021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

Jika Anda berprofesi sebagai dosen atau pengajar, tentu memiliki harapan bagaimana mengatur dan mengelola materi pembelajaran dengan baik.

Salah satu cara menyusun materi pembelajaran tersebut adalah menggunakan Mind Map.

Buat Anda yang belum mengenal teknik ini, Mind Map adalah sebuah alat untuk memetakan konsep, gagasan, dan ide menjadi struktur yang rapi dan terintegrasi satu dengan yang lain.

Dalam sebuah Training Mind Map yang saya bawakan bersama Pak Djohan Yoga beberapa waktu lalu, salah seorang peserta adalah pengajar yang membawakan materi Kimia Dasar. Beliau bertanya bagaimana caranya agar materi Kimia yang dibawakan bisa disusun ke dalam Mind Map dan terhubung untuk materi demi materi.

Untuk keperluan itu, saya mendemokan bagaimana caranya membuat Mind Map master menggunakan software iMindMap. Software ini Anda akan dapatkan di Training Membaca Cepat dan Mind Map yang diselenggarakan Presenta Edu.

Seperti Anda lihat, berikut adalah bentuk sederhana dari Mind Map Master tersebut. Terlihat ada beberapa kategori besar dari tema Kimia dengan sub tema dari masing-masing.

KIMIA

Setelah membuat Mind Map besar, maka setiap sub tema yang merupakan materi satu pertemuan perkuliahan akan dibuatkan Mind Map lanjutannya. Supaya Mind Map tidak bertumpuk, maka dibuat link dari Master Mind Map ke Mind Map baru.

Hanya dengan satu kali klik di Mind Map master tersebut maka Mind Map baru tentang Pengenalan dapat digambarkan.

KIMIA - Pengenalan

Selanjutnya untuk Materi 2 terkait Teori Atom. Supaya memudahkan, dibuat juga link dari Mind Map master tersebut ke Mind Map Materi 2 yakni tentang Teori Atom. Dan jika pengajar butuh kembali ke materi utama, maka bisa dibuatkan link dari Mind Map tersebut ke Masternya.

KIMIA - Teori Atom

Ini akan memudahkan siswa atau mahasiswa Anda untuk memahami bagian besar dari keseluruhan materi.

Lewat cara ini, sebagai pengajar Anda bisa menyusun materi pembelajaran satu semester ke dalam Mind Map Master dan kemudian detil materi dibuat dalam Sub Mind Map berupa materi per topik satu pertemuan.

Dengan cara ini, setiap kali Anda mengajar, Anda tinggal membuka Mind Map master tadi, menceritakan kepada mahasiswa materi apa yang akan dibahas hari ini, dan tinggal klik untuk menampilkan tema yang akan dibahas secara spesifik pada pertemuan tersebut.

Teknik ini dan berbagai teknik mind map lainnya akan saya dan Pak Djohan Yoga (certified Buzan Mind Map trainer) jelaskan dalam training kami. Training ini merupakan perpaduan antara Speed Reading dan Mind Map.

Hari pertama Anda akan belajar teknik membaca cepat dan hari kedua Anda akan belajar bagaimana menerapkan Mind Map. Anda bisa mengikuti training tersebut di sini.

Ads-Header-Training-Mind-Map-Live[1]

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda semua.

Silakan pelajari artikel lainnya tentang Membaca Cepat dan Mind Map di website kami.