021 - 2963 6731 support@presenta.co.id

Karyawan memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Hal ini karena keberhasilan suatu perusahaan sangat tergantung dari kinerja karyawan yang terlibat di dalamnya.

Perusahaan yang memiliki karyawan berkinerja tinggi, akan mampu memberikan hasil yang maksimal untuk kemajuan perusahaan.

Salah satu cara untuk menciptakan karyawan berkinerja tinggi adalah dengan melakukan program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Ada begitu banyak manfaat pelatihan dan pengembangan SDM. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Menemukan Potensi Karyawan

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM yang pertama adalah untuk menemukan potensi karyawan.

Tidak semua karyawan tahu apa potensi diri mereka. Oleh karenanya, mereka pun tidak tahu apa kelebihan dan kekurangan diri mereka yang harus diperbaiki.

Dengan memberikan kepercayaan pada karyawan untuk mengikuti program pelatihan dan pengembangan SDM nantinya karyawan akan terbantu mengetahui skill-skill apa yang perlu mereka kuasai.

Tidak hanya itu, program pelatihan yang baik sekaligus akan membantu perusahaan untuk mengenali pemimpin di masa depan diantara karyawan yang dimiliki sekarang ini.

Nantinya karyawan akan bisa menunjukan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka memiliki potensi yang bisa digali dan sekaligus bisa membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang dengan pesat.

Keluar Dari Praktek Lama

Manfaat yang kedua adalah dapat keluar dari praktek yang lama.

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM nantinya akan melatih para karyawan untuk bisa memahami perkembangan dan tren terbaru di dalam industri di mana perusahaan bergerak.

Tren tersebut bermacam-macam. Bisa teknologi berupa mesin terbaru, teknik pemasaran terbaru, ataupun penggunaan metoda terbaru di dalam bekerja.

Jika karyawan terupdate dengan tren terbaru ini, diharapkan nantinya karyawan dapat mengejar ketertinggalan dari perubahan zaman yang cepat. Tidak hanya itu, daya saing karyawan dan perusahaan juga semakin tinggi menghadapi kompetisi yang kian ketat.

Nantinya karyawan dapat belajar menggunakan peralatan baru dan mampu mengembangkan strategi yang baru sehingga memungkinkan para karyawan mengembangkan potensi yang baru serta memiliki peranan lebih tinggi dan lebih baik.

Belajar Seumur Hidup

Lalu manfaat pelatihan dan pengembangan SDM yang ketiga adalah agar karyawan terus belajar seumur hidup.

Pelatihan dan pengembangan yang tepat akan menciptakan semangat dan gairah belajar di dalam diri karyawan. Mereka akan terpacu untuk terus mengembangkan diri dan belajar seumur hidupnya.

Di dalam dunia teknologi yang terus berubah akan selalu ada hal yang berbeda untuk dipelajari terus menerus. Belajar seumur hidup nantinya akan dapat mendorong kemauan untuk belajar secara mandiri di dalam setiap individu karyawan untuk terus mengembangkan diri sendiri di berbagai bidang keahlian.

Mengurangi Konfrontasi Dalam Perusahaan

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM yang keempat adalah mengurangi konfrontasi.

Pelatihan yang baik akan mampu membahas mengenai permasalahan yang mungkin dimiliki oleh para karyawan di tempat kerjanya. Dengan demikian, setelah pelatihan dilaksanakan, mereka bisa mempraktekkan cara-cara mengatasi permasalahan yang selama ini terjadi.

Tidak hanya itu, karyawan pun akan terlibat dalam interaksi yang sehat dengan karyawan lain dalam setiap sesi pelatihan. Ketegangan dan konfrontasi yang di dalam perusahaan bisa dicairkan secara alami. Nantinya, kita akan merasakan bahwa konfrontasi yang ada menurun drastis karena interaksi yang sehat diantara karyawan.

Meningkatkan Produktivitas

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM yang terakhir adalah peningkatan produktivitas.

Seperti yang dibahas di awal artikel ini, perusahaan hanya akan maju jika karyawannya produktif.

Lewat pelatihan karyawan dibantu untuk meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri dalam bekerja. Mereka akan belajar skill-skill baru yang relevan untuk mendukung pekerjaannya seperti: skill berkomunikasi, skill memecahkan persoalan, skill memimpin tim dan skill berpresentasi.

Peningkatan skill inilah yang nantinya akan membawa kepada peningkatan produktivitas karyawan. Orang yang sama sekarang bisa bekerja jauh lebih baik, efektif sekaligus efisien.

Dengan demikian perusahaan juga akan lebih dapat berkembang dengan pesat.
Itulah 5 manfaat pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia buat karyawan di perusahaan Anda.

Melaksanakan program pelatihan yang baik adalah investasi jangka panjang untuk membangun perusahaan yang sehat, kuat, dan maju sehingga mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin ketat.