Ini Lho Rahasianya Membuat Training of Trainer yang Sukses

Ini Lho Rahasianya Membuat Training of Trainer yang Sukses
Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Baiklah, kita sudah tahu kalau pelatihan ToT atau Training of Trainer adalah bagian penting dari pengembangan sebuah organisasi atau perusahaan. Training of trainer, yang diperuntukkan bagi anggota organisasi atau perusahaan yang diproyeksikan menjadi pelatih bagi anggota atau karyawan lainnya, juga merupakan cara memastikan agar anggota atau karyawan mengevaluasi pengetahuannya dan keterampilan dalam bekerja.

Tapi, tahukah Anda? Training of trainer yang sukses tidak terselenggara begitu saja. Ada rahasianya agar pelaksanaan pelatihan menjadi trainer ini berhasil baik dan efektif. Sertakan kiat-kiat berikut dalam pelatihan ToT yang akan Anda lakukan. Calon-calon trainer yang “lulus” dari training of trainer Anda dipastikan dapat menransfer pengetahuan dan keterampilan baru mereka kepada rekan-rekannya yang lain sesegera mungkin.

1. Buat tingkatan pada pelatihan ToT Anda

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi peserta pelatihan ToT selain mendapati materi yang diberikan terlalu canggih, terlalu maju, atau bahkan terlalu sederhana untuk mereka. Jadi, jangan sampai ini terjadi dalam pelatihan ToT Anda. Sebelum memulai pelatihan ToT, ketahuilah tingkat pengetahuan atau keterampilan peserta training of trainer. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan materi pelatihan ToT dengan kebutuhan mereka. Untuk memastikan hal ini, cobalah untuk:

  • Mencari tahu, siapa dan bagaimana orang-orang yang akan menjadi trainee para calon trainer Anda ini nantinya.
  • Informasi-informasi kunci manakah yang belum diketahui oleh peserta pelatihan ToT Anda.
  • Detil-detil dari materi pelatihan ToT mana saja yang bisa Anda lewati atau dibahas sekilas.
  • Bagian mana dari seluruh materi pelatihan ToT yang harus menjadi fokus.

 

2. Buatlah kelas pelatihan ToT yang fun

cara agar training berjalan dengan menyenangkan

Yang namanya training, apalagi melulu di dalam kelas, sudah pasti membosankan. Kecuali, trainernya kreatif menciptakan suasana yang menyenangkan. Dan yang terpenting sebetulnya adalah peserta pelatihan ToT akan meniru apa yang dia lihat, apa dilakukan trainernya. Jadi, jangan sampai mereka juga memberikan pelatihan yang menjemukan nantinya. Jangan biarkan pelatihan ToT Anda yang kaku dan monoton menjadi patokan mereka.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya:

  • Di awal pelatihan ToT, ceritakan secara rinci kepada para peserta mengapa pelatihan ini dapat memudahkan hidup atau pekerjaan mereka.
  • Berikan kisah nyatanya, misalnya pengalaman salah seorang mantan peserta pelatihan ToT.
  • Contoh-contoh relevan dari berita-berita di media atau peristiwa-peristiwa terkini.
  • Diskusi yang tersamar, seolah-olah ngobrol biasa dengan peserta, tapi sebetulnya Anda sedang mengumpulkan masukan atau memasukkan pengetahuan baru ke benak mereka.

 

3. Ajarkan highlight-nya saja, jangan keseluruhan materi pelatihan ToT

Nah, banyak trainer yang terjebak di sini. Mengadakan pelatihan ToT bukan berarti memberikan semua materi yang sudah kita siapkan. Berikan saja ikhtisar singkat tentang materi pelatihan ToT. Sampaikan kepada peserta struktur training of trainer yang mereka ikuti, jumlah topik dan subtopik, durasinya masing-masing, dan seterusnya.

Telusuri materi-materi ini dan lakukan hal berikut:

  • Memilih slide-slide utama dan tentukan tema utamanya.
  • Bantu dengan isu-isu yang sering dihadapi pelatih, maupun peserta.
  • Siapkan kiat-kiat menjadikan pelatihan lebih efektif dan menarik.
  • Buat pedoman mengenai durasi waktu yang diperlukan untuk menjelaskan setiap bagian.

