Training 

Team Building Indonesia

Pelatihan Team Synergy dan Team Effectiveness Indoor Terbaik Tahun 2024

Ciptakan high performance team dengan awareness, bonding, dan team synergy yang lebih padu dan kuat.

Jenis, tujuan, manfaat, dan pentingnya training team building buat Anda dan tim 

Apakah team building itu? arti atau definisi team building adalah proses berkelanjutan yang membantu sebuah kelompok kerja berkembang menjadi unit yang kohesif dan mampu bekerja sama menuju tujuan bersama.

Anggota tim tidak hanya berbagi harapan untuk menyelesaikan tugas kelompok, namun juga percaya dan mendukung satu sama lain serta mampu menghormati perbedaan setiap individu dalam tim.

Pentingnya team building adalah untuk menciptakan tim yang efektif melalui pembentukan ikatan (bonding) dan koneksi (connection) yang lebih kuat.

Sedangkan jenis team building berdasarkan fokus, metode atau pendekatan team buildingnya paling tidak dapat dibedakan menjadi 4 macam:

1. Team building dengan aktivitas membangun kepercayaan (trust), program outbound team building ini bertujuan membangun kepercayaan, meningkatkan moral, memperkuat hubungan, dan meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.

2. Team building yang berfokus pada komunikasi efektif, kegiatan team building ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi verbal dan nonverbal, mendengarkan secara aktif, dan meningkatkan kejelasan pesan di antara anggota tim.

3. Team building berbasis kepribadian & nilai, aktivitas team building ini didesain untuk memperdalam pemahaman kepribadian antar anggota tim dan juga menyelaraskan nilai-nilai pribadi dan tim untuk mencapai tujuan bersama dengan lebih sinergis.

4. Team building untuk problem solving & decision making, event team building ini dirancang khusus untuk mempertajam keterampilan berpikir kritis, mengambil keputusan, meningkatkan kreativitas, dan menumbuhkan inovasi dalam tim.

Program team building yang baik dan benar biasanya akan mengkombinasikan beberapa cara dan contoh team building di atas agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan sebuah tim mengadakan acara team building.

Bentuk dan jenis team building yang tepat akan meningkatkan kolaborasi harmonis antar anggota tim, di mana hasil upaya seluruh kelompok akan jauh melebihi kontribusi perorangan. 1+1+1>3.

Secara umum berikut adalah tujuan dan manfaat dari program paket training team building dengan modul atau materi yang dirancang dengan baik:

  • Memahami dinamika tim: Mengenali dan memanfaatkan kekuatan unik yang dimiliki masing-masing anggota.
  • Mendorong komunikasi terbuka: Memfasilitasi dialog yang jelas, membiasakan komunikasi asertif yang jernih.
  • Menciptakan lingkungan yang suportif: membangun budaya saling percaya, saling menghargai dan saling mendukung satu sama lain.
  • Memperkuat kolaborasi: memastikan seluruh tim bekerja bersama dengan lancar untuk mencapai tujuan bersama.

Team building yang efektif mencakup pemahaman tentang dinamika tim, mendukung komunikasi terbuka, dan memupuk lingkungan yang suportif di mana setiap anggota tim terdorong untuk memberikan yang terbaik serta sanggup berkolaborasi dengan harmonis.

Bagaimana sinergi dan efektivitas teamwork tim Anda saat ini?

Setiap tim, besar dan kecil, di perusahaan atau organisasi, menghadapi berbagai tantangan yang dapat menghambat kerja sama sehingga menurunkan kinerja dan produktivitas.

Tantangan dari sisi anggota tim: 

  • Manajemen waktu pribadi yang kurang efektif dapat berujung deadline yang terlewatkan dan meningkatnya level stress – baik pribadi maupun tim.
  • Delegasi yang kurang efektif serta kurangnya rasa percaya dapat berujung micromanagement yang menghambat kreativitas dan menurunkan moral tim.
  • Kesadaran diri yang belum optimal, sehingga karyawan tidak mengenali kekuatan dan kelemahannya sendiri serta dampak perilaku mereka terhadap rekan setim-nya.
  • Kecerdasan emosional yang belum terbangun baik dapat mengakibatkan kesulitan mengendalikan diri dalam menghadapi keseharian.
  • Kurangnya regulasi diri dapat berimbas munculnya reaksi impulsif dan sulit menangani stress, dan tidak dapat menghadapi tantangan dengan konstruktif.
  • Motivasi pribadi yang rendah dapat berujung produktivitas yang juga rendah karena karyawan tidak merasa terhubung dengan apa yang dikerjakannya.
  • Kurangnya empati dapat membuat suasana di mana anggota tim merasa kurang dihargai dan salah dimengerti.

