021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

Setiap orang perlu motivasi untuk bisa melakukan yang terbaik. Saking pentingnya motivasi bagi seseorang, maka tidak heran jika acara-acara yang diselenggarakan oleh para motivator terkenal selalu dipenuhi oleh peserta.

Seharusnya, motivasi tidak perlu dicari jauh-jauh. Perusahaan-perusahaan yang baik dapat memberikan motivasi ini kepada para karyawannya, melalui jajaran para manajernya. Seorang manajer yang berhasil, bukan seorang manajer yang hanya bisa memenuhi tuntutan atau target yang dibebankan kepadanya. Manajer yang baik adalah dia yang dapat memberikan motivasi kepada anak buah atau anggota timnya. Motivasi yang tepat dapat membuat para anggota tim memberikan kemampuan terbaiknya, demi kinerja yang optimal.

 

Hal-hal yang Bisa Memotivasi dalam Dunia Kerja

Untuk orang-orang yang belum memasuki dunia kerja, hal-hal yang menjadi motivasi biasanya seputar gaji atau nama perusahaan yang terkenal. Tapi begitu sudah terlibat dalam dunia kerja yang sesungguhnya, masalahnya tidak sesederhana itu.

Di beberapa kasus dapat kita lihat, banyak orang yang sudah mendapatkan gaji tinggi atau bekerja di sebuah perusahaan yang bonafid, ternyata memilih untuk meninggalkan pekerjaannya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya motivasi kerja.

Sebagai seorang manajer, tentu Anda akan berusaha untuk mempertahankan anggota tim Anda. Terlebih jika anggota tim itulah yang selama ini sangat berperan pada kesuksesan Anda. Salah satu cara untuk mempertahankan tim adalah dengan membuat anggota-anggotanya untuk selalu termotivasi.

Banyak hal yang terlibat di dalam diri seseorang, agar dia termotivasi untuk bisa bekerja dengan baik, atau mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Pada intinya, motivasi sangat berkaitan dengan penghargaan.

 

Apa Saja yang Membuat Seseorang Merasa Dihargai?

Tentang penghargaan ini, yang biasa diberikan adalah uang, jenjang karier dan pemberian fasilitas. Jika ada karyawan yang menunjukkan kinerja memuaskan, maka perusahaan tidak segan-segan untuk memberinya kenaikan gaji, memberikan promosi, atau mengganjarnya dengan berbagai fasilitas.

Bagi sebagian orang, penghargaan-penghargaan seperti itu bisa jadi meningkatkan motivasi kerja mereka. Tapi, tidak selamanya penghargaan hanya berupa uang atau fasilitas. Hal ini dibuktikan oleh seorang teman yang bekerja sebagai seorang copywriter di sebuah biro iklan. Kreativitasnya telah membuat biro iklan tersebut sering mendapatkan penghargaan, sehingga banyak produk yang memercayakan produksi iklan kepadanya.

Keberhasilan itu membuat dia mendapatkan penghargaan berupa kenaikan gaji yang cukup tinggi, serta fasilitas mobil. Tapi hal itu tidak berlangsung lama. Ketika perusahaan tempatnya bekerja terus memberinya kenaikan gaji, dia memilih keluar dan pindah ke biro iklan lain, yang tidak memberikan gaji serta fasilitas seperti di kantor lamanya.

Kenapa hal itu bisa terjadi?

Karena masalah penghargaan. Dia mengaku bahwa penghargaan tidak hanya soal gaji dan fasilitas. Ada beberapa hal lain yang ternyata memberikan kepuasan lebih, ketika dia bekerja di kantor baru, walau gajinya tidak setinggi di kantor lamanya. Di tempat baru itu, dia lebih merasa dihargai, karena dia diizinkan untuk berkreasi sesuai dengan passion-nya, tidak melulu hanya mengikuti keinginan klien. Di tempat baru itu, dia justru bisa memberikan masukan kepada para kliennya. Untuk sebagian orang, penghargaan semacam ini ternyata lebih penting daripada uang.

 

Yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Seorang Manajer

Jadi, apa yang bisa Anda lakukan sebagai seorang manajer, agar anak buah selalu termotivasi? Gunakan kemampuan berkomunikasi Anda. Sering-seringlah berbicara dengan anak buah Anda. Pelajari teknik berkomunikasi, yang bisa membuat anak buah atau anggota tim percaya pada Anda. Jika mereka sudah percaya pada Anda, maka mereka tidak akan segan-segan untuk mengatakan semuanya pada Anda, yang tentu saja bisa Anda gunakan untuk kemajuan tim Anda.

Apa saja yang harus Anda komunikasikan dengan anak buah atau anggota tim, agar mereka selalu termotivasi dalam bekerja? Pada dasarnya, seseorang akan merasa senang dan semakin terpacu untuk bekerja lebih baik, jika mereka mengetahui kontribusi mereka untuk tim.

handshake-1513228_1280

Jadi, inilah yang antara lain bisa Anda lakukan:

  • Sapa mereka setiap ada kesempatan. Tanyakan seputar progress mereka dalam bekerja, apakah ada kesulitan yang mereka hadapi. Jika ternyata memang mereka mengalami kesulitan, carilah jalan keluarnya bersama-sama.
  • Galilah potensi yang ada dalam diri anak buah. Ajak mereka bicara, agar mereka mau mengatakan apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan demi kemajuan perusahaan.
  • Jika Anda punya sistem penilaian terhadap kinerja anak buah, bicarakan hal ini kepada mereka. Biarkan mereka mengetahui poin-poin apa saja yang Anda nilai. Ajak anak buah untuk bicara empat mata ketika Anda menyampaikan penilaian atau evaluasi mengenai kinerja mereka.
  • Setelah melakukan evaluasi, tentu Anda akan lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing anggota tim. Anda bisa melakukan sesuatu untuk memperkuat kelebihan dan meminimalisir kekurangan mereka.

Jika hal-hal itu Anda lakukan, maka anak buah atau anggota tim akan merasa diperhatikan. Seseorang yang merasa diperhatikan, khususnya demi menjadi orang yang lebih baik, mereka akan merasa dihargai.

 

Pelajari Teknik Berkomunikasi Untuk Semakin Memberikan Motivasi

Sebagai manajer, Anda harus bisa menjadi motivator untuk anak buah atau anggota tim Anda. Anda tidak perlu meniru cara-cara yang dilakukan oleh para motivator terkenal. Anda cukup menjadi diri sendiri, yang dilengkapi dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Bagaimanapun, memberikan motivasi tidak dapat dilepaskan dari kemampuan berkomunikasi.

Jika Anda mengikuti training atau pelatihan yang dilakukan oleh Presenta, maka Anda mempelajari cara-cara membangun komunikasi dengan anak buah atau anggota tim Anda. Presenta akan mengajarkan Anda supaya tidak hanya menjadi manajer, tapi juga sebagai real leader.

            Bagi Presenta, seorang real leader adalah pemimpin yang sanggup untuk menjalin komunikasi yang dapat memotivasi anak buah atau bawahannya supaya mereka berhasil. Keberhasilan anak buah adalah keberhasilan manajernya.

So, sudah siapkah Anda menjadi seorang real leader?