 

4. Kuasai studi kasus dari praktik-praktik terbaik

teknik membuat pelatihan yang baik

Studi kasus adalah salah satu bagian terpenting dari setiap program pelatihan untuk trainer. Memahami bagaimana memfasilitasi peserta dengan benar adalah sangat esensial. Banyak pelatih yang terjebak dengan hanya memberikan peserta membaca cepat materi yang diberikan, mengerjakan tugas-tugas pelatihan ToT, mencari tahu jawabannya sendiri, dan bergerak lagi ke materi berikutnya.

Mendiskusikan studi kasus akan mendorong peserta belajar lebih sedikit dari yang seharusnya, namun dia akan memperoleh keterampilan lebih banyak. Pelatihan untuk trainer yang sukses haruslah dapat memberikan pesertanya alat untuk mendorong keterlibatan pesertanya dengan memahami konsep-konsep berikut:

  • Di mana harus berfokus dalam sesi tanya jawab untuk memaksimalkan proses belajar.
  • Mengapa harus membuat jeda lama bagi trainer sebelum mengajukan pertanyaan pertama.
  • Bagaimana trainer harus bersabar dalam sunyi menunggu jawaban peserta dan menghindari jawaban-jawaban yang diarahkan.
  • Bagaimana mendorong peserta menjawab dan memberikan umpan balik positif.
  • Mengapa perlu mendokumentasikan percakapan atau diskusi selama pelatihan ToT dalam flipchart.

 

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

5. Berikan pemahaman bedanya instruksi dan fasilitasi

Banyak yang masih melihat fungsi trainer adalah sebagai penyebar pengetahuan atau keterampilan, padahal bukan seperti itu. Pastikan para peserta pelatihan ToT, yang nantinya akan menjadi trainer di tempatnya masing-masing, mereka adalah fasilitator, bukan instruktur. Minta mereka untuk memikirkan dan memahami hal-hal berikut:

  • Mengapa memfasilitasi lebih efektif daripada mengajar.
  • Kiat-kiat apa saja yang bisa mendorong peserta belajar dari satu sama lain.
  • Mencari cara untuk memastikan semua peserta pelatihan ToT memiliki suara.
  • Menemukan waktu kapan pelatih harus mengajar dan kapan memfasilitasi.

6. Buatlah evaluasi pelatihan ToT yang keren

langkah langkah evaluasi pelatihan

Hasil pelatihan ToT semestinya menjadi pembelajaran jangka panjang. Untuk itu, latihlah peserta Anda untuk dapat membuat dan menggunakan formulir evaluasi agar mereka punya ukuran untuk terus mengembangkan keterampilan mereka setiap kali mereka melatih nantinya. Ajarkan mereka untuk dapat:

  • Membicarakan tentang tes dan evaluasi setelah pelatihan selesai kepada seluruh peserta.
  • Meminta umpan balik dari peserta secara lisan sebelum pelatihan berakhir.
  • Membagikan formulir evaluasi selama pelatihan.
  • Sediakan waktu bagi peserta untuk menyelesaikan pengisian formulir evaluasi.

Belajar menguasai keahlian untuk memfasilitasi pelatihan untuk pelatihan memang sesuatu yang amat spesifik. Namun bukan berarti Anda akan kesulitan mempelajarinya. Ada banyak sekali contoh pelatihan ToT dan modul pelatihan ToT yang bisa Anda pelajari secara daring, maupun media lain. Anda juga dapat mengikuti training for trainer di Jakarta dengan jadwal yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. (*)





About The Author

Pentingnya Pelatihan ToT

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Simak Video Terbaru Kami

Bagaimana Menjadi Trainer Profesional

Pentingnya Pelatihan ToT

Pentingnya Pelatihan ToT 1

Training of trainer atau pelatihan ToT adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang disiapkan untuk menjadi pelatih atau trainer dan meneruskan materi pelatihan tersebut kepada orng lain. Secara umum, training of trainer adalah sebuah proses transfer pengetahuan dan keterampilan agar kecakapannya bertambah atau menguat.