Tantangan dari sisi tim keseluruhan:

  • Kurangnya rasa percaya yang merupakan kunci berjalannya sebuah team, membuat komunikasi tidak berjalan dan teamwork menjadi sulit.
  • Komunikasi yang tidak lancar, rentan mengakibatkan kesalahpahaman, konflik dan memperlambat kinerja tim.
  • Value mis-alignment di mana anggota kelompok tidak memiliki nilai dan tujuan yang sama, dapat mengakibatkan pendekatan yang terpecah-pecah terhadap tujuan akhir perusahaan.
  • Keinginan yang terlalu kuat untuk konformitas (groupthink) dapat menghasilkan keputusan yang kurang baik karena tidak didasarkan pada pemikiran kritis.
  • Penanganan konflik dan perselisihan yang kurang baik akan membahayakan harmoni dan produktivitas tim.
  • Kurangnya keterlibatan dan motivasi kelompok dapat menurunkan produktivitas dan moral tim.
  • Kolaborasi tim yang kurang efektif – peran dan tanggung jawab yang kurang jelas, pembagian tugas dan pemecahan masalah yang tidak optimal, dapat berujung hasil yang terlambat dan/atau kurang baik.

Dengan membidik tantangan dari sisi perkembangan pribadi dan dari sisi dinamika tim, pelatihan team building yang baik dan menarik akan membantu membangun tim yang kuat, kohesif dan berperforma tinggi, mendorong inovasi dan kemajuan di organisasi dan perusahaan Anda.

Rekatkan kohesi dan selaraskan sinergi tim Anda dengan program team building indoor terbaik kami!

Training team building indoor dari kami ini akan membantu para peserta untuk memahami strategi dan teknik dalam mengoptimalkan teamwork dan kolaborasi, memperkaya dinamika kelompok dan loyalitas.

Materi dan modul training team building kami juga dirancang untuk membimbing tim Anda merefleksikan nilai-nilai pribadi dan mengaitkannya dengan nilai-nilai perusahaan.

Dengan mengikuti program pelatihan pengembangan tim ini, anggota tim Anda akan mendapatkan mindset yang tepat, wawasan dan pengetahuan yang cukup, serta alat dan cara yang diperlukan untuk menjadi valuable team player yang andal.

Sehingga tercipta tim-tim harmonis, kohesif, sinergis dan berkinerja tinggi dengan teamwork prima yang berkontribusi maksimal melebihi harapan dan sasaran perusahaan.

Kamilah vendor dan EO team building indoor terpercaya buat Anda dan tim..

Sejak tahun 2016, PRESENTA telah menyusun berbagai soft-skills development program untuk berbagai perusahaan dan lembaga terkemuka di Indonesia.

Program-program pelatihan kami selalu mendapatkan respon yang positif dari para klien kami.

Berbekal pengalaman tersebut, kami menyusun program pengembangan tim yang menyeluruh dan aplikatif, untuk meningkatkan tidak hanya level perkembangan pribadi para peserta namun juga kemampuan kerja sama tim mereka.

Inilah Training Smart Team Synergy, training team building indoor terbaru dari kami untuk pengembangan tim Anda.

Kami berharap salah satu program team development dari kami ini juga bisa diterima dengan sama baiknya untuk Anda dan Tim.

