021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

Kemampuan presentasi dan komunikasi adalah dua keterampilan penting yang perlu dikuasai seorang profesional. Apapun bidang atau profesi yang Anda tekuni, sepertinya tidak akan pernah lepas dari keperluan menyampaikan presentasi dan berkomunikasi.

Seperti yang disampaikan oleh Nancy Duarte, seorang pakar presentasi bisnis sekaligus principal dari Duarte Design,

“Presentations are the most amazing persuasion tool available in organizations today.”

Presentasi adalah alat persuasi yang paling memukau yang tersedia di organisasi hari ini.

Rasanya tidak berlebihan jika dia mengatakan demikian. Jika Anda seorang profesional di dunia bisnis, Anda akan menyadari betapa penting keterampilan presentasi. Sebuah presentasi bisnis yang baik dapat menyelamatkan bisnis Anda.

Jika Anda seorang manager, Anda bisa menggunakannya untuk menyampaikan proposal strategi kepada atasan. Jika Anda seorang marketer, Anda bisa menunjukkan keunggulan produk dan mengapa calon konsumen Anda perlu produk tersebut.

Sayangnya, membuat dan membawakan presentasi bisnis yang efektif sekaligus menarik masih menjadi tantangan buat banyak profesional. Anda tidak pernah diajarkan khusus bagaimana menampilkan data secara efektif, apa yang harus difokuskan dalam sebuah presentasi yang baik?

Semuanya learning by doing. Oleh karena itu, presentasi seorang profesional adalah rata-rata dari kemampuan presentasi orang-orang di organisasinya.

 

Presenta Edu dan Training Presentasi

Hal inilah yang melatarbelakangi berdirinya Presenta Edu di tahun 2015. Berawal dari kehadiran website Presentasi.net yang saat ini menjadi website terbesar di Indonesia untuk topik presentasi dengan lebih dari 30.000 subscriber aktif dan dikunjungi lebih dari 5000 orang per hari, kami pun mulai mengembangkan training-training Presentasi dan Komunikasi untuk menjadi provider training presentasi dan komunikasi terdepan di Indonesia.

Saat ini ada 3 training terkait Presentasi dan Komunikasi yang menjadi program unggulan di Presenta Edu.

 

1. Training Presentasi Memukau for Business Professional

Sesuai namanya, ini adalah training Presentasi komplit yang diselenggarakan oleh Presenta Edu. Berawal dari pemikiran bahwa untuk menciptakan presentasi berhasil yang memukau, ada 3 komponen penting yang harus dikuasai:

1. Konten yang Terstruktur

Sebuah presentasi tidak akan berarti tanpa adanya konten yang rapi dan terstruktur. Seorang presenter harus mampu menata pemikirannya sehingga bisa merumuskan esensi dari materi presentasi.
Di sini seseorang harus memahami bagian mana yang perlu dipakai untuk pembuka, bagian mana yang akan menjelaskan isi presentasi, dan terakhir bagian yang tepat untuk menjadi penutup.

2. Desain yang Visual

Sebuah presentasi pasti tak akan pernah lepas dari slide. Slide yang baik adalah slide yang sederhana, visual, dan memiliki kontras yang cukup.
Tidak hanya itu, dalam konteks bisnis, slide yang baik harus mampu menjadi visualisasi atas data yang disampaikan. Audiens harus dibantu memahami ada cerita apa di balik data.

3. Penyampaian yang Meyakinkan (Delivery)

Terkadang kita menemukan seorang profesional bisnis mampu membuat desain slide yang baik. Akan tetapi orang tersebut tidak punya kemampuan menyampaikannya dengan sama baiknya.
Inilah komponen ketiga yang melengkapi kekuatan sebuah presentasi. Setelah seorang profesional mampu membuat konten yang terstrukur, desain slide yang visual, maka selanjutnya ia harus mampu menyampaikan secara meyakinkan.

Training Presentasi Memukau yang dilakukan Presenta Edu telah berjalan lebih dari 30 batch baik in house maupun publik. Beberapa klien kami untuk training ini antara lain: Unilever, Danone, Bank BCA, Bank BNI, Asuransi Bumiputra, Asuransi FWD Life, Petrokimia, dan banyak lagi lainnya yang tidak dapat disebut satu per satu.

Ribuan profesional telah merasakan manfaat dari training ini. Anda bisa mempelajari lebih lanjut training ini lewat halaman berikut atau download proposal lengkapnya di sini.