Tujuan pelatihan ToT pada intinya adalah agar organisasi atau perusahaan berkembang. Training of trainer adalah cara memastikan orang-orang dalam organisasi atau perusahaan mengevaluasi kembali pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bekerja, serta meningkatkan kapasitasnya, lewat pembentukan pelatih-pelatih yang baik. Para pelatih atau trainer inilah yang nantinya menjadi agen-agen untuk memastikan hal itu dalam tim masing-masing. Membaiknya kinerja tim, berarti membaik pula kinerja organisasi atau perusahaan.

Pelatihan menjadi trainer umumnya terbagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama, biasanya calon trainer dilatih untuk memiliki keterampilan melatih atau menyampaikan materi pelatihan (training delivery). Kemudian pada tahapan berikutnya, calon trainer diajarkan untuk menyusun dan mendesain materi pelatihan (session design). Mereka harus mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, mendefinisikan tujuan pelatihan, menyajikan materi pelatihan, dan merumuskan metode untuk mengevaluasi pelatihan.

Tahapan terakhir adalah merancang kurikulum pelatihan (curriculum training). Sesuai namanya, calon trainer dilatih agar mereka mampu membuat silabus training, dimulai dari kemampuan apa yang diinginkan pelatih dari para traineenya untuk bertambah atau menguat, apa saja ukuran-ukuran yang dipakai, sampai bagaimana mengurutkan materi atau modul pelatihan ToT secara sistematis.

Ada banyak contoh pelatihan ToT, dilihat dari metodenya. Yang paling tradisional dan banyak digunakan adalah pelatihan ToT gaya ruang kelas. Ini adalah metode training of trainer paling populer. Metode ini mencontoh dari gaya pendidikan di lembaga-lembaga formal, seperti perguruan tinggi. Ada instrukturnya dan pemberian materi atau modul pelatihan ToT disampaikan dengan gaya perkuliahan.

Yang paling modern dan mulai banyak juga digunakan beberapa tahun terakhir ini adalah pelatihan lewat video. Video menjadi media alternatif karena orang saat ini lebih menyukai hal-hal yang bersifat visual dan interaktif. Dua sifat ini pun membuat materi pelatihan menjadi lebih mudah diterima dan dipahami.

Sudah banyak sekali lembaga yang menawarkan training of trainer atau biasa juga disebut sebagai training for trainer pada 2019 ini. Untuk mengetahui lembaga penyelenggara dan jadwal training for trainer di Jakarta, Anda bisa mendapatkannya lewat tautan berikut. Jadikan ToT 2019 ini sebagai langkah penting kemajuan organisasi atau perusahaan Anda. (*)

Simak Video Terbaru Kami

Training of Trainers (TOT) di Perusahaan Multinasional

Pentingnya Pelatihan ToT 2

Silakan klik untuk download proposal training kami

Simak kumpulan artikel lengkap berkualitas kami di sini

Pentingnya Pelatihan ToT 3

PRESENTA EDU

Presenta Edu (PT Presenta Edukreasi Nusantara) adalah provider training, lembaga pelatihan dan konsultan manajemen yang menyediakan berbagai layanan pelatihan dan pengembangan SDM berkelas dunia dengan pendekatan yang praktis dan aplikatif.

Berkantor di Jakarta, Presenta Edu siap memberikan pelatihan, training, workshop dan seminar berkualitas di berbagai kota besar di Indonesia dan dapat menjadi andalan bagi segenap perusahaan, lembaga dan organisasi di Indonesia untuk bersama membangun bangsa.

PRESENTA EDU

PT Presenta Edukreasi Nusantara
Level 38, Tower A, Kota Kasablanka
Jl. Casablanca Raya Kav 88 Jakarta 12870

HUBUNGI KAMI

Tel: (021) 4016 1717 | HP: 0811 900 2083
Fax: (021) 2963 8088
support@presenta.co.id

Training Kami

Pentingnya Pelatihan ToT 4

Powerful Business Presentation

Pelatihan presentasi bisnis terbaik Indonesia. Membuat slide bisnis efektif dengan cepat dan mudah serta membawakan presentasi dengan meyakinkan.