Training Team Building Indonesia 1
Training Team Building Indonesia 2
Training Team Building Indonesia 3
Training Team Building Indonesia 4
Training Team Building Indonesia 5
Training Team Building Indonesia 6
Training Team Building Indonesia 7
Training Team Building Indonesia 8
Training Team Building Indonesia 9
Training Team Building Indonesia 10
Training Team Building Indonesia 11
Training Team Building Indonesia 12
Training Team Building Indonesia 13
Training Team Building Indonesia 14
Training Team Building Indonesia 15
Training Team Building Indonesia 16
Training Team Building Indonesia 17
Training Team Building Indonesia 18
Training Team Building Indonesia 19
Training Team Building Indonesia 20
Training Team Building Indonesia 21
Training Team Building Indonesia 22
Training Team Building Indonesia 23
Training Team Building Indonesia 24
Training Team Building Indonesia 25
Training Team Building Indonesia 26
Training Team Building Indonesia 27
Training Team Building Indonesia 28
Training Team Building Indonesia 29
Training Team Building Indonesia 30
Training Team Building Indonesia 31
Training Team Building Indonesia 32
Training Team Building Indonesia 33
Training Team Building Indonesia 34
Training Team Building Indonesia 35
Training Team Building Indonesia 36
Training Team Building Indonesia 37
Training Team Building Indonesia 38
Training Team Building Indonesia 39
Training Team Building Indonesia 40
Training Team Building Indonesia 41
Training Team Building Indonesia 42
Training Team Building Indonesia 43
Training Team Building Indonesia 44
Training Team Building Indonesia 45
Training Team Building Indonesia 46
Training Team Building Indonesia 47
Training Team Building Indonesia 48
Training Team Building Indonesia 49
Training Team Building Indonesia 50
Training Team Building Indonesia 51
Training Team Building Indonesia 52
Training Team Building Indonesia 53
Training Team Building Indonesia 54
Training Team Building Indonesia 55
Training Team Building Indonesia 56
Training Team Building Indonesia 57
Training Team Building Indonesia 58
Training Team Building Indonesia 59
Training Team Building Indonesia 60
Training Team Building Indonesia 61

SMART Team Synergy

Pelatihan Team Development Terbaik untuk Tim Anda

cover training team synergy 1

Training SMART Team Synergy adalah pelatihan team building dalam ruangan (indoor) berdurasi 2 (dua) hari yang dirancang untuk membantu peserta mengatasi berbagai situasi dan tantangan dalam kerja tim dan dinamika kelompok.

Program training ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan sinergi tim yang efektif, sesuai dengan kompleksitas tugas dan tantangan kerja sehari-hari.

Training team synergy ini dirancang khusus untuk membekali para profesional dengan pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip team development dan team effectiveness yang baik dan efektif.

Dalam Training SMART Team Synergy ini peserta akan belajar:

memahami arti leadership 2

Peran komunikasi terbuka sebagai fondasi team synergy.

membuat target pekerjaan tim 1

Teknik kolaborasi dan koordinasi yang baik dan efektif

komunikasi efektif tim 1

Mengatasi konflik dan situasi sulit dalam dinamika kelompok.

Training teamwork ini dirancang untuk mengubah cara anggota tim bekerja sama, meningkatkan keterlibatan, menciptakan dinamika dan juga budaya tim yang lebih positif dan menyenangkan.

Dengan mengikuti pelatihan ini, tim Anda akan lebih siap untuk berkolaborasi dengan harmonis, meningkatkan produktivitas, dan mencapai hasil paling maksimal melalui kerja sama tim yang sinergis.

Materi Training SMART Team Synergy

Dalam 8 sesi selama 2 hari peserta akan belajar dengan silabus materi team building & synergy sebagai berikut:

Hari Ke-1

konsep public speaking yang baik 3

Sesi 1 – Menetapkan dan Menyelaraskan Nilai-Nilai, Konsensus dan Tujuan Tim

  1. Memaknai ‘TIM’ dan faktor-faktor yang mendukung jalannya fungsi tim dengan baik.
  2. Penyelarasan Nilai (Value Alignment) – menyelaraskan nilai pribadi dengan nilai tim untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Latihan & Refleksi: nilai dan tujuan pribadi dan penyelarasan dengan tim.
  4. Melepaskan apa yang di luar kendali – menanamkan bibit awal rasa percaya dan menempatkan prioritas kendali di tempat yang tepat.