 

2. Training Essential PowerPoint Skills for Business

Dari pengalaman puluhan kali menyelenggarakan Training Presentasi Memukau, saya menyadari keterampilan menggunakan PowerPoint di kalangan profesional Indonesia masih sangat terbatas.

Kebanyakan orang hanya mampu membuat slide dengan model bullet point yang membosankan dengan visualisasi yang sangat terbatas.

Tidak hanya itu, banyak profesional kesulitan jika harus menceritakan data baik berupa data keuangan, pertumbuhan bisnis dan data-data lainnya.

Dengan adanya kebutuhan tersebut maka Presenta Edu merancang sebuah training khusus untuk meningkatkan skill PowerPoint para profesional Indonesia agar mampu menampilkan presentasi bisnis yang profesional layaknya presentasi para konsultan dunia.

Ada kesamaan penting antara slide yang dibuat oleh konsultan manajemen dunia seperti McKinsey, Boston Consulting Group (BCG), KPMG, Deloitte, Accenture, BAIN & Company, Booz Allen, ataupun PWC.

Kesamaan tersebut adalah mereka menggunakan prinsip-prinsip PowerPoint tertentu yang mampu menggambarkan sebuah cerita, sebuah penyelesaian atas persoalan.

Dalam Training Essential PowerPoint Skills for Business ini para profesional akan diajarkan bagaimana membuat slide presentasi layaknya konsultan bisnis dunia, lengkap dengan teknik story line, dan memadukan presentasi bisnis secara harmonis.

Dua orang trainer berpengalaman akan membawakan training ini. Pertama saya sendiri Muhammad Noer selaku pendiri dan master trainer Presenta Edu, dan Kedua sahabat saya Prayoga Wiradisuria yang pernah berkarir di Unilever dan konsultan manajemen dunia McKinsey.

Lewat pengalaman bisnis yang panjang inilah kami mengajarkan bagaimana menggunakan PowerPoint layaknya konsultan bisnis kelas dunia.

 

3. Training Komunikasi di Tempat Kerja

Presenta Edu memiliki spesialisasi khusus di bidang Presentasi dan Komunikasi. Jika tema presentasi sudah terakomodir di training Presentasi Memukau dan Training PowerPoint, maka masih ada satu lagi yang belum, yakni Training Komunikasi.

Untuk merancang training komunikasi yang relevan saya dan tim melakukan penggalian khusus apa yang menjadi problem komunikasi utama di tempat kerja buat para profesional. Akhirnya kami melihat ada 3 hal penting terkait komunikasi yang perlu dikuasai:

  1. Bagaimana berkomunikasi dengan tim
  2. Bagaimana berkomunikasi dengan rekan kerja
  3. Bagaimana berkomunikasi dengan atasan

Untuk itu kami hadirkan Training Komunikasi dengan nama “Impactful Communication in the Workplace”

How to Communicate Effectively and Confidently to Your Team, Colleague and Boss

Dalam training ini saya berpartner dengan David Pranata, seorang speaker, trainer & writer di bidang komunikasi dan presentasi. Pengalaman & pengetahuan yang dia miliki telah membantunya untuk:

  • Menjadi 2nd runner up International Speech Contest District 87 Toastmasters (kompetisi public speaking berlevel tiga negara – Indonesia, Malaysia, Brunei)
  • Menjadi koordinator training District 87 Toastmasters dan memberi pelatihan untuk Toastmasters Club di Indonesia Malaysia dan Brunei
  • Memberi pelatihan presentasi & komunikasi di perusahaan, instansi pemerintah & institusi pendidikan: Adidas, Johnson & Johnson, Thamrin Brothers, Dirjen Pajak, Bea Cukai dst
  • Pada Juli 2015 buku pertamanya “Speak with Power” telah diterbitkan oleh Elex Media

Kombinasi antara Muhammad Noer yang memiliki pengalaman panjang serta luas di dunia bisnis dan David Pranata yang banyak berkecimpung di dunia public speaking akan membantu tim Anda menguasai keterampilan komunikasi praktis di tempat kerja.

Jadi itulah 3 Training Utama di Bidang Presentasi dan Komunikasi. Presenta Edu ingin menjadi yang provider training presentasi dan komunikasi terdepan di Indonesia.

Kami siap melayani perusahaan Anda untuk melejitkan keterampilan presentasi dan komunikasi perusahaan Anda.

Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut, silakan hubungi kami di 021 – 2963 6731 atau email support@presenta.co.id

Kita akan membahas training yang disesuaikan secara cermat untuk kebutuhan tim Anda.