Pentingnya Pelatihan ToT 5

Infographic & Advance Powerpoint

Pelatihan infografis berbasis Powerpoint. Mendesain infografis keren dengan cepat dan mudah menggunakan software Powerpoint standar bawaan kantor.

Pentingnya Pelatihan ToT 6

Impactful Communication in The Workplace

Pelatihan komunikasi paling praktis di Indonesia. Berkomunikasi dengan efektif, nyaman dan percaya diri kepada tim, kolega dan atasan Anda di kantor.

Pentingnya Pelatihan ToT 7

Public Speaking for Business Leaders

Pelatihan public speaking terbaik Indonesia. Berbicara di depan umum dengan otentik, natural, percaya diri sekaligus menarik di depan audiens manapun.

Pentingnya Pelatihan ToT 8

Leadership Development Program

Pelatihan leadership terbaik Indonesia. Training leadership praktis & aplikatif untuk manajer dan supervisor. Buat tim Anda solid & berkinerja tinggi.

Pentingnya Pelatihan ToT 9

Training of Trainers (TOT)

Pelatihan TOT terdepan Indonesia. Menjadi trainer yang mampu menstrukturkan materi, memilih metode pengajaran dan membawakan training yang berkesan.

Pentingnya Pelatihan ToT 10

Effective Supervisory Skills

Pelatihan supervisory skills. Kuasai skill utama supervisor dalam mengelola tim dengan efektif. Menjadi pemimpin yang tangguh, kuat dan inspiratif.

Pentingnya Pelatihan ToT 11

Effective Coaching & Mentoring Skills

Pelatihan coaching & mentoring praktis. Menjadi coach & mentor yang efektif dan sukses yang mendorong perubahan dan membangun orang di sekitar Anda.

Pentingnya Pelatihan ToT 12

Influencing & Negotiation Skills

Pelatihan negosiasi yang mudah diikuti dan diterapkan. Kembangkan keterampilan praktis untuk menjadi negosiator ulung  dan memenangkan hati pihak lain.

Pentingnya Pelatihan ToT 13

Problem Solving & Decision Making

Pelatihan problem solving & decision making paling sistematis. Menjadi problem solver handal yang utuh melihat masalah dan cermat membuat keputusan.

Pentingnya Pelatihan ToT 14

Change Management in VUCA World

Pelatihan change management terkini. Nahkodai tim Anda mengarungi ganasnya perubahan dalam era yang volatil, tidak pasti, kompleks dan penuh ambigu.

Pentingnya Pelatihan ToT 15

Creative Thinking & Innovation Strategy

Pelatihan creative thinking & inovasi terbaru. Gunakan model & software simpel untuk menjadikan Anda seorang master kreatif penuh inovasi cemerlang.

Pentingnya Pelatihan ToT 16

Human Resources Management

Pelatihan SDM & HRD Indonesia. Kuasai manajemen SDM dan fungsi HRD untuk manajer lini Non HR dalam iklim perubahan organisasi bisnis yang cepat

Pentingnya Pelatihan ToT 17

Employee Engagement & Motivation

Pelatihan motivasi terbaik. Bakar motivasi, dongkrak semangat dan lejitkan antusiasme karyawan menjadi winning team & winning company dengan permanen.

Pentingnya Pelatihan ToT 18

HEALTH, SAFETY & ENVIRONMENT (HSE) TRAINING

Pelatihan K3. Pelatihan untuk menjadi tenaga teknis berkeahlian khusus dibimbing praktisi K3 berpengalaman panjang di perusahaan multinasional.