Sesi 2 – Bagaimana Berfungsi dengan Baik DALAM Tim

  1. Apa yang dapat dikendalikan dan bagaimana mengendalikannya.
  2. Jebakan-jebakan dan godaan multitasking.
  3. Manajemen beban kerja – pengaturan prioritas dan waktu.
  4. Latihan & Diskusi: sanity check, matriks prioritas, time blocking.
memahami konteks public speaking 2
merancang struktur public speaking 3

Sesi 3 – Komunikasi Adaptif dan Delegasi/Koordinasi/Negosiasi Efektif di Tempat Kerja

  1. Memaknai komunikasi adaptif; pemahaman bentuk-bentuk, dan manfaatnya.
  2. Latihan: workload check – apa yang di dalam atau di luar lingkup kerja, kapan saatnya delegasi dan minta bantuan.
  3. Penerapan praktis komunikasi adaptif seperti delegasi, minta bantuan dan seni tawar-menawar dalam pekerjaan.

Sesi 4 – “Cards of Communication” (Games/Roleplay) 

  1. Latihan: Komunikasi Adaptif dengan berbagai situasi, tujuan, dan lawan berbicara
  2. Review, refleksi, dan diskusi tentang roleplay
  3. Rangkuman hari ke-1 dan pengantar untuk hari ke-2.
mempersiapkan pembukaan public speaking 1

Hari Ke-2

memperbaiki bahasa verbal public speaking 2

Sesi 5 – Mendorong Pertumbuhan Individu dan Komunal Tim yang Sehat

  1. Pemahaman komunal sehat dan faktor-faktor pendukungnya.
  2. Latihan & Refleksi: “Empathy Bingo” – dirancang untuk memancing pendengaran aktif, kesadaran emosional, dan komunikasi terbuka, untuk membangun komunal yang sehat baik di tempat kerja maupun di lingkungan pribadi.
  3. Manfaat komunal sehat bagi tim, perusahaan dan pribadi.

Sesi 6 – Memupuk Rasa Saling Percaya (Trust) dan Menumbuhkan Team Culture yang Baik dan Positif

  1. Memaknai kepercayaan (trust) – definisi, pemahaman dan indikasi, beserta latihan, refleksi dan diskusi.
  2. Memaknai isu kepercayaan (trust issues) – definisi, pemahaman dan indikasi, beserta latihan, refleksi dan diskusi.
  3. Penanganan isu kepercayaan dari sisi personal dan sebagai tim.
  4. Latihan: “Game of Trust” – simulasi menghadapi berbagai kejadian yang berpotensi menguji kepercayaan.
Training Team Building Indonesia 62
Training Team Building Indonesia 63

Sesi 7 – Mewaspadai Groupthink Sebagai Penghambat Kreativitas dan Inovasi dalam Pengambilan Keputusan

  1. Memaknai groupthink – definisi, pemahaman, dan contoh-contoh nyata baik di dunia, lingkup pekerjaan, maupun lingkup pribadi.
  2. Bagaimana mengidentifikasi gejala-gejala adanya groupthink.
  3. Apa yang akan terjadi jika groupthink tidak tertangani dengan baik.
  4. Menghadapi dan mengatasi jika terjadi groupthink di dalam tim atau perusahaan.

Sesi 8 – Bagaimana Mengambil Keputusan yang Baik dan Benar sebagai Tim

  1. Tanggung jawab dan tantangan sebagai sesuatu yang akan selalu dihadapi tim.
  2. Kapan saatnya mengambil inisiatif dan kapan mundur selangkah.
  3. Bagaimana menentukan pilihan dan mengambil keputusan dengan cerdas.
  4.  Rangkuman keseluruhan program 2 hari & Penutup.
praktik public speaking meyakinkan 1

Trainer Team Synergy Terbaik Indonesia buat Anda dan Tim

trainer leadership muhammad noer 1

Arsdianti Boediono

Arsdianti Boediono, biasa dipanggil Danti adalah seorang profesional dengan pengalaman yang beragam dalam mengelola dan memimpin kelompok di berbagai sektor industri. Dengan paduan kaya dari pengalaman dan passionnya akan kolaborasi tim, Danti membawa perspektif yang unik dalam program Training Team Synergy.

Pendekatan dan filosofi training Danti berakar dari pengalaman di dunia nyata dan pemahaman mendalam tentang dinamika tim. Dia percaya akan pentingnya pengalaman belajar yang interaktif dan praktis, yang akan membekali para peserta agar dapat menerapkan strategi-strategi team synergy dalam organisasi mereka masing-masing.

Danti tidak hanya memberikan pelatihan yang relevan dan aplikatif, tetapi dia juga membawa semangat dan motivasi yang kuat untuk membantu tim Anda mencapai potensi maksimal mereka. 

