divisi dan tim dalam perusahaan tentu dibebankan target yang telah dibuat sejak awal. Target ini menjadi tekanan yang kemudian menyasar para karyawan. Namun, seorang leader akan menjadi penguat agar pekerjaan yang dibebankan bisa dituntaskan. Sesuatu yang tadinya dianggap tekanan oleh tim, bisa saja berubah menjadi beban biasa.
4. Meningkatkan keseriusan perusahaan dalam menjalankan bisnis.
Apa saja standar materi training leadership yang baik?
Dalam pelatihan dan training leadership dan kepemimpinan yang baik biasanya Anda akan belajar:
• Merumuskan visi untuk menghasilkan kesepakatan
• Mengembangkan strategi yang realistis
• Mengambil resiko secara cerdas
• Mempengaruhi orang lain untuk mengikuti Anda
• Mengembangkan kerjasama
• Membangun hubungan saling percaya dan integritas
• Mendapatkan kerja sama di setiap level
• Melatih dan memotivasi orang lain untuk sukses
• Meyakinkan orang lain untuk mengikuti acara Anda
• Memimpin tim kerja, departemen atau organisasi yang berprestasi
• Membangun harga diri, kepercayaan diri dan pengambilan keputusan
• Menciptakan sasaran-sasaran dan rencana kerja
• Mengelola perubahan
• Memberdayakan orang lain untuk mencapai hasil
• Berbicara dengan jelas, percaya diri dan penuh semangat
• Memfasilitasi proses tim kerja
• Meningkatkan efektivitas tim dalam mengambil keputusan-keputusan
• Membangun semangat kerja dan mendapatkan loyalitas orang lain
Artikel populer seputar kepemimpinan dan leadership di Indonesia
Berikut artikel populer seputar kepemimpinan dan leadership di Indonesia:
- Apa itu Leadership: Jenis-jenis dan Contoh Leadership
- Mengenal Apa itu Leadership: Penjelasan, Manfaat, Contoh, serta Jenis-jenisnya
- Leadership: Pengertian, Jenis, Sikap, Manfaat dan Cara Membangunnya
- Apa Itu Leadership? Ini Jenis, Ciri, dan Contoh Keterampilannya
- Pentingnya Keterampilan Leadership Bagi Karyawan
- Leadership : Definisi, Manfaat, Hingga Karakteristiknya