Pentingnya Pelatihan ToT 19

COMPANY GATHERING & OUTBOUND ACTIVITY

Program outbound dan family gathering di Bandung. Program team building modern dengan fasilitas kelas satu. Fun dan enjoyable, cocok untuk semua.

galeri pelatihan

Pentingnya Pelatihan ToT 20

General Management Course

Pentingnya Pelatihan ToT 21

Problem Solving & Decision Making

Pentingnya Pelatihan ToT 22

Creative Thinking

Pentingnya Pelatihan ToT 23

Supervisory Skills

Pentingnya Pelatihan ToT 24

Leadership Development Program

Pentingnya Pelatihan ToT 25

Engagement & Motivation

Pentingnya Pelatihan ToT 26

Communication & Public Speaking

Pentingnya Pelatihan ToT 27

Coaching & Mentoring

Trainer Kami

Pentingnya Pelatihan ToT 28

MUHAMMAD NOER

Pendiri Presenta Edu sekaligus master trainer untuk training utama di Presenta. Memiliki latar belakang Marketing dan Human Resources dengan sertifikasi internasional dari CIPD, UK. Berpengalaman luas di bidang bisnis dan organisasi lintas negara.

PRAYOGA WIRADISURIA

Pimpinan sebuah perusahaan holding di Jakarta. Memiliki pengalaman sebagai HR di Unilever dan Management Consultant di McKinsey & Company. Ia biasa menangani klien lintas industri dan berbagai fungsi manajemen organisasi.

Pentingnya Pelatihan ToT 29
Pentingnya Pelatihan ToT 30

DJOHAN YOGA

International Certified Trainer untuk 9 negara di wilayah Asia.Seorang Insinyur Kimia ITB serta Ph.D dalam bidang Applied Creativity & Innovation. Sejak tahun 2007 menjadi International Trainer dalam bidang: Mind Map, Creativity & Innovation.

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

DAVID PRANATA

Speaker, trainer & writer di bidang komunikasi dan presentasi. 2nd runner up International Speech Contest Toastmaster 3 negara. Pada Juli 2015 buku pertamanya “Speak with Power” telah diterbitkan oleh Elex Media.

Pentingnya Pelatihan ToT 31
Pentingnya Pelatihan ToT 32

LAKSMI TOBING

Memiliki pengalaman 30 tahun di Unilever mulai dari Management Trainee sampai menjadi HR Director. Fasilitator dan Certified Coach. Ia juga mengajar 7 Habits of Highly Effective People buat banyak perusahaan.

KLIEN KAMI

Pentingnya Pelatihan ToT 33

Testimoni peserta

“Pak Muhammad Noer dengan tim Presenta nya adalah salah satu Learning Partner yang kompeten dan berpengalaman luas, membekali CD Trainer Community kami dengan presentation skills dan facilitating skills yang sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.”

Nurul Huda

CD Academy Manager, PT Unilever Indonesia Tbk

“Trainer bagus, penyampaian materi baik sehingga mudah dipahami. Materi training sangat cocok dengan pekerjaan sehari-hari. Modul training juga singkat, padat dan jelas, tidak tebal dan terlalu bertele-tele dan mudah diingat. Training menarik seperti ini harus lebih sering dilaksanakan.”

Vania Isabella

MD - E.COMM, HEAD OFFICE, INDOMARET GROUP

“Satu kebanggaan dan kebahagiaan di mana saya dilatih langsung oleh bapak Djohan Yoga, International Certified Trainer dari Tony Buzan dipadu dengan praktisi mind map yang luar biasa yakni bapak Muhammmad Noer.

Hari ini saya dapatkan banyak sekali pengetahuan yang pastinya akan saya pakai di mana tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.”

Stevie Lengkong

Master Trainer, Master Core Brain (MCB) Indonesia

Dapatkan Ebook Gratis

Pentingnya Pelatihan ToT 34

Hubungi kami

Pentingnya Pelatihan ToT 35
Pentingnya Pelatihan ToT 36




About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Buku

Dapatkan buku Keterampilan Penting buat Manajer BaruGRATIS

Masukkan Nama & Email Anda.

Training Online

Jadwal Training Publik 2020

Subscribe to our Newsletter

Subscribe

Artikel Terbaru

Kunjungi Facebook Page dan Youtube Channel Kami

Klik disini untuk Diskusi Training Inhouse

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link
WhatsApp Klik untuk chat via Whatsapp