 

logo indomaret 1

Trainer-trainer dengan segudang pengalaman membuat saya termotivasi untuk menjadi seperti mereka. 

Bima S. Wiratama, Area, Head Office, Indomaret

Metode Pelatihan Team Building & Synergy yang Interaktif, Insightful, dan Berkesan

Kami memadukan kombinasi yang tepat antara teori dan praktik untuk menjamin proses transfer of knowledge dan kompetensi saat pelatihan berlangsung optimal.

Rasakan pengalaman pembelajaran yang mendalam, kuat, dan berkesan, dipandu trainer dan fasilitator berpengalaman.

Training SMART Team Synergy ini akan diselenggarakan dengan kombinasi metode:

metode presentasi pelatihan leadership 1

Presentasi & Pemaparan

metode training diskusi sharing 1

Refleksi & Sharing

metode training studi kasus 1

Diskusi Kelompok

metode training leadership indonesia 4

Latihan & Permainan Seru

roleplay team building 1

Praktik Langsung & Roleplay

Presenta juga mengadopsi metode experiential learning terkini untuk memastikan semua pelatihan team synergy, ini menjadi sangat interaktif, insightful dan berkesan.

Hadirkan acara dan event team building indoor yang ringkas & praktis bersama provider training terpercaya Indonesia..

trainer leadership terbaik 1

Training Team Synergy
Indonesia

training team building indoor indonesia 1

Pelatihan Team Synergy
Jakarta

leadership training program indonesia 1

Diskusi bersama Anggota Tim

sharing bersama tim 1

 Sharing dengan Anggota Tim

training online leadership 1

Games Seru Menyenangkan

 

pelatihan online leadership 1

 Ice Breaking Anti-Ngantuk

training online leadership 2

Roleplay Terobservasi Trainer

praktik langsung 1

Praktik Langsung Mandiri

energizer seru asyik 1

Energizer Asyik Menyegarkan

pealtihan managing team performance 1

Full Engagement & Enjoyment

games semi outdoor 1

Games Semi Outdoor Aman

tugas kelompok team building 1

Penugasan Semi Outdoor Nyaman

training leadership untuk supervisor manager 1

Training Interaktif Anti-Bosan

training berkesan menyenangkan 1

Pelatihan Seru Berkesan

training leadership indonesia 1

Tim Harmonis Sinergis

training leadership jakarta 1

Tim Suportif Kolaboratif

google review icon 2
logo rs ypk mandiri

Trainer sangat menguasai materi sehingga mudah dipahami & dimengerti.

Peserta sangat nyaman mengikuti training dan tidak membosankan.

Nely Efida, Kepala Unit Kamar Bayi, RS YPK Mandiri

Program ini bukanlah paket outing/outbound/team building outdoor, ini adalah program team building INDOOR

Training SMART Team Synergy ini bukanlah paket outbound ataupun outdoor team building. Kami juga bukanlah EO atau event organizer outbond/gathering di Jakarta dan Bogor.

Ini adalah training team development dan team effectiveness Indonesia yang programnya dilaksanakan di kantor Anda dan venue indoor lainnya yang disepakati.

Mirip dengan program team building outdoor, program ini juga dirancang untuk memperkuat ikatan (bonding), kohesi dan sinergi dalam lingkungan kerja tim.

Program ini berfokus pada analisis peran individu dalam tim, penyelarasan nilai, penguatan komunikasi, pembentukan komunal tim yang sehat, serta kerja sama efektif dan juga semangat kolaborasi.

Bentuk tim-tim harmonis, kohesif, sinergis dan berkinerja tinggi dengan teamwork prima di organisasi Anda.

Sebagai salah satu vendor team building di Jakarta, kami menyadari bahwa kebutuhan training seputar team building dan pengembangan tim di setiap perusahaan berbeda-beda.

Karena itu, kami juga siap merancang pelatihan dan training terkait topik team effectiveness ini dengan fokus dan titik berat materi yang berbeda-beda pula.

PRESENTA hadir sebagai provider team building di Indonesia dengan silabus pengembangan sinergi tim yang dapat dikustomisasi berdasarkan kompleksitas tantangan yang dihadapi aneka profesi dan industri.

