021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

Siapa yang tidak ingin memiliki tim dengan kinerja tinggi?

Semua orang pasti menginginkannya, karena kinerja yang tinggi berarti produktivitas yang tinggi, hasil kerja yang lebih besar, dan prestasi yang hebat.

Memilik tim berkinerja tinggi adalah sebuah jaminan perusahaan akan terus maju dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.

Dalam artikel berikut ini, Anda akan mengetahui mengapa sebuah perusahaan harus memiliki tim berkinerja tinggi dan bagaimana cara mewujudkannya.

 

Mengapa Anda Harus Memiliki Tim Berkinerja Tinggi?

Kinerja adalah prestasi kerja seseorang. Kinerja seseorang dikatakan baik atau tinggi jika dia dapat melakukan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Misalnya, dia dapat mencapai atau bahkan melebihi target yang diberikan kepadanya. Jika sebuah tim terdiri dari orang-orang yang memiliki kinerja tinggi, ditambah dengan kekompakan di antara mereka, maka akan menjadi sebuah tim dengan kinerja tinggi pula.

Tidak dipungkiri, sebuah tim dengan kinerja tinggi sangat dibutuhkan saat ini, dimana persaingan sudah semakin ketat. Dalam pesaingan yang ketat itu, hambatan yang akan ditemui juga semakin kompleks, standar yang diberikan juga pasti semakin tinggi. Hanya orang-orang dengan kinerja tinggi sajalah yang akan berhasil.

 

Bagaimana Membangun Tim Berkinerja Tinggi?

Untuk membangun sebuah tim dengan kinerja tinggi, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang bisa memberikan aura positif bagi seluruh anggota atau anak buahnya. Selain itu, tentu saja harus ada anggota-anggota tim yang lain, yang juga memiliki etos kerja dan sikap mental yang positif, yang bisa diajak untuk saling bekerja sama.

Walaupun untuk mendapatkan tim dengan kinerja tinggi dibutuhkan ketua atau pemimpin dan anggota-anggotanya, tapi peran paling utama tetap berada pada pemimpin atau ketua tim. Dialah yang paling bertanggung jawab terhadap kinerja anak buahnya. Cara dia memimpin akan membuat apakah anak buahnya mampu untuk menjalankan tugas yang dibebankan kepadanya atau tidak.

 

4 Keterampilan Wajib Buat Seorang Manajer

 

Kemampuan wajib manajer

 

Dalam perusahaan, ketua tim adalah seorang manajer. Jadi, ada beberapa keterampilan atau keahlian yang mau tidak mau harus dimiliki oleh seorang manajer.

Apa saja keterampilan itu?

Ada 4 keterampilan penting yang benar-benar harus dikuasai oleh seorang manajer yang ingin dapat membangun sebuah tim dengan kinerja yang tinggi, yaitu:

1. How to communicate

2. How to motivate

3. How to delegate

4. How to develop

 

How to communicate, berarti sebagai seorang manajer Anda harus bisa melakukan komunikasi yang efektif dengan seluruh anggota tim Anda. Komunikasi efektif akan terjadi jika Anda bisa menyampaikan pesan dan informasi kepada anak buah, dan anak buah Anda bisa menerima pesan dan informasi itu sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda menyampaikan A, maka anak buah juga akan menerimanya sebagai A, bukan A’, A+, atau malah jadi B.

How to motivate, adalah bagaimana Anda bisa memberikan motivasi kepada anak buah, agar mereka akhirnya sanggup untuk mengerjakan semua tugas-tugas mereka dengan baik. Setiap orang membutuhkan motivasi untuk bisa bekerja dengan baik. Dibutuhkan seorang pemimpin yang mampu menaikkan semangat kerja itu, terlebih jika anak buah dalam keadaan lelah atau tertekan. Jika semua anggota tim memiliki motivasi kerja yang tinggi, maka kinerja mereka juga akan tinggi.