Materi team building dan team synergy program ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk masing-masing perusahaan dan organisasi Anda.

Ciptakan sinergi tim yang kuat dan dinamika tim yang sehat bersama kami, sekarang!

Berdayakan tim Anda dan keluarkan potensi penuh mereka melalui aktivitas training team building indoor yang menyenangkan, menarik, dan dapat disesuaikan secara khusus.

Izinkan kami membantu Anda dan tim untuk menyusun modul dan materi team building dan team synergy indoor yang paling pas dan cocok untuk perusahaan Anda.

Training Team Building Indonesia 64

Pertanyaan Seputar Team Building & Team Synergy Indonesia

Apa itu yang dimaksud dengan team building dan team synergy?

Team Building adalah berbagai aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim yaitu dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas.

Team Synergy adalah sebuah kondisi terjadinya kolaborasi dan kerjasama efektif antar anggota tim, di mana gabungan usaha seluruh anggota akan memberikan hasil yang lebih baik daripada kontribusi individual.

Team synergy yang sejati berakar dari kualitas masing-masing anggota tim-nya, termasuk regulasi diri,

self-reliance dan self-sustainability.

Program Team Synergy Training menggarisbawahi elemen-elemen dasar ini, untuk memastikan bahwa semua peserta dapat mengatur diri mereka sendiri dengan efektif, dan dengan demikian berkontribusi positif terhadap keberhasilan team secara menyeluruh, dan di saat yang sama mencapai tujuan pribadi mereka.

 

Apa itu regulasi-diri dan kenapa penting untuk tercapainya team synergy?

Regulasi diri adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi, perilaku dan reaksi.

Dalam situasi kelompok, regulasi diri berarti kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan, merespon tantangan dengan penuh pertimbangan dan tidak reaktif, serta mempertahankan fokus kepada tujuan kelompok meski sedang berada dalam tekanan stress personal maupun eksternal.

Bagaimana ciri seorang team player yang baik?

Seorang team player yang memiliki regulasi diri yang baik akan dapat tetap tenang dan fokus meski dalam tekanan, dapat membuat keputusan yang dipikirkan masak-masak, dan mengelola dengan efektif apa yang ada di dalam lingkup tanggung jawabnya.

Individu-individu dengan regulasi diri memiliki bekal yang lebih lengkap untuk menangani konflik, beradaptasi terhadap perubahan dan mendukung rekan satu tim mereka, dan membuat seluruh tim lebih tangguh dan kohesif.

Seperti apa gambaran team player yang ideal dalam sebuah tim yang bersinergi?

Seorang team player yang ideal adalah seseorang yang kooperatif, komunikatif dan dapat diandalkan. Dia dapat mendengar dengan aktif, memberikan masukan yang konstruktif, dan mau membantu dan

mendukung rekan-rekannya.

Dia dapat beradaptasi, menyesuaikan diri, menunjukkan ketangguhan saat dihadapkan dengan tantangan, dan berkomitmen terhadap tujuan bersama kelompoknya – karena dia sadar, ketika tujuan bersama tercapai, tujuan pribadinya juga akan tercapai.

Apa saja prinsip-prinsip dasar team building?

Prinsip-prinsip dasar team synergy meliputi komunikasi terbuka, saling percaya dan menghormati, tujuan dan nilai yang dianut bersama, kemampuan dan keahlian yang saling melengkapi, serta penangan konflik yang efektif.

Program kami juga menitikberatkan pada pentingnya komunikasi adaptif, memahami dinamika tim dan

mengelola beban kerja dengan efektif.

Apa saja manfaat tercapainya team building dalam sebuah organisasi?

Team synergy akan meningkatkan produktivitas, mendorong terjadinya inovasi, memperbaiki problem-solving, meningkatkan kepuasan kerja, dan memperkuat kohesivitas tim, yang akan berujung pada hasil yang lebih baik serta lingkungan kerja yang lebih positif.

Selain itu, memiliki anggota tim yang mampu meregulasi diri adalah hal yang vital. Mereka dapat menangani tantangan apapun lebih efektif, memberikan kontribusi positif terhadap tujuan kelompok, dan secara signifikan mengurangi potensi konflik dan kesalahpahaman.

Fokus yang berlapis kepada sinergi tim dan regulasi diri perorangan akan menciptakan tidak hanya fondasi kuat untuk kesuksesan tim yang berkesinambungan, tapi juga mekanisme sirkuler untuk terus memperbaiki kapasitas anggota tim Anda.

    Siapa saja yang akan memperoleh manfaat dari tercapainya Team Synergy?

    Semua orang dalam sebuah organisasi dapat merasakan manfaat adanya sinergi tim dalam kelompok, khususnya penting bagi team leaders, para manajer dan anggota tim yang proyek atau tugasnya mengharuskan mereka bekerja sangat erat.

    Membangun self-reliance dan kemampuan regulasi diri sebagai prioritas akan memastikan bahwa setiap anggota tim dapat berkontribusi positif terhadap keberhasilan tim.

      Apa saja yang dapat dicapai dengan adanya sinergi tim?
      • Memupuk kolaborasi: mendorong anggota tim untuk bekerja bersama dengan mulus dan saling
      • Membangun kepercayaan: menciptakan lingkungan dan suasana di mana para anggota team merasa dapat bebas mengemukakan pendapat, ide, dan mengambil resiko.
      • Memperkaya komunikasi: memperbaiki bagaimana para anggota tim saling berbagi informasi dan memberikan
      • Mendorong kinerja: memastikan tim secara konsisten tidak hanya mencapai tapi melebihi tujuan
      • Perbaikan yang terus-menerus: mendorong perkembangan dan adaptasi para anggota tim dan perusahaan yang berkelanjutan untuk terus memperbaiki efektivitas kerja tim.

       

      Topik apa saja yang dibahas di program Training SMART Team Building ini?

      Program ini akan mencakup topik:

      • Cara kerja sebuah tim dan pentingnya penyelarasan nilai (value alignment)
      • Mengelola apa yang dapat dikendalikan dan melepaskan apa yang
      • Mengelola beban kerja dan prioritas dengan
      • Komunikasi adaptif dan aplikasi praktisnya
      • Membangun lingkungan tim yang sehat dan memahami kendala dan jebakannya, seperti trust issues dan groupthink.
      • Pengambilan keputusan dan memahami tanggung jawab dan tantangan di dalam team.

       

      Bagaimana program ini mengatasi kendala umum teamwork?

      Program kami akan membahas kendala umum teamwork seperti trust issues dan groupthink dengan memberikan

      contoh kasus, latihan praktis, refleksi dan bermain peran (roleplay).

      Kami akan membantu para peserta memahami pentingnya kepercayaan dan menangani groupthink, serta membangun strategi untuk mempertahankan dinamika tim yang sehat.

        Apa saja contoh aplikasi Team Synergy dalam aneka industri?
        • Sektor Teknologi: dalam perusahaan teknologi, developer, designer dan marketing harus bekerja bersama untuk meluncurkan produk-produk yang sukses dan relevan bagi para penggunanya. Sebagai contoh, kolaborasi antara software engineers dan UX designers di sebuah startup teknologi diperlukan untuk memastikan sebuah produk tidak hanya fungsional tapi juga user-friendly.
        • Kesehatan: di lingkungan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain, sinergi antara para dokter, perawat dan staf administrasi sangat penting untuk penanganan pasien. Komunikasi efektif dan teamwork antar para profesional ini akan menghasilkan penanganan pasien yang lebih baik dan operasional rumah sakit yang lebih efisien.
        • Pendidikan: di institusi pendidikan, kolaborasi antara guru, administrasi dan staf pendukung lainnya akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih Teamwork ini akan memastikan program edukasi tersampaikan dengan baik, dan kebutuhan para peserta didik terpenuhi.
        • Industri Retail: usaha yang terkoordinir dengan baik dari tim sales dan marketing akan memperkaya pengalaman konsumen dan meningkatkan penjualan.
        • Manufaktur: di lini produksi, koordinasi antara operator mesin, pemeriksa kendali-mutu dan manajer rantai pasokan akan memastikan operasional yang halus serta kualitas produk yang tinggi.
        • Industri Kreatif: dalam agensi periklanan, creative director, copywriter, designer dan account manager harus berkolaborasi kuat untuk menghasilkan campaign-campaign yang berdampak luas. SInergi tim yang kuat akan menghasilkan ide-ide yang inovatif dan proyek-proyek yang memuaskan klien.

          Scroll to Top