How to delegate, adalah tugas Anda selanjutnya. Tidak mudah untuk bisa membagi-bagikan tugas kepada seluruh anggota tim. Setiap orang memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda. Jika seseorang mendapatkan tugas yang tepat, yang sesuai dengan dirinya, maka dia akan mampu meraih produktivitas yang baik. Seorang manajer yang baik harus dapat memanfaatkan semua kelebihan dan kekurangan masing-masing anggotanya untuk melakukan delegasi pekerjaan secara tepat. Dengan demikian, perusahaan bisa mendapatkan hasil kerja tim yang memuaskan.

How to develop, adalah bagaimana Anda membangun anggota tim agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang lebih baik dari waktu ke waktu. Pada akhirnya nanti, dia dapat menjadi pemimpin seperti Anda atau bahkan lebih baik lagi.

Proses membangun anggota tim dapat dilakukan lewat umpan balik atau feedback terhadap hasil kerja anak buah Anda. Feedback ini bertujuan untuk semakin meningkatkan atau mengembangkan kemampuan setiap anggota tim, yang bisa Anda berikan dalam bentuk penilaian atas indikator utama kinerja atau KPI (Key Performance Indicator) yang menjadi prioritas.

Membangun anggota tim juga bisa dilakukan lewat proses pembimbingan, coaching, dan pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan mereka dan prioritas yang harus dicapai.

 

Membangun Tim Berkinerja Tinggi Dapat Anda Wujudkan

Memang, tidak mudah untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik. Manajer yang mampu membuat anak buahnya menghasilkan kinerja yang tinggi, sehingga mencapai produktivitas yang memuaskan sesuai standar perusahaan atau bahkan melebihinya.

Walau tidak mudah, tapi tentu bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Di luar sana sudah banyak manajer yang terbukti mampu membangun sebuah tim yang memiliki kinerja tinggi. Anda juga bisa menjadi seperti mereka.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik, yang mampu membangun tim yang solid, kreatif dan akhirnya mencapai kinerja yang memuaskan. Salah satunya adalah dengan belajar dari para manajer handal yang sudah berhasil membangun tim mereka yang solid dan produktif.

Anda juga bisa membaca buku-buku manajerial, tentang bagaimana agar Anda bisa membantu anak buah agar semakin produktif.

Ada juga cara lain yang bisa dilakukan, yaitu mengikuti training atau pelatihan. Dengan pelatihan yang tepat, seorang trainer dapat membantu Anda. Trainer yang baik adalah mereka yang mampu memberikan materi-materi yang dibutuhkan, serta membantu peserta untuk semakin mengeluarkan potensinya sebagai seorang pemimpin atau manajer.

Seperti yang dilakukan oleh Presenta lewat berbagai program training. Dalam memberikan pelatihan, Presenta tidak hanya memberikan materi berupa tips-tips yang harus Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik. Tapi, Presenta juga akan memberikan pemahaman mendalam kepada karyawan Anda mengenai:

  • Apa sebenarnya seorang Manajer itu?
  • Apa beda Manajer dengan Pemimpin (Leader)?
  • Skill apa saja yang wajib dimiliki seorang manajer?
  • Bagaimana menguasai skill tersebut secara praktis?

 

Dengan demikian, Anda akan semakin memahami peran Anda dan lebih siap untuk menerima materi-materi yang berhubungan dengan membangun tim yang bisa mempunyai kinerja tinggi.

Jika Anda memahami peran dan fungsi Anda sebagai manajer, maka materi-materi seperti masalah komunikasi, bagaimana cara memotivasi, membangun sebuah tim yang kompeten dan memberikan feedback yang tepat, yang akan diberikan oleh tim dari Presenta, akan lebih mudah Anda mengerti.

Anda bisa mengetahui materi apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Presenta di sini.

Ada pepatah, banyak jalan menuju Roma. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi manajer yang baik, agar bisa membentuk tim dengan kinerja tinggi, sehingga tim Anda menjadi tim yang produktif.

Katakan pada diri Anda bahwa Anda memang bisa!